26 Contoh Teks Eksposisi Singkat Berbagai Topik tentang laporan definisi berita hewan lingkungan sekolah dan lainnya

Contoh Teks eksposisi, merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia yang berisi informasi dengan penyampaian secara singkat dan padat, namun meskipun singkat dan padat, sebuah teks eksposisi juga harus bersifat mengajak dan dapat membuat pembacanya tertarik. Dengan kata lain, teks tersebut harus mampu menarik perhatian pembaca agar mengikuti atau melakukan apa yang dijelaskan dalam sebuah teks eksposisi. Sama seperti jenis teks lainnya, teks eksposisi juga memiliki ciri-ciri khusus diantaranya seperti, tidak memihak golongan atau kelompok tertentu, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan ejaan yang benar.
 Contoh Teks Eksposisi Singkat Berbagai Topik

Berbicara mengenai sebuah teks dalam bahasa Indonesia tentu tidak bisa dilepaskan dari yang namanya struktur teks. Dalam sebuah teks eksposisi terdiri dari 3 aspek, yaitu tesis, argumentasi dan penegasan kembali, untuk lebih jelasnya simak ulasan singkat mengenai ketiga aspek tersebut:

Tesis
Tesis merupakan bagian awal dari teks eksposisi yang berisi pernyataan pendapat dari penulis mengenai topik yang akan dibahas dalam teks tersebut.

Argumentasi
Bagian kedua pada struktur teks ekposisi dikenal dengan nama argumentasi. Pada bagian ini berisi beragam pendapat yang mana dapat memperkuat pernyataan sebelumnya dari penulis. Argumentasi ini juga memberi kesempatan bagi penulis untuk menampilkan berbagai sumber yang dapat memperkuat pernyataannya, misalnya seperti hasil penelitian, pendapat dari ahli di bidangnya dan lain sebagainya.

Penegasan Kembali
Pada bagian terakhir dari struktur teks eksposisi ini, penulis diharuskan untuk kembali menegaskan pernyataan sebelumnya. Hal tersebut perlu dilakukan agar pembaca dapat memahami sepenuhnya isi atau informasi dari teks eksposisi yang ditulis. Bagian ini juga dikenal sebagai kesimpulan dalam sebuah teks eksposisi.

Teks eksposisi juga terdiri dari beberapa jenis, yaitu definisi, ilustrasi, proses, pertentangan, klasifikasi dan identifikasi. Untuk lebih jelasnya, maka berikut ini akan dijelaskan dengan menggunakan contoh ragam jenis teks eksposisi tersebut. Selain itu akan dijelaskan pula berbagai contoh teks eksposisi singkat berbagai topik, sehingga diharapkan Anda akan semakin mudah dalam memahami apa yang dimaksud dengan teks eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Penyebab dan Dampak Negatif Pemanasan Global Bagi Bumi
Hutan semakin gundul, pepohonan banyak ditebang secara massal dan sembarangan, bahkan ada yang tidak menggunakan izin, hanya demi kepentingan industri. Hal seperti itulah yang membuat pemanasan global terjadi. Berbicara mengenai pemanasan global tentunya tidak bisa dipisahkan dari yang namanya pepohonan. Hutan yang lebat dan banyak pohonnya tentu akan sangat membantu pencegahan pemanasan global, hal tersebut disebabkan karena pohon dapat menyerap karbon dioksida yang ada di udara. Perlu diketahui, bahwa salah satu penyebab utama terjadinya pemanasan global adalah karena gas karbon dioksida yang kian hari jumlahnya semakin banyak terdapat di atmosfer bumi, sehingga lama kelamaan menyebabkan kondisi bumi semakin panas setiap harinya, kondisi seperti itulah yang dinamakan sebagai pemanasan global. Terjadinya pemanasan global tentu saja akan mengakibatkan beragam dampak negatif, diantaranya seperti lapisan ozon yang semakin tipis sehingga membuat sinar ultraviolet langsung masuk ke bumi dan juga permukaan air laut kian hari semakin naik disebabkan karena es di kutub mencair.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Masyarakat Di Negara Berkembang Hasil Produksi Sekolah Buruh
Tampaknya ada yang salah dengan sistem pendidikan di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena pengaturan mata pelajaran dan jam belajar di sekolah yang tidak efektif. Terlalu lama mengikuti pelajaran di sekolah bukan akan membuat pelajar dapat lebih memahami apa yang mereka pelajari, namun malah membuat mereka merasa bosan. Seorang ilmuwan bahkan menyatakan bahwa sistem pendidikan khususnya di negara-negara berkembang hanya mempersiapkan pelajar untuk menjadi seorang buruh. Tidak bisa dipungkiri memang, jika melihat rentang waktu proses belajar mengajar dalam sehari yang mencapai 6-8 jam, rentang waktu tersebut hampir sama dengan jam kerja buruh. Tujuan negara-negara berkembang untuk menerapkan waktu belajar di sekolah yang lebih panjang disebabkan karena ingin agar pelajar lebih banyak mendapatkan ilmu, namun sayangnya pola pengajaran yang diterapkan di negara-negara berkembang termasuk Indonesia adalah pola yang tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan intelektualitas mereka sendiri.  Oleh sebab itu diharapkan sistem pendidikan di Indonesia dapat berubah, walaupun sulit namun jika diusahakan semaksimal mungkin tentunya masih ada waktu yang sangat cukup untuk dapat mengubah wajah pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Jahe, Akar Tanaman Kaya Manfaat
Indonesia kaya akan rempah-rempah, salah satu tanaman yang seringkali dijadikan sebagai rempah-rempah khususnya bumbu masakan adalah jahe. Pada dasarnya, tanaman jahe ini unik, sebab yang paling sering dimanfaatkan adalah bagian akarnya atau yang dikenal dengan istilah rimpang. Tanaman jahe sendiri biasanya memiliki tinggi sekitar 30 hingga 100 cm, bentuk daunnya menyirip dengan panjang daun sekitar 15 hingga 23 mm dan lebar 8 hingga 15 mm. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bagian paling bermanfaat dari tanaman jahe adalah akarnya yang berbentuk jemari dan memiliki ruas-ruas yang menggembung. Manfaat jahe juga bukan hanya untuk rempah penyedap masakan, namun rasanya yang pedas dan hangat karena mengandung senyawa keton bernama zingeron itu seringkali juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional, misalnya seperti untuk obat batuk, panas dalam atau hanya untuk sekadar menghangatkan badan. Sementara itu, untuk jenisnya, jahe terdiri dari berbagai jenis, namun yang paling populer adalah jahe kuning dan jahe merah.

Contoh Teks Eksposisi Berita

Anak Gunung Kratakau Penyebab Tsunami Banten
Bencana tsunami yang terjadi di pesisir pantai barat Banten pada Sabtu, 22 Desember 2018 memang sangat mengejutkan, karena tsunami ini tidak ditandai dengan adanya goncangan gempa. Seperti kita tahu, bahwa biasanya tsunami akan terjadi setelah ada peristiwa gempa bumi apalagi dengan goncangan yang sangat besar, namun peristiwa bencana tsunami di Banten tidak dipicu oleh gempa dan seperti terjadi secara tiba-tiba, sehingga banyak orang bahkan termasuk BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) pada awalnya memberikan pernyataan bahwa peristiwa yang terjadi di Banten merupakan gelombang pasang yang diakibatkan oleh cuaca. Namun, beberapa jam kemudian, pernyataan tersebut diralat menjadi tsunami. Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan tsunami di pesisir pantai Banten? Aktivitas erupsi Anak Gunung Krakatau di Selat Sunda itulah yang menyebabkan tsunami melanda pesisir pantai Banten dan juga Lampung. Aktivitas erupsi dari gunung tersebut menyebabkan terjadinya longsoran bawah laut yang memang lebih sulit untuk mendapatkan peringatan dini.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Berbagai Komponen Penting Penggerak Organisasi
Sebuah organisasi akan berjalan dengan baik dan lancar jika berbagai komponen didalamnya saling bekerjasama seperti layaknya berbagai komponen sebuah mobil yang saling bahu-membahu mendukung mesin mobil sehingga mobil tersebut dapat bergerak. Hal seperti itulah yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi, yang memiliki berbagai komponen meliputi, ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, kepala bagian, dan juga anggota. Komponen-komponen itulah yang nantinya akan bekerja bersama-sama untuk menggerakkan organisasi. Seperti pada sebuah mobil, jika ada satu komponen saja yang hilang, rusak atau tidak dapat bekerja secara maksimal maka tentunya akan menghambat pergerakan dari mobil itu sendiri. Hal seperti itu juga berlaku pada sebuah organisasi, jika ada pihak yang tidak ada dan tidak dapat bekerja dengan baik, maka tentunya akan sangat berpengaruh dan mengganggu terhadap organisasi tersebut, sebab masing-masing pihak memiliki fungsi dan tugas tertentu, bahkan pihak yang dirasa memiliki fungsi atau tugas terkecil saja sangat penting artinya bagi sebuah organisasi.

Contoh Teks Eksposisi Proses

Secangkir Teh Yang Menyehatkan
Minum secangkir teh tiap pagi sudah merupakan kebiasaan banyak orang. Selain menyegarkan teh juga kaya manfaat bagi tubuh, karena dalam teh terkandung beragam senyawa baik. Membuat secangkir teh hangat juga sangat mudah caranya, Anda hanya perlu menyiapkan peralatan seperti cangkir dan sendok. Sementara itu, untuk bahan-bahannya, yang diperlukan adalah air panas, teh, terserah jenisnya teh bubuk atau teh celup dan gula. Nah, setelah alat dan bahan siap, kini Anda sudah dapat meracik secangkir teh hangat yang nikmat. Pertama-tama masukkan teh bubuk atau teh celup ke dalam gelas, kemudian tuangkan air panas, lalu tambahkan gula sesuai selera Anda. Setelah itu, aduk dengan menggunakan sendok agar air, teh dan gula larut dan tercampur. Jika Anda membuat teh menggunakan teh celup, maka segera angkat teh celup saat warna air sudah kecoklatan, hal tersebut perlu dilakukan sebab secangkir teh yang terlalu pekat warnanya karena teh celup yang terlalu lama berendam dalam air tidak baik untuk kesehatan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Manusia
Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Semakin sering kita berolahraga secara rutin maka tubuh kita pun akan terasa semakin segar dan bugar. Sayangnya, masih cukup banyak orang yang enggan berolahraga dengan alasan lelah, padahal jika olahraga itu dilakukan dengan hati yang senang, maka rasa lelah itu tidak akan terasa. Ada beragam jenis olahraga, jika Anda ingin melakukannya secara rutin, maka sebaiknya Anda memilih jenis olahraga yang ringan namun tetap menggerakkan semua anggota tubuh, misalnya seperti aerobik, jogging, atau bahkan renang. Jadi, pada dasarnya agar bisa mendapatkan manfaat olahraga untuk kesehatan yang mana itu dapat melancarkan peredaran darah, meningkatkan metabolisme tubuh serta menghindarkan penyakit maka kita harus melakukannya secara rutin. Meskipun demikian, sebelum berolahraga pastikan kondisi tubuh Anda benar-benar mampu melakukannya sebab jika Anda terlalu memaksakan diri, maka bukan kesehatan yang akan dapatkan melainkan cedera atau bahkan malah penyakit yang membahayakan tubuh.

Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Jenis-Jenis Sampah Berdasarkan Sifatnya
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sampah diartikan sebagai benda yang sudah tidak berguna dan tidak diinginkan lagi keberadaannya. Selain itu ada juga yang mengartikan bahwa sampah sama dengan kotoran yang harus dibuang atau material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat berasal dari mana saja, mulai dari alam, rumah tangga, industri dan lain sebagainya. Sementara itu, sampah juga terdiri dari beberapa jenis, bila digolongkan menurut sifatnya, maka sampah terdiri dari tiga jenis, yaitu sampah organik, sampah anorganik dan limbah beracun. Lalu apa perbedaan dari ketiga jenis sampah itu? Sampah organik adalah jenis sampah yang mudah membusuk contohnya saja seperti sisa makanan, sayuran dan daun-daun kering. Sampah anorganik, adalah sampah yang tidak dapat membusuk, contohnya seperti gelas plastik, botol plastik, plastik pembungkus makanan dan lain sebagainya. Sedangkan limbah beracun sesuai namanya merupakan sisa produksi atau limbah yang berbahaya untuk kesehatan manusia karena mengandung bahan beracun.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Tim Basket SMA 58, Raih Gelar Juara Meski Tak Diunggulkan
Pertandingan olahraga memang tidak bisa seratus persen diprediksi, itulah yang terjadi dalam turnamen basket tahunan antar SMA se-DKI Jakarta. Bagaimana tidak, tahun ini prestasi tim basket SMA 27 yang biasanya mentereng, kini malah mengalami penurunan drastis. SMA 27 yang tahun-tahun sebelumnya langganan menyegel gelar juara atau setidaknya pasti dapat mencapai babak final, tahun ini malah gagal lolos dari fase penyisihan grup. Tim asuhan Pak Denny Budiman itu harus rela tersingkir dari kompetisi setelah takluk dari SMA 58 dengan skor tipis 75-77. Tentu saja, hasil mengecewakan tersebut menjadi prestasi terburuk tim basket SMA 27 yang dikenal sebagai salah satu tim unggulan itu.  Hal sebaliknya, justru dialami oleh tim basket SMA 58, setelah sukses mengkandaskan tim basket SMA 27, tim besutan pak Leonardus Hantono itu terus melaju mulus hingga ke babak final. Hebatnya lagi, mereka akhirnya juga dapat merebut gelar juara, setelah di final mereka berhasil mengalahkan SMA 12 bahkan dengan skor yang cukup telak yaitu 82-65

Contoh Teks Eksposisi Dalam Bahasa Inggris

Benefits of Breakfast for Health
Breakfast is very important for human health, there is even a motto that says breakfast is the king while lunch is only like a prince and dines is the pauper. The main cause of breakfast is very important for health because breakfast can provide the body with “fuel” intake after we fast at night, so that is why it is called breakfast which was originally intended to breaking the fast. So, just imagine, if you forget to have breakfast then you will start the day by doing activities without energy such as cars that run out of petrol. Besides that, breakfast can also support cognitive function and restore glucose levels, which is an important substance needed by the body so that the brain can work optimally. A study even states that breakfast can increase memory and concentration, not only that breakfast also believed to make people feel happier and also reduce stress levels.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Lingkungan

Lingkungan Perkotaan Membuat Mata Tidak Nyaman
Tinggal di perkotaan sama dengan membiasakan mata melihat banyak bangunan beton, khususnya gedung-gedung bertingkat serta beragam rumah dengan konsep minimalis. Bangungan-bangunan yang identik dengan area sempit itu memang tidak mengherankan, sebab semakin hari, lahan kosong di perkotaan semakin terbatas, dan tentunya terbatasnya lahan itu membuat harga tanah pun menjadi selangit, sehingga masyarakat kelas menengah yang tinggal di perkotaan mau tidak mau harus tinggal di rumah berkonsep minimalis dengan luas yang seadanya. Namun, tahukah Anda, bahwa sering berada di dalam sebuah bangunan yang luasnya terbatas itu dapat membuat Anda lebih besar peluangnya untuk menderita rabun jauh? Ya, area pandang yang sempit lama kelamaan akan membuat mata menjadi tidak nyaman, sebab otot-otot mata juga perlu dilatih, sementara orang yang terbiasa beraktivitas di lingkungan yang luasnya tergolong sempit hanya akan membuat orang terbiasa melihat benda-benda dari jarak dekat, kebiasaan seperti itulah yang membuat otot mata menjadi tidak elastis. Oleh sebab itu, perlu adanya kesadaran dari masyarakat yang tinggal di lingkungan perkotaan untuk sesekali melatih otot mata, caranya adalah dengan bersantai di area pedesaan atau di sebuah taman.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Sekolah

Cara Jitu Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Sekolah
Masyarakat Indonesia bisa dibilang masih sangat rendah tingkat kepeduliannya terhadap lingkungan. Hal tersebut bahkan dapat dilihat dari generasi mudanya yang masih duduk di bangku sekolah namun seakan tidak peduli terhadap lingkungan di sekitar sekolah mereka sendiri. Banyak contoh yang menunjukkan bahwa siswa sekolah masih sangat kurang kepeduliannya terhadap lingkungan, mulai dari contoh yang paling sederhana yaitu membuang sampah secara sembarangan, membiarkan sampah menumpuk di laci meja dan lain sebagainya, padahal jika lingkungan sekolah bersih tentunya proses belajar mengajar pun akan terasa semakin nyaman. Lalu, bagaimana cara terbaik agar dapat meningkatkan kepedulian siswa dan siswi terhadap lingkungan sekolah? Salah satu cara yang efektif adalah dengan membuat ajang lomba kebersihan antar kelas. Cara seperti itu akan membuat murid-murid akan tertantang untuk saling berkompetisi dan berusaha untuk bahu membahu menjaga kebersihan, sebab setiap murid pastinya ingin melihat kelasnya berhasil menjadi juara. Jadi intinya, lomba kebersihan kelas itu akan menjadi suatu motivasi tersendiri bagi setiap murid untuk selalu menjaga kebersihan dan diharapkan seiring dengan berjalannya waktu mereka akan lebih peduli terhadap lingkungan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Hindari Memilih Kepala Daerah Yang Mengabaikan Kelestarian Alam
Eksploitasi alam di Indonesia semakin parah bahkan kondisinya sudah bisa dibilang mengkhawatirkan, khususnya di sektor pertambangan. Berbicara mengenai tambang, maka tentunya sebelum suatu perusahaan melakukan eksplorasi tambang di wilayah tersebut, mereka perlu mendapatkan izin dari pemerintah, dan disinilah kepala daerah memiliki peranan yang penting, sebab hanya kepala daerah yang memiliki wewenang terhadap pemberian izin lokasi di wilayah tersebut untuk dilakukan aktifitas pertambangan. Sayangnya, cukup banyak pula perusahaan pertambangan yang mendapatkan izin dari kepala daerah dengan cara tidak jujur, kebanyakan adalah dengan cara melakukan penyuapan kepada kepala daerah yang bersangkutan, bahkan cara seperti itu umumnya dilakukan sejak proses pencalonan kepala daerah. Seperti diketahui, bahwa pencalonan kepala daerah membutuhkan banyak dana, disitulah perusahaan pertambangan menawarkan diri untuk memberikan suntikan dana kampanye, namun dengan syarat, jika calon kepala daerah tersebut berhasil menang, maka perusahaan tambang itu diizinkan untuk membuka lokasi pertambangan di daerah yang bersangkutan. Maka dari itu, pada saat pemilihan kepala daerah, diharapkan masyarakat lebih jeli, hindari memilih kepala daerah yang hanya peduli terhadap keuntungan untuk dirinya sendiri tanpa mempedulikan kelestarian alam.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Pembangunan Infrastruktur Demi Tercapainya Peningkatan Ekonomi Masyarakat
Pemerintah berusaha untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, berbagai cara coba dilakukan, termasuk membangun infrastruktur yang diharapkan dapat membantu masyarakat agar semakin mudah melakukan aktifitas. Berbagai infrastruktur itu diantaranya seperti jembatan, jalan raya, jalan tol dan lain sebagainya, dengan adanya infrastruktur diharapkan tidak hanya membuat masyarakat semakin mudah menjalankan aktifitas namun juga proses distribusi barang dari produsen ke konsumen pun bisa lebih lancar. Meskipun demikian, bukan berarti, pemerintah tanpa cela dalam melaksanakan program pembangunan tersebut, sebab untuk melakukan berbagai pembangunan itu pemerintah membutuhkan lahan, yang mana membuat infrastruktur terpaksa dibangun di atas tanah milik warga, sehingga terpaksa warga di sekitar pembangunan itu harus digusur. Hal seperti itu malah membuat permasalahan baru, maka dari.itu, hendaknya pemerintah tidak hanya fokus dalam pembangunan infrastruktur yang memang memiliki tujuan mensejahterakan rakyat namun dilakukan tanpa pertimbangan yang cukup sehingga malah membuat sebagian warga yang terkena dampak langsung dari pembangunan tersebut mengalami hidup yang lebih susah.

Contoh Teks Eksposisi Identifikasi

Keunggulan Jenis Ayam Pedaging Dibandingkan Dengan Ayam Kampung
Tubuh manusia membutuhkan asupan makanan bergizi, salah satunya jenis makanan yang mengandung protein hewani misalnya seperti daging ayam. Ayam merupakan salah satu hewan yang paling sering dikonsumsi manusia. Dilihat dari jenisnya, maka ayam dibedakan menjadi beberapa jenis, dua diantaranya yang paling populer adalah ayam pedaging dan ayam kampung. Dibandingkan dengan ayam kampung, ayam pedaging lebih lebih banyak dibudidayakan di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena, ayam pedaging lebih mudah untuk dipelihara dan dagingnya pun lebih tebal dan empuk. Mudahnya memelihara dan membudidayakan ayam pedaging itulah yang menyebabkan ayam jenis ini lebih murah di pasaran, bahkan harganya bisa 3 kali lebih murah daripada ayam kampung. Meskipun demikian, terlalu banyak mengkonsumsi daging ayam juga tidak baik dan berpotensi mengganggu kesehatan manusia. Oleh sebab itu, konsumsi dalam batas sewajarnya serta imbangi dengan sayuran sehingga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh pun sesuai dengan apa yang dibutuhkan tubuh.

Contoh Teks Eksposisi Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia

Perilaku Manusia Membuat Alam Semakin Rusak
Kebanyakan manusia bertindak tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi, termasuk saat mereka melakukan eksploitasi alam besar-besaran. Tidak salah memang jika manusia mengambil dan memanfaatkan sumber daya alam demi memenuhi kebutuhan hidup mereka, sebab pada dasarnya alam tercipta untuk diambil sumber dayanya. Namun, bukan berarti alam itu diciptakan hanya untuk digerogoti kekayaannya, sebab manusia yang diberi akal pikiran oleh Tuhan sudah seharusnya menjaga dan melestarikan alam, sehingga sumber daya yang ada di alam itu tidak habis dan menjadi langka. Sayangnya, akhir-akhir ini, manusia seakan kehilangan akal dan malah melakukan eksploitasi sumber daya alam secara tak terkendali sehingga perilaku yang tak bertanggung jawab itu membuat alam semakin rusak. Contoh perilaku manusia yang merusak alam diantaranya seperti, buang sampah sembarangan, pembuangan limbah di sungai dan  pembakaran hutan, Jadi, tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebenarnya memang manusia yang menjadi penyebab utama kerusakan alam, maka dari itu, sebaiknya kita perlu untuk segera menyadari bahwa apa yang selama ini kita lakukan itu salah, dan berusahalah untuk memperbaikinya sehingga beragam sumber daya alam itu bisa kita nikmati hingga anak cucu kita.

Contoh Teks Eksposisi Kerusakan Alam

Dampak Kerusakan Alam Akibat Perilaku Manusia
Kerusakan alam semakin parah dan merata, baik itu di darat, air maupun udara. Hal tersebut tentu saja akan dapat mengancam kehidupan segala makhluk yang ada di bumi, termasuk manusia, bahkan parahnya kerusakan alam itu dapat memicu terjadinya bencana alam. Lalu, apa yang menyebabkan alam semakin rusak? Tentu saja penyebab utamanya adalah tingkah laku manusia yang tidak bertanggung jawab. Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia seringkali bertindak tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi, khususnya pada saat mengeksploitasi alam. Berbagai tingkah laku manusia yang tidak bertanggung jawab saat mengeksploitasi alam itu diantaranya seperti penggunaan pestisida secara berlebihan sehingga tanah terkontaminasi dan menjadi tidak subur, limbah industri khususnya asap pabrik yang dapat merusak lapisan ozon, dan penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan sehingga bukan hanya ikan yang mati namun juga banyak terumbu karang yang rusak. Dari contoh-contoh perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab itu seharusnya membuat kita perlu untuk segera menyadari bahwa perilaku-perilaku seperti itu harus diubah sebelum terlambat.

Contoh Teks Eksposisi Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Tanaman Lidah Buaya Bagi Kesehatan
Sejak dulu kala, manusia sudah mengenal manfaat atau khasiat dari tanaman lidah buaya. Tanaman yang juga dikenal dengan sebutan Aloe Vera ini memang memiliki banyak manfaat bukan hanya sekadar untuk penyubur rambut namun juga dapat digunakan sebagai obat tradisional. Berikut ini ada beberapa contoh manfaat dari lidah buaya, diantaranya seperti:

  • Dapat dijadikan sebagai obat untuk mempercepat proses penyembuhan luka ataupun bekas luka yang disebabkan karena luka bakar atau luka cedera
  • Menghambat peradangan
  • Dapat dijadikan sebagai obat sembelit, biasanya untuk obat sembelit maka lidah buaya dibuat menjadi jus
  • Membunuh radikal bebas dan memiliki efek anti bakteri serta anti jamur
  • Menurunkan kadar gula darah, sehingga jus lidah buaya cocok untuk diminum oleh penderita diabetes

Berdasarkan beragam manfaat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa tanaman yang daunnya mengandung serat bening seperti gel ini merupakan salah satu komoditas alam yang bisa dijadikan sebagai sumber keuntungan. Jika Anda kreatif, maka bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari produk obat tradisional berbahan dasar lidah buaya.

Contoh Teks Eksposisi Kebersihan Lingkungan

Cara Efektif Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah
Lingkungan sekolah terdiri dari segala sesuatu yang terdapat di sekolah, termasuk setiap individu yang beraktifitas di dalamnya serta alam di sekitar sekolah. Oleh sebab itu, untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah, semua individu yang berada di sekitar lingkungan tersebut harus memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaganya. Lingkungan sekolah yang bersih secara tidak langsung dapat menjadi salah satu unsur penunjang keberhasilan dari kegiatan belajar mengajar. Ada berbagai cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah diantaranya seperti membuang sampah pada tempatnya, rajin melaksanakan tugas piket, dan bila perlu setiap Jumat digalakkan kembali kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah. Selain lingkungan sekolah secara menyeluruh, kebersihan kelas juga tidak boleh diabaikan, sebab di dalam kelas itulah, kegiatan belajar mengajar terjadi, maka dari itu, setiap siswa perlu menyadari bahwa sangat penting untuk menjaga kebersihan kelas, salah satu contohnya adalah tidak mengumpulkan sampah di kolong meja. Jadi, pada dasarnya, jika kita ingin aktifitas atau kegiatan belajar mengajar berjalan lancar, maka kebersihan lingkungan sekolah harus selalu dijaga.

Contoh Teks Eksposisi Makanan

Cara Praktis Membuat Nasi Goreng
Nasi goreng adalah jenis makanan yang sangat populer di Indonesia, bahkan cukup banyak media internasional yang memasukkan nasi goreng ke dalam daftar  makanan terlezat di dunia. Meskipun dikenal sebagai makanan yang lezat, namun sebenanrnya proses pengolahan nasi goreng terbilang sangat mudah, praktis dan sederhana. Berikut ini akan dijelaskan mengenai proses pengolahan nasi goreng yang dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa membutuhkan waktu yang lama. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan, diantaranya seperti, nasi putih, bawang putih, minyak goreng, kecap dan garam secukupnya, jika ingin lebih lezat bisa juga ditambahkan dengan telur, sosis, bakso , saus sambal serta bahan pelengkap lainnya sesuai selera. Setelah semua bahan siap, saatnya menyalakan kompor, pastikan api dalam suhu sedang, kemudian panaskan minyak di dalam wajan, lalu tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan telur dan tumis lagi bersama bawang putih, kemudian baru masukkan nasi serta beragam bahan pelengkap lainnya dan juga kecap serta saus sambal. Aduk hingga rata kemudian setelah semua bahan tercampur menjadi satu, nasi goreng pun siap untuk dinikmati.

Contoh Teks Eksposisi Olahraga

Futsal, Olahraga Yang Semakin Populer Di Kalangan Remaja
Jika dilihat sekilas, futsal merupakan jenis olahraga yang mirip dengan sepakbola, sebab pada dasarnya kedua jenis olahraga itu sama-sama menggunakan bola sepak dan cara bermainnya juga mengharuskan pemain untuk mencetak gol ke gawang. Namun, meskipun demikian, ada banyak perbedaan antara futsal dan sepakbola, khususnya mengenai jumlah pemain, tempat bermain dan juga ukuran dari lapangan yang digunakan. Seperti diketahui bahwa satu tim sepak bola beranggotakan 11 orang dan mereka bermain di lapangan yang luas, sedangkan futsal satu tim hanya terdiri dari 5 orang, futsal dilakukan di dalam ruangan dengan ukuran lapangan yang lebih kecil. Daya tarik yang unik dari futsal inilah yang membuat banyak remaja menyukai jenis olahraga ini. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika kini sudah terdapat banyak tempat persewaan lapangan futsal khususnya di perkotaan. Dengan demikian, bisa disimpulkan olahraga futsal dapat dijadikan sebagai olahraga alternatif yang menyenangkan sekaligus tentunya menyehatkan badan.

Contoh Teks Eksposisi Game Online

Game Online Yang Membuat Anak-Anak Kecanduan
Game online memang menyenangkan, bahkan dapat digunakan untuk penghilang stress. Namun sayangnya, karena game juga kita sering melupakan kegiatan lain yang harusnya lebih diutamakan untuk dilakukan. Apalagi untuk anak-anak usia pelajar yang tugas utamanya adalah belajar, bermain game secara terus menerus malah akan dapat membuat anak-anak menjadi kecanduan dan tentunya akan berakibat negatif, contohnya seperti nilai-nilai pelajarannya menjadi anjlok karena mereka bukannya belajar dan mengerjakan tugas malah terus menerus bermain game online. Selain dapat membuat seseorang menjadi tidak berprestasi di sekolah, terlalu sering bermain game online juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada mata. Terus menerus melihat ke layar komputer akan membuat mata menjadi iritasi, awalnya memang hanya sekadar iritasi ringan namun lama kelamaan akan membuat mata menjadi minus dan pada akhirnya harus menggunakan kacamata. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, maka sudah jelas, bermain game online hingga kecanduan akan berdampak buruk, bukan hanya untuk prestasi yang semakin menurun namun juga dapat berpengaruh buruk pula terhadap kondisi kesehatan mata.

Contoh Teks Eksposisi Orang Indonesia Harus Tetap Belajar Bahasa Indonesia

Orang Indonesia Harus Mampu Berbahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar
Dewasa ini kita sering melihat, orang Indonesia yang ternyata tidak lancar berbahasa Indonesia. Hal tersebut biasanya disebabkan karena sedari kecil, ia dibiasakan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Membiasakan anak untuk mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris memang bukan perbuatan yang salah, sebab di zaman globalisasi seperti saat ini, kita memang harus menguasai bahasa Inggris yang merupakan bahasa universal. Meskipun demikian, sebagai orang Indonesia, hendaknya kita juga tetap perlu mempelajari bahasa Indonesia. Ada beberapa penting yang menyebabkan orang Indonesia sudah seharusnya dapat berbahasa Indonesia yang baik dan benar, yaitu karena bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan kita yang dapat mempersatukan bahasa dari berbagai suku di Indonesia. Bukan hanya itu saja, bahasa Indonesia juga memiliki tata bahasa yang baik dan hal tersebut akan menjadi bukti, bahwa kita memiliki tata karma yang baik. Dua penyebab utama itulah yang membuat seorang warga negara Indonesia seharusnya mempelajari dan menerapkan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik, sehingga persatuan bangsa Indonesia dapat selalu terjaga.

Contoh Teks Eksposisi Resep Makanan

Resep Soto Ayam Nikmat Dan Lezat
Soto adalah makanan khas Indonesia yang bukan hanya lezat namun juga unik. Keunikannya itu terletak pada kuahnya yang kaya rempah-rempah khususnya kunyit sehingga membuat kuah soto menjadi berwarna kuning. Meskipun kaya rempah-rempah, namun cara membuat soto terbilang cukup mudah, berikut ini akan dijelaskan apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat soto lengkap dengan cara membuatnya:
Bahan :

  1. 1kg Ayam 
  2. 5 butir Telur
  3. 2 cm lengkuas, memarkan
  4. 1 batang sereh, memarkan
  5. Daun bawang dan seledri secukupnya
  6. Garam secukupnya
  7. Merica secukupnya
  8. Gula secukupnya
  9. Bawang goreng secukupnya
  10. Jeruk nipis
  11. Bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri)

Cara Membuat :

  • Rebus ayam, setelah matang lalu suwir-suwir
  • Masukkan bumbu halus, sereh, lengkuas, garam, gula, merica ke dalam kaldu ayam bekas rebusan ayam
  • Tunggu hingga mendidih
  • Sajikan di dalam mangkok dengan susunan, suwiran ayam rebus, telur, daun bawang dan seledri
  • Tuang kuah soto ke dalam mangkok tersebut, lalu taburkan bawang goreng secukupnya dan tambahkan sedikir air perasan jeruk nipis.

Contoh Teks Eksposisi Obat Tradisional

Daun Sirih Merah Yang Kaya Manfaat
Salah satu jenis tanaman khas Indonesia yang akhir-akhir ini banyak dibudidayakan adalah tanaman sirih merah. Tanaman ini sangat bermanfaat khususnya untuk kesehatan sehingga kerap kali dijadikan sebagai obat tradisional. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa tanaman sirih merah dapat digunakan untuk mengobati beragam penyakit, mulai dari obat maag, obat diabetes hingga obat kanker, bahkan sirih merah juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketomber yang membandel serta mengobati keputihan di area kewanitaan. Berdasarkan sejumlah penelitian pula, dalam tanaman sirih merah itu terkandung beragam senyawa yang bagus untuk kesehatan manusia diantaranya seperti minyak atsiri, polivent, euganor dan lain sebagainya. Pengolahan sirih merah untuk dapat dijadikan sebagai obat tradisional juga terbilang cukup mudah, dengan cara daunnya diolah lewat proses perebusan. Mudah dan kaya manfaat, maka tidak heran jika akhir-akhir ini banyak orang yang kenal dengan tanaman sirih merah ini sebab banyak orang sudah membuktikan bahwa sirih merah merupakan salah satu obat tradisional yang mujarab.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kenakalan Remaja

Macam-Macam Kenakalan Remaja Yang Meresahkan
Salah satu permasalahan yang sangat mengkhawatirkan dan meresahkan bangsa adalah kenakalan remaja. Sebagai generasi calon penerus bangsa, sudah sepantasnya mereka harus lebih memperhatikan masa depan, bukan hanya bersenang-senang menggunakan fasilitas yang diberikan oleh orang tua. Ada cukup banyak jenis kenakalan remaja yang meresahkan diantaranya seperti tawuran, pergaulan bebas hingga narkoba. Perilaku-perilaku seperti itu jika terus menerus dilakukan maka sudah pasti akan merusak masa depan generasi muda negeri ini. Tawuran dapat membuat remaja semakin yakin bahwa dengan cara kekerasan segala permasalahan bisa selesai, pergaulan bebas akan membuat remaja menjadi tidak menghargai dirinya sendiri dan lebih parahnya dapat terkena beragam penyakit termasuk HIV/AIDS, dan penyalahgunaan narkoba tentunya akan sangat mempengaruhi usia produktif mereka bahkan yang paling parah adalah dapat merenggut nyawa. Oleh sebab itu, para remaja yang merupakan generasi muda penerus bangsa itu perlu untuk diberikan motivasi meningkatkan kegiatan positif, sebab beberapa puluh tahun mendatang, generasi muda itulah yang melanjutkan negeri ini. Jadi kalau bukan diri kita sendiri, siapa lagi yang dapat menentukan baik buruknya Indonesia dimasa yang akan datang.

Fransisca
ContohPro.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel