Contoh Pidato Tentang Lingkungan Yang Singkat Namun Tepat Sasaran

Contoh Pidato Tentang Lingkungan - Kebersihan lingkungan memang sangat perlu untuk diperhatikan, karena lingkungan yang bersih sangat terkait dengan kesehatan. Apalagi, seperti yang kita tahu, bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman, oleh sebab itu kita harus berusaha untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan jangan lupa untuk mengajak orang-orang disekeliling kita untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, salah satu caranya adalah melalui pidato. Nah, jika Anda kini sedang bingung mencari contoh pidato tentang lingkungan untuk dijadikan sebagai bahan inspirasi dalam rangka mengajak orang-orang untuk ikut serta menjaga kebersihan lingkugan sekitar, maka berikut ini ada beberapa contoh pidato yang memiliki tema terkait dengan lingkungan hidup.
Contoh Pidato Tentang Lingkungan

Contoh Pidato Tentang Lingkungan Untuk Memperingati Hari Lingkungan Hidup


Assalamualaikum Wr, Wb

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Pertama-tama marilah kita semua bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan berkat dan karunia-Nya sehingga kita semua masih diberi kesempatan untuk dapat berkumpul bersama di hari yang cerah ini dalam keadaan yang sehat tidak kurang suatu apapun.

Hadirin yang saya hormati,

Pada hari ini, di kesempatan yang indah ini, izinkan saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang terkait dengan lingkungan hidup. Bisa dibilang, segala hal yang akan saya sampaikan ini adalah keluh kesah dari hati saya terhadap kondisi lingkungan hidup kita yang semakin hari semakin tercemar ini. Semoga melalui moment hari lingkungan hidup ini, saya dapat mengajak semua orang yang berkumpul di tempat ini untuk bersama-sama menjaga lingkungan.

Saudara-saudara, sadar atau tidak, selama ini kita menggantungkan hidup dari lingkungan, contohnya saja, setiap hari kita minum air yang sumbernya berasal dari lingkungan hidup di sekitar kita, beragam sumber makanan yang kita konsumsi setiap hari pun asalnya dari tumbuh-tumbuhan yang ditanam dari lingkungan kita, bahkan udara yang kita hirup setiap saat dengan gratis ini pun sumbernya dari lingkungan hidup yang ada di sekitar kita. Dari beberapa contoh itu saja, bisa disimpulkan bahwa lingkungan hidup sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Maka dari itu, baik atau buruk lingkungan di sekitar kita itu akan berpengaruh terhadap baik atau buruknya kehidupan manusia.

Belasan tahun yang lalu, manusia pernah mengalami tinggal di suatu lingkungan yang sejuk dan hijau karena masih banyak pepohonan, namun kondisi saat ini sangatlah berbeda, sebab banyak pohon yang telah hilang ditebang secara paksa bahkan sekarang semakin banyak hutan yang gundul karena ulah tangan nakal manusia. Apalagi di daerah perkotaan, deretan hijau pepohonan kini telah tergantikan dengan beragam bangunan terbuat dari beton yang semakin hari jumlahnya semakin meningkat sekaligus menggerus ruang terbuka hijau di daerah perkotaan.

Belasan tahun yang lalu, manusia masih dapat mengalami leganya bernafas tanpa merasakan polusi udara yang menyesakkan paru-paru. Sayangnya, udara segar itu sekarang telah terkontaminasi oleh polusi khususnya asap kendaraan bermotor sehingga taka da lagi udara sejuk nan bersih. Belasan tahun yang lalu juga manusia pernah merasakan nikmatnya mata yang dimanjakan oleh pemandangan bersih dan indah, namun sekarang sepanjang mata memandang ketika kaki melangkah menyusuri jalan adalah timbunan sampah yang sangat merusak pandangan. Jika dulu, timbunan sampah itu dapat dengan baik dimanfaatkan menjadi pupuk yang sangat berguna untuk kesuburan tanah, namun sekarang cukup banyak timbunan sampah yang dibiarkan begitu saja, sehingga selain merusak pandangan juga membuat bau sampah semakin menyengat dan dampaknya tentu saja mengganggu pernafasan manusia.

Berbagai kerusakan alam dan lingkungan hidup itu pada dasarnya yang menyebabkan adalah manusia, jadi seandainya kita semua masih saja mengabaikan kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat terhadap lingkungan, maka bencana alam pun tak akan bisa terhindarkan lagi. Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk bisa memperbaiki kerusakan lingkungan hidup di sekitar kita? Tentunya, pembahasan ini tidak hanya akan berisi tentang berbagai kerusakan alam yang telah terjadi namun juga akan membahas tentang berbagai tindakan yang dapat dilakukan untuk bisa membantu memperbaiki segala kerusakan lingkungan yang telah kita lakukan. Beberapa tindakan yang akan dijelaskan ini terkesan tidak terlalu besar dampaknya, namun sekecil apapun usaha untuk memperbaiki kerusakan lingkungan tentunya akan lebih berarti daripada sama sekali tidak melakukan usaha apapun.

Salah satu usaha sederhana yang bisa kita lakukan dengan mudah untuk memperbaiki kerusakan lingkungan hidup di sekitar kita adalah membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, serta melakukan penghematan listrik. Jika perlu, Anda juga dapat mencoba untuk menanam pohon sehingga seiiring berjalannya waktu, dari tahun ke tahun lingkungan pun akan terlihat hijau kembali. Saya kira cukup sekian pidato dari saya, semoga setelah ini kita bersama dapat melakukan berbagai tindakan nyata yang dapat membantu memperbaiki kerusakan lingkungan hidup. Terima kasih atas perhatiannya dan jika sekiranya ada kata-kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr, Wb...

Contoh Pidato Tentang Pentingnya Mengajarkan Anak Tentang Kebersihan Lingkungan


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua yang ada di tempat ini

Pada kesempatan kali ini, marilah kita terlebih dahulu memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang mana atas kasih dan karunia-Nya saat ini kita dapat kembali berkumpul  dalam keadaan sehat walafiat.

Hadirin yang terhormat,

“Kebersihan adalah sebagian dari iman”, kutipan tersebut tentunya sudah sering kita dengar, karena pada dasarnya Tuhan memang sangat mencintai orang yang bersih bukan hanya bersih dirinya sendiri namun juga lingkungan di sekitarnya. Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan sehingga lingkungan bukan hanya akan terlihat indah dipandang mata sekaligus dapat memberikan manfaat lebih banyak lagi.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Menjaga kebersihan sebaiknya juga tidak hanya sebatas kita lakukan sendiri, namun alangkah baiknya, jika saat ini Anda sudah memiliki anak, maka ajarkan pula sikap untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar itu pada anak-anak kita. Ajarkan pada anak-anak  sejak usia dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan, sehingga anak-anak kita nantinya hingga dewasa akan terbiasa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

Pada saat mengajarkan anak mengenai pentingnya menjaga kebersihan, diharapkan nantinya mereka dapat mandiri dan akhirnya menjadi terbiasa untuk berbuat kebaikan bukan hanya kepada sesame manusia, namun juga pada lingkungan hidup yang ada di sekitar mereka. Tentu saja, berbuat baik terhadap lingkungan hidup itu dapat ditunjukkan lewat bukti nyata yaitu peduli dengan kebersihan lingkungan di sekitarnya. Demikian pidato singkat yang dapat saya sampaikan kali ini, semoga pembahasan yang saya sampaikan tadi bisa bermanfaat serta tentunya dapat diterapkan dengan baik. Akhir kata, jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan saya mohon maaf dan tak lupa saya juga ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Tentang Lingkungan Sekolah Yang Harus Diperhatikan Kebersihannya


Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Yang terhormat Kepala Sekolah beserta wakil

Yang terhormat Bapak/Ibu Dewan Guru berserta staff dan karyawan sekolah

Serta  teman-teman sekalian yang saya sayangi

Pertama-tama marilah kita menghaturkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan rahmat-Nya di hari yang cerah ini telah memberikan kita kesehatan sehingga kita semua dapat kembali berkesempatan untuk berkumpul bersama di tempat ini.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Selama ini kita seringkali sudah cukup baik dalam hal menjaga kebersihan diri serta lingkungan, namun bukan berarti apa yang kita lakukan itu sudah maksimal sebab kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia itu sangat besar dampaknya. Meskipun demikian, jangan pernah berkecil hati, sebab segala sesuatu yang dilakukan secara terus menerus berulang kali dalam jangka waktu yang lama itu pasti akan bermanfaat. Oleh sebab itu, jangan pernah lelah untuk menjaga kebersihan.
Biasanya kita tak menyadari bahwa tindakan-tindakan kecil dapat berdampak terhadap lingkungan, baik itu dampak positif atau dampak negatif. Seringkali kita tidak menyadari saat membuang sampah kecil misalnya seperti bungkus permen atau tisu secara sembarangan, banyak dari kita yang merasa bahwa tindakan seperti itu sepele apalagi jika banyak orang di sekitar kita juga melakukan tindakan yang sama. Namun sebenarnya, tetap saja, apa yang kita lakukan itu salah dan bisa berdampak negatif pada lingkungan, mungkin dampaknya tidak akan terasa saat itu juga, namun selama beberapa tahun kedepan. Padahal jika kita memiliki sikap disiplin yang sudah terpupuk sejak usia dini, maka keinginan untuk membuang sampah sekecil apapun secara sembarangan itu tidak akan terjadi.

Disiplin dari diri sendiri untuk selalu menjaga kebersihan jika dilakukan sejak usia dini juga akan terbawa hingga usia sekolah bahkan dewasa. Seperti yang kita ketahui, sekolah sebagai tempat menimba ilmu harus didukung dengan suasana lingkungan yang nyaman, salah satu faktor yang dapat membuat sebuah tempat menjadi nyaman adalah faktor kebersihan. Oleh sebab itu, agar lingkungan selalu terasa nyaman, sebagai bagian dari warga sekolah, hendaknya semua murid berperan dalam menjaga kebersihan sekolah.

Lalu seperti apa peran konkret yang harus dilakukan siswa/siswi untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah? Contoh paling mudah adalah melaksanakan piket kelas dengan hati yang ikhlas, seperti kita ketahui bersama, bahwa setiap kelas di sekolah ini masing-masing sudah memiliki jadwal piket. Sudah seharusnya setiap siswa yang memiliki jadwal piket datang lebih awal sehingga pada saat pelajaran dimulai, kelas sudah terlihat bersih sempurna, dan proses belajar mengajar akan terasa lebih nyaman.

Untuk membuat lingkungan sekolah menjadi nyaman juga tidak terbatas hanya pada faktor kebersihan saja, melainkan sebaiknya siswa/siswi juga perlu untuk memperhatikan kelangsungan hidup dari berbagai jenis tanaman yang ada di lingkungan sekolah. Jika lingkungan sekolah terlihat asri, tentu akan semakin meningkatkan kenyamanan proses belajar mengajar, maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita menyempatkan waktu untuk sekedar menyirami tanaman yang ada di lingkungan sekolah. Satu hal penting yang harus selalu diingat adalah kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah bukan hanya tanggung jawab dari petugas kebersihan sekolah saja, melainkan semua warga sekolah harus saling bekerja sama agar tercipta lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman. Demikian pidato yang bisa saya sampaikan, akhir kata semoga apa yang telah saya ungkapkan tadi bukan hanya dianggap sebagai himbauan semata melainkan dapat direalisasikan secara nyata bersama seluruh warga sekolah. Sebelum saya tutup pidato ini, jika ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf dan terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Itulah beberapa contoh pidato tentang lingkungan yang dapat dijadikan inspirasi ketika Anda ingin menyrusun naskah pidato yang berkaitan dengan tema lingkungan hidup. Satu hal paling penting pada saat menyampaikan pidato tentang lingkungan hidup itu adalah penekanan terhadap tindakan sehingga pidato yang Anda sampaikan tidak hanya terlihat sebagai teori semata, namun juga terlihat ada contoh tindakan yang nyata.


Fransisca
contohpro.com

Lanjut ke bagian 2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel