3 Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas Remaja Milenial 2019

Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas Remaja Milenial - Pidato merupakan sebuah penyampaian gagasan secara lisan terhadap suatu keadaan atau kondisi yang sedang berkembang saat ini. Salah satu keadaan yang kini memang sedang berkembang secara pesat adalah kondisi zaman yang semakin modern dan dapat mempengaruhi kehidupan manusia dalam segala aspek termasuk pola pikirnya. Namun sayangnya, perkembangan zaman yang semakin modern itu juga beresiko menghasilkan dampak buruk, misalnya seperti kenakalan remaja yang disebabkan oleh pergaulan bebas. Oleh sebab itu, diperlukan penyampaian gagasan dalam bentuk pidato untuk dapat membantu mencegah penyebaran pergaulan bebas di kalangan generasi penerus bangsa. Berikut ini ada beberapa contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas remaja masa kini.
Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas Remaja Milenial

Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas Yang Berkaitan Dengan Cara Pencegahannya


Assalamualaikum wr, wb.

Salam sejahtera bagi kita semua yang berkumpul disini

Hadirin sekalian yang berbahagia

Di siang hari yang cerah ini, sudah sepantasnya kita mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan karunia-Nya, sehingga saat ini kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan yang sehat walafiat.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa di zaman yang semakin modern seperti saat ini, segala aspek kehidupan manusia telah terpengaruh, baik itu pengaruh yang berdampak ke hal-hal yang positif ataupun negatif. Salah satu dampak negatif yang cukup terlihat khususnya mengarah kepada generasi muda adalah pergaulan remasa yang bisa dibilang telah melampaui batas norma masyarakat Indonesia. Tentu saja, pergaulan remasa yang terbilang bebas itu sungguh meresahkan, terutama bagi pihak orang tua.

Sebagai orang tua, tentunya kita harus memahami apa yang terjadi pada anak-anak kita, termasuk penyebab dari pergaulan bebas yang berpotensi akan mempengaruhi gaya hidup dari anak-anak yang masih berusia remaja itu. Tahukah Anda, bahwa sebenarnya, salah satu faktor utama seorang anak terjerumus ke dalam pergaulan bebas itu disebabkan oleh orang tua itu sendiri, dalam hal ini orang tua yang kurang memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya. Seorang anak yang merasa diabaikan dan kurang mendapat kasih sayang dari orang tua akan mencari tempat pelarian dan hal seperti itu tentu saja sangat beresiko, sebab bisa saja, si anak akan bertemu dengan teman dan lingkungan pergaulan yang buruk dan memicu mereka untuk melakukan pergaulan bebas.

Selain faktor orang tua yang kurang perhatian dalam memberikan kasih sayang dan arahan menjalani hidup di jalur yang baik dan benar,  faktor penggunaan internet yang kurang bijaksana juga dapat menyebabkan seorang anak terpengaruh untuk melakukan pergaulan bebas. Oleh sebab itu, agar anak-anak kita tidak semakin terjerembab dalam pusaran pergaulan yang dapat berpotensi merusak masa depannya, misalnya seperti kecanduan narkoba, masalah kriminal, prestasi di sekolah yang menurun dan lain sebagainya diperlukan berbagai upaya untuk membawa mereka kembali ke jalur yang sesuai dengan norma di masyarakat.

Cara paling efektif untuk dapat mencegah pegaulan bebas tentu saja dengan menghilangkan faktor penyebab dari pergaulan bebas itu sendiri. Jadi, jika salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua, maka sebagai orang tua kita harus berusaha sekeras mungkin memberikan waktu kita untuk memperhatikan dan memberi kasih sayang yang cukup pada anak-anak, khususnya mereka yang sudah mulai memasuki usia remaja. Pemberian kasih sayang yang cukup akan membuat anak merasa tidak tersisihkan sehingga mereka pun tidak akan mencari tempat pelarian dengan melakukan tindakan negatif yang bertentangan dengan hukum ataupun norma di masyarakat. Sebagai orang tua, kita juga sebaiknya memperkenalkan anak kepada teman serta lingkungan yang baik, cara seperti itu akan berpotensi untuk memberikan dampak positif kepada anak.

Bukan hanya itu saja, disebabkan zaman sudah semakin modern, dan internet merupakan salah satu media teknologi yang dapat memberikan beragam informasi, baik itu informasi berupa konten positif ataupun negatif, maka sebagai orang tua hendaknya juga perlu untuk membimbing anak-anak agar tidak sampai mengakses berbagai konten negatif yang ada di internet. Beberapa upaya seperti itu diharapkan dapat mencegah anak untuk terjebak dan terjerumus ke jurang pergaulan bebas yang merugikan.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan kali ini, jika ada kata-kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf, terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum wr, wb.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas Di Kalangan Remaja


Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Yang saya hormati, Kepala Sekolah beserta wakil

Yang saya hormati Bapak/Ibu dewan guru

Yang saya hormati para panitia penyelenggara penyuluhan dan teman-teman sekalian yang telah hadir pada hari ini.

Sebelumnya memulai pembahasan mengenai pergaulan bebas di kalangan remaja, marilah kita bersama-sama kita semua memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, sebab berkat rahmat dan karunia-Nya kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Zaman yang semakin modern tentu dapat mempengaruhi kehidupan manusia, khususnya remaja. Informasi yang semakin mudah didapatkan dari berbagai penjuru dunia melalui internet terutama yang berasal dari pengaruh kebudayaan barat membuat generasi penerus bangsa ini bisa mengenal berbagai budaya dan teknologi terbaru. Pengaruh dari kebudayaan asing itu tak bisa dipungkiri akan memiliki dampak, baik itu dampak positif ataupun negatif.

Berbicara mengenai dampak positif, remaja akan lebih terbuka pola pikirnya, bahwa di dunia ini terdapat berbagai hal yang menakjubkan datang dari berbagai penjuru dunia, namun dampak negatif dari pengaruh kebudayaan asing itu juga terasa, khususnya yang dapat membuat remaja lebih mudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Meskipun demikian, seperti kata peribahasa bahwa tak ada asap jika tak ada api bukan? Oleh sebab itu, sebelum mengecam kebudayaan asing, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu apa saja penyebab yang dapat mendorong perilaku tersebut.

Seperti kita ketahui bersama, kini dengan adanya internet hampir semua hal yang ada di dunia ini dapat diakses hanya dengan bantuan komputer dan jaringan internet, mulai dari konten positif yang sangat bermanfaat hingga konten negatif yang selain tidak ada gunanya juga dapat memberikan pengaruh tidak baik. Selain itu, tayangan televisi juga kerap kali menyajikan konten-konten yang kurang layak untuk disaksikan semua umur, khususnya anak-anak dan remaja, misalnya saja, seperti adegan kemesraan dan adegan kekerasan yang secara tidak sadar tayangan seperti itu dapat memasuki alam bawah sadar penontonnya dan dapat membuat mereka menirukan apa yang telah disaksikannya. Oleh sebab itu, dari diri kita sendiri hendaknya kita mampu untuk menyaring tontonan apa saja yang layak untuk disaksikan, sehingga kita dapat lebih menyerap pengaruh kebudayaan asing yang positif bukan yang negatif.

Sebagai generasi penerus bangsa, kita sebaiknya tidak kehilangan jati diri sebagai bangsa yang menjunjung tinggi kebudayaan timur. Maka dari itu, sebaiknya sebagai generasi muda, kita perlu untuk menanamkan kembali pemahaman tentang siapa diri kita yang sebenarnya dalam hal ini konteksnya berkaitan dengan kebangsaan, yang membuat kita dapat teguh memegang adat ketimuran namun juga tetap mengikuti pesatnya perkembangan zaman.

Hadirin yang saya hormati,

Demikian materi yang dapat saya sampaikan, semoga melalui pidato yang sudah saya sampaikan tadi, kita semua dapat mencegah pengaruh-pengaruh negatif yang dapat menjerumuskan ke jurang pergaulan bebas. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih, dan jika ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wa’alaikumsalam. Wr. Wb

Contoh Pidato Tentang Penyebab Pergaulan Bebas


Assalamu’alaikum. Wr. Wb

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Pertama-tama marilah kita semua memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karunia-Nya, kita dapat kembali berkumpul pada hari ini dalam keadaaan sehat walafiat. Sebelumnya, saya juga ingin menyampaikan terima kasih karena sudah diberi kesempatan untuk menyampaikan sedikit pembahasan mengenai pergaulan bebas.

Pergaulan bebas merupakan sebuah bahaya yang sudah seharusnya dihindari oleh para generasi muda penerus bangsa, sebab dampak dari pergaulan bebas hanya akan mengakibatkan hal-hal negatif, yang bahkan dapat membuat masa depan menjadi hancur, misalnya saja, pergaulan bebas yang menyebabkan remaja melakukan seks bebas, penggunaan narkoba serta beragam hal buruk lainnya.
Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Sebelum mengetahui solusi dari sebuah masalah, ada baiknya kita terlebih dahulu mencari tahu, penyebab apa saja yang dapat menimbulkan permasalahan tersebut. Setidaknya ada 3 faktor utama penyebab pergaulan bebas, yaitu faktor kurang perhatian dari orang tua, salah memilih teman, serta berpacaran.

Seorang remaja yang merasa kurang mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya akan mencoba untuk mencari kesenangan di tempat lain sehingga mereka merasa terhibur. Sayangnya, karena mereka mencari hiburan tanpa arahan dari orang yang lebih dewasa dalam hal ini perhatian dari orang tua, maka mereka akan cenderung lebih mudah untuk terjerumus ke dalam pergaulan yang salah.  Sementara itu, faktor penyebab pergaulan bebas yang kedua meliputi pemilihan teman dekat atau lingkungan pertemanan yang salah. Memang benar, seseorang apalagi jika usianya masih mudah harus bisa menempatkan diri dimana saja dengan demikian ia akan mudah berteman dengan siapa saja. Namun, ketika memilih lingkungan pertemanan yang mana akan membuat kita selalu terkoneksi dengan mereka, sebaiknya kita lebih selektif dalam memilih, sebab seorang teman bisa menjadi salah satu orang yang menggiring kita ke jalan lurus atau sebaliknya menjerumuskan kita ke jurang kelam yang dapat merusak masa depan kita.

Faktor penyebab yang ketiga adalah berpacaran, masa-masa remaja memang merupakan masa-masa yang seharusnya indah salah satunya saat kita merasakan indahnya berpacaran. Sebenarnya bukanlah hal tabu untuk berpacaran asalkan masih dalam batasan wajar. Selain itu, kita juga harus lebih jeli dalam memilih pacar, sebab jika kita memilih orang yang salah untuk dijadikan pacar, maka hal tersebut dapat berakibat fatal. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan segala sesuatu sebaiknya kita memikirkan secara matang terlebih dahulu.

Berdasarkan 3 faktor yang sudah saya jelaskan tadi, saya ingin mengajak teman-teman untuk lebih pintar dan selektif saat bergaul, agar masa depan kita semua tidak rusak hanya karena salah pergaulan yang dapat mengakibatkan kerugian bukan hanya untuk diri kita pribadi namun juga orang-orang di sekitar kita, khususnya kedua orang tua. Demikian pidato singkat yang saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya, semoga apa yang sudah saya sampaikan ini bermanfaat dan jika ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wa’alaikumsalam. Wr. Wb

Itulah 3 contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas, semoga contoh pidato diatas bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang saat ini sedang mencari bahan pidato yang tepat untuk tema yang berkaitan dengan pergaulan bebas.

Fransisca
contohpro.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel