Mengenal Contoh Teks Berita Beserta Strukturnya

Contoh Teks Berita - Di zaman yang semakin modern seperti saat ini, semakin banyak cara untuk menyampaikan informasi. Jika dulu penyampaian informasi hanya terbatas pada media cetak dan media elektronik yang disiarkan di televisi, namun sekarang informasi dapat tersampaikan secara cepat melalui media online yang dapat diakses melalui internet. Satu hal yang sama dari media cetak dan media online adalah menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan yang pada umumnya dikenal dengan sebutan teks berita.
Contoh Teks Berita
thriveglobal.com

Sebenarnya, jenis teks berita ini tidak jauh dari kehidupan sehari-hari kita, sebab mulai dari berbagai tingkatan umur, mulai dari yang muda hingga tua membutuhkan informasi entah itu informasi yang berkaitan dengan politik, keuangan, olahraga hingga hiburan. Rata-rata informasi yang beredar di media cetak dan media online itu ditulis dalam bentuk teks berita. Maka dari itu, sudah sewajarnya, khususnya untuk para pelajar mempelajari apa yang dimaksud dengan teks berita, mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya, strukturnya hingga contoh-contohnya. Oleh sebab itu, melalui ulasan ini akan dijelaskan secara detail mengenai serba-serbi terkait teks berita.

Pada dasarnya, yang dimaksud dengan teks berita adalah teks atau tulisan yang berisi informasi terbaru untuk diberikan kepada pembaca. Oleh sebab itu, teks berita juga sering disebut sebagai sumber informasi yang berkaitan dengan beragam peristiwa atau kabar yang baru saja terjadi. Hampir sama dengan jenis teks lainnya, teks berita juga memiliki ciri-ciri khusus sehingga mudah dibedakan dengan jenis teks yang lain, yaitu:

  • Sebuah teks berita umumnya menggunakan bahasa yang menarik dan mudah dimengerti, sehingga pembaca tertarik untuk memperhatikannya
  • Informasi yang diberikan merupakan informasi yang aktual atau sifatnya terkini
  • Informasi yang diberikan merupakan informasi yang faktual atau benar-benar terjadi bukan gosip apalagi hoax


Selain memiliki ciri-ciri khusus yang membuat Anda dapat lebih mudah membedakan antara teks berita dengan jenis teks lainnya, sebuah teks berita juga memiliki struktur khusus, yang terdiri dari 3 bagian, yaitu:

1. Orientasi Berita
Bagian pertama dari struktur teks berita dikenal dengan sebutan orientasi berita yang juga dapat dikatakan sebagai bagian pembuka dari sebuah teks berita. Pada bagian ini, pada umumnya penulis akan memberikan penjelasan singkat mengenai berita yang akan disampaikan dalam teks tersebut.

2. Peristiwa
Bagian kedua dari struktur teks berita dikenal dengan sebutan peristiwa atau juga sering disebut dengan istilah fakta yang ada di lapangan. Pada bagian ini, penulis akan mulai menjelaskan peristiwa yang sebenarnya terjadi di lapangan. Bukan hanya sekadar menjelaskan peristiwa, namun penjelasan tersebut ditulis secara runtun dan terperinci mulai dari awal hingga akhir. Satu hal yang harus diingat saat akan menulis teks berita adalah, pastikan bahwa informasi yang akan ditulis tersebut memang merupakan sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi.

3. Sumber Berita
Bagian ketiga dari struktur teks berita adalah sumber berita yang mencerminkan dari mana berita tersebut berasal. Tentunya seorang penulis memiliki beragam keterbatasan, mulai dari keterbatasan waktu, finansial, serta tenaga dan beragam faktor lainnya, oleh sebab itu, tentunya akan sangat sulit bagi penulis untuk dapat meliput berbagai macam berita dalam satu waktu. Nah, agar eksistensi penulis tetap terjaga, maka penulis diperbolehkan untuk mengutip berita dari berbagai sumber, diantaranya seperti wawancara, liputan langsung, portal media online luar negeri dan lain sebagainya, dengan catatan bahwa kebenaran sumber berita tersebut dapat dipertanggung jawabkan.

Contoh Teks Berita Tentang Kegiatan Di Sekolah

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Propinsi Jawa Timur tahun ini terasa beda dari sebelumnya. Hampir seluruh perhatian insan pendidikan di propinsi tersebut terarah pada aula kantor Departemen Pendidikan Nasional, Propinsi Jawa Timur. Ternyata hal tersebut disebabkan karena pada saat momen Hari Pendidikan Nasional tahun ini dimanfaatkan oleh seluruh siswa dan siswi SMP dan SMA yang ada di Jawa Timur untuk saling beradu kreatifitas dalam bidang sains dan teknologi.

Ajang adu kreatifitas dalam bidang sains dan teknologi itu tentu saja tergolong kegiatan yang luar biasa, bahkan Gubernur Jawa Timur sudah siap untuk secara langsung membuka acara tersebut. Tentu saja, acara yang akan dibuka tepat pada Hari Pendidikan Nasional itu sangat membanggakan sebab kegiatan tersebut menunjukkan betapa besar tingkat kreatifitas yang dapat dilakukan oleh siswa dan siswi SMP dan SMA yang ada di Propinsi Jawa Timur.

Tingkat kreatifitas siswa/siswi yang ada di Propinsi Jawa Timur memang layak untuk diacungi jempol, hal tersebut dapat terlihat dari beragam karya yang dipajang di stan masing-masing sekolah yang berpartisipasi dalam ajang adu kreatifitas sains dan teknologi tersebut. Bukan hanya itu saja, bahkan beberapa hasil karya siswa/siswi tersebut ada yang berhasil menarik perhatian banyak orang, diantaranya seperti karya dalam bentuk rancangan teknologi pengolahan limbah, atau ada juga karya yang berupa rancangan miniatur kapal selam, dan masih banyak jenis karya sains dan teknologi lainnya yang berhasil mencuri perhatian banyak orang.

“Kegiatan adu kreatifitas di bidang sains dan teknologi semacam ini sebaiknya memang perlu untuk terus digalakkan, bila perlu setiap tahun harus rutin diadakan kegiatan bermanfaat seperti ini. Selain dijadikan sebagai ajang untuk mengasah keterampilan dari siswa/siswi dalam bidang sains dan teknologi, kegiatan ini juga sekaligus berguna untuk tempat bertukar pengalaman antar sekolah yang ada di Propinsi Jawa Timur. Tentu saja, kegiatan ini sungguh sangat nyata manfaatnya untuk perkembangan pendidikan serta generasi muda penerus bangsa” komentar Gubernur Jawa Timur ketika berkunjung ke salah satu stan peserta ajang adu kreatifitas sains dan teknologi.

Contoh Teks Berita Tentang Kesehatan

Debu vulkanik yang berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau dapat mengakibatkan beragam masalah kesehatan khususnya yang berkaitan dengan organ pernafasan, misalnya seperti asma, bronkitis, pneumonia dan infeksi saluran pernafasan atas. Selain keempat permasalahan pernafasan tersebut, ternyata ada satu lagi jenis permasalahan kesehatan organ pernafasan yang bahkan lebih berbahaya dan dampaknya baru terasa setelah beberapa tahun kemudian, yaitu silikosis.

“Efek jangka panjang yang ditimbulkan dari debu vulkanik adalah silikosis, permasalahan pernafasan jenis ini termasuk berbahaya, sebab debu silika yang masuk ke dalam organ paru-paru atau alveoli kemudian akan menyebabkan terjadinya silikosis”, ujar dr. Feni Fitriani Taufik, Sp P(K), M Pd, Ketua Divisi Paru Kerja dan Lingkungan, FKUI-RSUP Persahabatan. Masih menurut pernyataan dari dr. Feni, silika yang terkandung dalam debu vulkanik itu terdiri dari berbagai ukuran, dan seiring dengan berjalannya waktu, maka silika yang masuk ke dalam paru-paru itu akan dapat menumpuk dan berakibat membuat nafas menjadi terasa sesak.

Gejala yang ditimbulkan oleh silika yang masuk ke dalam paru-paru tidak akan terasa dalam waktu dekat, melainkan baru akan terasa setelah berminggu-minggu atau bahkan bertahun-tahun kemudian dan semakin lama semakin memburuk bahkan dapat merusak sistem pernafasan. Salah satu gejala awal yang dapat ditimbulkan dari debu silika yang masuk ke sistem pernafasan adalah batuk, lama-kelamaan akan menjadi silikosis akut yang ditandai dengan gejala seperti demam dan nyeri dada yang dibarengi dengan nafas terasa sesak. Selain itu, lebih dari sepertiga penderita silikosis juga akan mengalami batuk berdahak. Seseorang yang menderita silikosis juga lebih tinggi resikonya mengidap penyakit pernafasan lainnya, mulai dari Tuberkulosis (TBC), bronkitis kronis hingga kanker paru-paru.

Meskipun terdengar mengerikan, namun sebaiknya Anda tidak perlu khawatir berlebihan, sebab pada dasarnya silikosis ini dapat dicegah. Menurut aliansi dokter paru, salah satu cara pencegahan yang mudah dan ampuh adalah memakai masker saat berada di radius terdekat dari gunung yang sedang erupsi, khususnya saat beraktivitas di luar rumah.

Contoh Teks Berita Singkat Di Televisi

Tindak pidana korupsi di negeri ini kian hari semakin merajalela, bahkan ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab tega melakukan korupsi di lokasi terdampak gempa dan tsunami di Donggala, Palu Sulawesi Tengah, tepatnya korupsi proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Oleh sebab itu sebagai lembaga yang menangani kasus-kasus tindak pidana korupsi, KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) mengecam keras terhadap kasus korupsi dalam bentuk suap tersebut. Menurut Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang dalam konferensi pers yang dilakukan di Gedung KPK, Jakarta, hari ini Minggu 30 Desember 2018 “Operasi senyap yang dilakukan oleh KPK berhasil mendapatkan total barang bukti senilai Rp. 3,3 miliar, SGD 23.100 dan USD 3.200 sekaligus meringkus dan menetapkan 8 orang tersangka, baik pemberi suap maupun penerima suap.” tutur Saut Situmorang

Keempat tersangka pemberi suap adalah, Budi Suharto selaku Direktur Utama PT. Wijaya Kesuma Emindo, Lily Sundarsih selaku Direktur PT Wijaya Kesuma Emindo, Irene Irma selaku Direktur PT Tashida Sejahtera Perkasa, dan Yuliana Enganita Dibyo selaku Direktur PT Tashida Sejahtera Perkasa. Sementara itu untuk tersangka penerima suap adalah Anggiat Partunggul Nahot Simaremare selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sistem Penyediaan Air Minum Lampung, Meina Woro Kusrinah selaku PPK SPAM Katulampa, Teuku Moch Nazar selaku Kepala Satuan Kerja Sistem Penyediaan Air Minum dan Donny Sofyan Arifin selaku PPK SPAM Toba I. Keempat tersangka penerima suap tersebut masing-masing diduga mendapatkan ratusan hingga miliaran Rupiah, Anggiat Partunggul mendapatkan Rp. 850 juta dan USD 5.000, Meina Woro mendapatkan Rp. 1,42 miliar dan USD 22.000, Teuku Moch Nazar Rp. 2,9 miliar, dan Donny Sofyan mendapatkan Rp. 170 juta.
Berdasarkan lokasi dinas keempat tersangka penerima suap tersebut, kasus tindakan korupsi terkait proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) terjadi pada pengaturan lelang proyek tersebut tahun 2017-2018 di Pasuruan, Lampung, Toba 1 dan Katulampa. Sedangkan 2 proyek pembangunan SPAM lainnya yang juga telah diatur lelangnya terjadi di Bekasi dan daerah terdampak bencana Donggala, Palu. Kedua lelang tersebut diatur sedemikian rupa sehingga dapat dimenangkan oleh PT Wijaya Kesuma Emindo dan PT Tashida Sejahtera Perkasa.

Contoh Teks Berita Tentang Bencana Alam


Indonesia kembali dihantam bencana alam dahsyat, gempa bumi dengan kekuatan hingga 7 skala richter mengguncang pulau Lombok. Ratusan ribu warga panik berlarian keluar rumah dan berusaha menyelamatkan diri ke dataran yang lebih tinggi, sebab setelah terjadinya gempa berkekuatan sangat besar itu, langsung ada informasi peringatan dini potensi terjadinya tsunami.
Peringatan dini tsunami itu seketika membuat seluruh penduduk di daerah Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat menjadi panik. Jalanan langsung dipenuhi oleh ribuan kendaraan yang akan menuju ke dataran tinggi untuk menghindari potensi terjadinya tsunami yang disebabkan oleh gempa besar tersebut.

Gempa bumi yang terjadi pada pukul 18.46 WITA itu semakin terasa mencekam bukan hanya disebabkan goncangan dahsyat dan peringatan dini potensi terjadinya tsunami yang dirilis oleh pihak BMKG, namun juga karena sesaat setelah gempa listrik juga langsung mati total. Sehingga tak mengherankan jika pada saat itu, warga di sekitar lokasi terdampak bencana gempa itu sangat panik dan kacau.

Namun, untungnya selang satu jam kemudian peringatan dini potensi terjadinya tsunami akhirnya dicabut, warga pun setidaknya bisa sedikit bernafas lega, meskipun mereka tentu saja dalam keadaan yang sangat sedih dan khawatir apalagi masih cukup sering gempa susulan terjadi, meskipun kekuatannya tidak terlalu besar.

Berbicara mengenai dampak gempa bumi yang terjadi di Lombok, selain menimbulkan cukup banyak korban jiwa dan banyak korban luka-luka, ada ribuan bangunan pula yang runtuh. Hal tersebut tentu saja membuat banyak orang untuk sementara harus tinggal di tempat pengungsian. Oleh sebab itu dibutuhkan bantuan yang cukup besar untuk para pengungsi yang harus bermalam di tenda-tenda pengungsian. Selain itu, seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa pulau Lombok merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia, maka tentunya cukup banyak wisatawan yang terjebak dan tidak dapat kembali ke tempat asalnya, oleh sebab itu, para wisatawan dan juga sebagian warga mengharapkan bantuan agar mereka dapat segera dievakuasi dan kembali ke daerah asal mereka.

Fransisca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel