Kumpulan Contoh Biografi Lengkap Dengan Cara Membuatnya

Contoh Biografi  - Jika Anda gemar membaca buku khususnya novel, maka biasanya di bagian belakang buku ada tulisan singkat yang menjelaskan seputar kehidupan penulis novel tersebut, tulisan singkat seperti itu dikenal dengan istilah biografi. Biografi dapat ditulis secara singkat atau dapat pula ditulis dalam bentuk tulisan panjang bahkan menjadi sebuah buku. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan biografi? Apa yang menjadi tujuan dibuatnya biografi? Seperti apa saja ciri-ciri dari biografi? Dan seperti apa contoh biografi serta bagaimana cara membuatnya? Semua pertanyaan tersebut akan dijawab satu per satu secara tuntas dalam ulasan singkat mengenai biografi  berikut ini.

Pengertian Biografi

Biografi

Pada dasarnya, biografi merupakan sebuah tulisan yang menjelaskan tentang riwayat hidup seseorang, kelompok atau organisasi. Riwayat hidup yang ditulis dalam sebuah biografi merupakan kisah seseorang selama menjalani hidupnya, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa, mulai dari sisi positif atau kelebihannya hingga sisi negatif atau kekurangannya, mulai dari beragam hal menyenangkan selama hidupnya dan juga beragam permasalahan yang pernah menimpanya selama hidup dan lain sebagainya. Oleh sebab itu tujuan dari biografi adalah untuk memberikan informasi kepada orang banyak khususnya kepada generasi berikutnya mengenai kisah hidup seseorang lengkap dengan segala perjuangan hidupnya hingga menjadi orang yang berhasil sehingga diharapkan dapat memberikan inspirasi dan teladan untuk banyak orang. Jika biografi tersebut mengenai kelompok  atau organisasi maka yang akan ditulis adalah profil dari kelompok atau organisasi tersebut dan bagaimana upaya dan proses terbentuk atau berdirinya kelompok atau organisasi tersebut.

Ciri-Ciri Biografi

isi biografi
kobo.com

1. Sebuah biografi memiliki struktur yang terdiri dari 3 bagian yaitu, orientasi, peristiwa atau masalah, reorientasi

  • Orientasi: gambaran secara singkat mengenai kehidupan masa kecil hingga pencapaian puncak karier yang dialami oleh tokoh dalam biografi (latar belakang tokoh dalam biografi)
  • Urutan peristiwa: berbagai peristiwa menarik (peristiwa menyenangkan dan menyedihkan) yang dialami oleh tokoh dalam biografi untuk dapat menggapai tujuan hidupnya
  • Reorientasi: bagian penutup dalam biografi yang pada dasarnya berisi pandangan penulis terhadap tokoh dalam biografi yang ditulisnya. Bagian reorientasi ini sifatnya opsional jadi bagian ini boleh ada boleh juga tidak

2. Informasi dalam biografi adalah informasi yang faktual atau nyata dan fakta

3. Informasi dalam biografi disajikan dalam bentuk narasi, dapat menggunakan bahasa yang formal atau non formal

4. Informasi dalam biografi sebisa mungkin dapat memotivasi pembaca untuk dapat meneladani kehidupan yang menjadi sosok atau tokoh dalam biografi tersebut

Unsur-Unsur Biografi

contoh biografi tokoh
adazing.com

1. Identitas tokoh
Latar belakang tokoh dalam biografi tersebut meliputi, nama, tanggal lahir, profesi dan bila perlu diceritakan pula informasi mengenai keluarga dari tokoh dalam biografi tersebut

2. Pengalaman hidup tokoh
Beragam kegiatan atau peristiwa yang pernah dialami tokoh dalam biografi tersebut sepanjang hidupnya

3. Pandangan hidup tokoh
Beragam pendapat dari tokoh dalam biografi tersebut atas berbagai masalah

4. Kebiasaan positif tokoh
Beragam kebiasaan positif yang dilakukan oleh tokoh biografi tersebut sehingga dapat membuat hidupnya menjadi sukses dan dapat dijadikan sebagai contoh teladan bagi pembaca biografi tersebut.

Langkah-Langkah Mudah Cara Membuat Biografi

Cara Membuat Biografi
fiverr.com


  1. Mengumpulkan data khususnya mengenai berbagai fakta dari tokoh yang akan Anda tulis dalam biografi
  2. Tampilkan berbagai data yang telah Anda kumpulkan tersebut secara objektif, tanpa ada fakta yang ditambahi ataupun dikurangi
  3. Dalam menulis biografi gunakan sudut pandang orang ketiga
  4. Perhatikan struktur kalimat dan beragam aspek tata bahasa lainnya, misalnya seperti gaya bahasa,pemilihan kata, penggunaan tanda baca dan lain sebagainya. Selain itu, biografi sebaiknya ditulis menggunakan kalimat yang efektif sehingga pembaca lebih mudah memahaminya
  5. Tentukan tujuan dalam penulisan biografi, apakah biografi yang Anda tulis untuk dijadikan sebagai inspirasi bagi pembaca, atau sebagai media agar pembaca lebih mengenal sosok dari tokoh dari biografi yang Anda tulis


Contoh Biografi Singkat Mengenai Teman 

Temanku sejak kecil ini memiliki nama yang sangat unik, Dian Noviandi, sekilas namanya memang terdengar seperti nama perempuan, sehingga orang-orang yang baru mengenalnya biasanya akan salah mengira bahwa pemilik nama tersebut adalah seorang anak perempuan, padahal sebenarnya dia adalah anak laki-laki yang sangat aktif dan atletis. Dian lahir di Surabaya, 12 November 1989 dan dibesarkan dalam sebuah keluarga yang memang sangat memperhatikan pendidikan.
Semasa kecil, Dian sering menghabiskan waktu luangnya untuk berolahraga khususnya bermain basket, kebiasaan itu bahkan dilakukannya hingga SMA, bahkan karena cukup serius menekuni hobby basketnya itu, ia seringkali tidak bisa masuk sekolah karena mengikuti beragam kejuaraan basket baik itu tingkat daerah ataupun tingkat nasional. Meskipun begitu, Dian termasuk siswa yang sangat pintar dan rajin, jadi walaupun jarang masuk sekolah, dia berusaha keras mengejar ketertinggalannya itu dengan rajin belajar sehingga nilai yang didapatkannya selalu memuaskan, bahkan ia selalu peringkat pertama setiap semester. Maka tidak mengherankan saat lulus SMA pun nilai-nilainya sangat tinggi.

Walaupun prestasi akademisnya berjalan seimbang dengan prestasi non akademisnya di bidang basket, selepas SMA, Dian memutuskan untuk fokus mengejar cita-citanya untuk menjadi seorang diplomat, oleh sebab itu, ketika ia berhasil mendapatkan beasiswa untuk kuliah ke luar negeri, tepatnya ke Amerika Serikat, peluang itu tidak disia-siakan. Semenjak berkuliah di Amerika Serikat, Dian seringkali mengabarkan bahwa disana ia juga masih melanjutkan hobbynya bermain basket dengan masuk ke klub basket universitas tempatnya menimba ilmu. Kini, Dian sudah menjadi seorang diplomat ulung yang ditugaskan di berbagai negara, untuk saat ini, ia sedang bertugas di Austria.

Contoh Biografi Atlet

Salah satu jenis olahraga favorit masyarakat Indonesia adalah bulu tangkis, bukan hanya karena olahraga tersebut mudah untuk dimainkan, namun juga karena olahraga yang juga dikenal dengan nama badminton itu berhasil menorehkan berbagai prestasi tingkat internasional. Diantara sekian banyak atlet bulu tangkis Indonesia, ada satu atlet yang kini sering menjadi buah bibir di masyarakat, dia adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo. Atlet bulu tangkis ganda putera yang lahir pada tanggal 2 Agustus 1995 di Banyuwangi, Jawa Timur itu kehebatannya di lapangan memang sungguh tidak perlu diragukan lagi.

Terlahir dari keluarga yang mencintai bulu tangkis, semasa kecil Kevin sering diajak oleh ayahnya untuk bermain bulu tangkis di lapangan belakang rumahnya. Mulai dari situ, Kevin kecil tertarik untuk lebih menekuni olahraga itu, sehingga pada tahun 2006, saat usianya masih 11 tahun, Kevin memutuskan untuk mengikuti audisi umum PB Djarum, namun sayangnya, ia masih belum berhasil lolos menjadi salah satu atlet klub Djarum. Meskipun demikian, Kevin pantang menyerah, ia malah semakin rajin berlatih, latihan yang sebelumnya hanya 4 kali seminggu, menjadi setiap hari latihan, dan kerja kerasnya itu tidak sia-sia sebab setahun kemudian, pada tahun 2007, akhirnya Kevin lolos audisi umum dan resmi menjadi atlet Djarum yang merupakan salah satu klub bulu tangkis ternama di Indonesia.

Setelah bergabung bersama PB Djarum, bukan berarti karier Kevin langsung bersinar, dia harus merasakan kekalahan demi kekalahan, namun dengan daya juangnya yang tinggi akhirnya dia dapat menunjukkan performa yang menjanjikan dan kemudian dia pun dipilih untuk menjadi atlet Pelatnas Cipayung. Pada awalnya, Kevin bermain sektor tunggal putera, namun setelah menjalani sejumlah latihan, pelatih tampaknya melihat potensi lebih dalam diri Kevin di sektor ganda, oleh sebab itu ia mulai dimainkan sebagai atlet ganda putera dan ganda campuran. Meskipun awalnya merasa kurang nyaman bermain di sektor ganda, namun lambat laun, ia pun merasa nyaman dan berbagai gelar juara mulai dari tingkat junior hingga senior berhasil ia dapatkan.

Puncaknya, ketika ia dipasangkan dengan Marcus Fernaldi Gideon pada tahun 2015, mulai dari situ, gelar juara demi juara seakan rutin mereka dapatkan, diantaranya seperti juara All England, China Open, Indonesia Open, dan lain sebagainya, bahkan baru-baru ini Kevin/Marcus berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia pada ajang Asian Games 2018. Tentu saja, perjalanan karier Kevin masih cukup panjang, mengingat usianya yang masih muda, sehingga berbagai prestasi pun masih akan terus berusaha untuk dia raih, salah satu prestasi yang masih menjadi impiannya adalah meraih medali emas Olimpiade 2020.

Contoh Biografi Artis

Muda, tampan, populer mungkin itu tiga kata yang paling tepat untuk mendeskripsikan sosok Shawn Mendes, seorang musisi muda yang saat ini menjadi idola banyak orang khususnya remaja putri. Lahir di Toronto, Kanada pada tanggal 8 Agustus 1998, Shawn Peter Raul Mendes merupakan anak pertama dari pasangan Manuel Mendes dan Karen Rayment.

Awal karier Shawn Mendes dimulai pada tahun 2012, saat ia mulai belajar bermain gitar dengan bantuan video tutorial bermain gitar di Youtube. Kurang dari setahun kemudian, dia mulai mengunggah video cover lagu di Youtube, namun saat itu videonya masih belum terlalu menarik perhatian banyak orang. Video cover lagunya baru berhasil menarik perhatian banyak orang setelah ia mengunggahnya di Vine, salah satu situs media sosial yang populer di tahun 2013, meskipun hanya berdurasi 6 detik namun video cover lagu milik Justin Bieber “As Long As You Love Me” yang dinyanyikannya berhasil membuat puluhan ribu orang menyukai video itu, dan jumlah pengikut Mendes di media sosial pun seketika bertambah banyak, hingga pada Agustus 2013, ia berhasil mencatatkan diri sebagai musisi ketiga dengan jumlah pengikut paling banyak di Vine.

Selanjutnya, pada November 2013, Andrew Gertler yang merupakan seorang manajer artis, tertarik untuk menjadikan Mendes sebagai seorang musisi yang menghasilkan album, dan pada Januari 2014, Gertler membawa Mendes ke Island Records, sebuah label rekaman di bawah naungan David Massey. Setelah itu, mulailah perjalanan karier Mendes menjadi seorang musisi sekaligus idola yang tentunya bukan hanya menghibur namun juga menginspirasi banyak orang.

Perjalanan karier Mendes di industri musik dunia, dimulai ketika single atau lagu pertamanya dirilis pada 26 Juni 2014. Lagu berjudul “Life of The Party” itu berhasil membuat Shawn Mendes menjadi penyanyi termuda yang lagunya masuk ke 25 besar Billboard Hot 100. Selang beberapa bulan kemudian, tepatnya pada 14 April 2015 album pertama Mendes dirilis, album bertajuk “Handwritten” itu berhasil bertengger di puncak Billboard 200, sekaligus menjadikan Mendes sebagai penyanyi termuda yang albumnya berada di peringkat 1 Billboard 200 setelah Justin Bieber. Selain itu, lagu Mendes yang berjudul “Stitches” sukses besar dan bertengger di posisi 4 Billboard Hot 100 dan sekaligus menjadikan lagu tersebut sebagai lagu pertamanya yang berhasil masuk ke 10 besar tangga lagu paling bergengsi di dunia itu.

Kesuksesan “Stitches” membuat karier Mendes semakin terang benderang, selain sukses di tangga lagu Billboard, Mendes juga dipercaya untuk menjadi penyanyi pembuka konser Taylor Swift “1989 World Tour”. Selain “Stitches” cukup banyak lagu Mendes yang sukses dan menduduki posisi bagus di Billboard Hot 100, diantaranya seperti “Treat You Better” yang bertengger di posisi 10, “Mercy” yang berhasil masuk ke deretan 20 besar, dan juga “There’s Nothing Holding Me Back” berhasil masuk ke deretan 10 besar Billboard Hot 100.

Tak berhenti sampai disana, selang setahun setelah merilis album pertamanya, tepatnya pada 21 Januari 2016, Mendes kembali merilis album keduanya yang bertajuk “Illuminate”. Di tahun itu juga, tepatnya mulai bulan Maret 2016, ia menggelar konser ke 38 kota yang ada di Amerika Utara dan Eropa.  Setahun kemudian, pada April 2017 Shawn Mendes kembali menggelar konser di berbagai kota di dunia, kali ini rangkaian konser bertajuk “Illuminate World Tour” itu bukan hanya menghampiri Amerika Utara dan Eropa saja, namun hingga ke Australia dan beberapa negara di Asia.

Pada tahun 2018, tepatnya pada tanggal 25 Mei 2018, Shawn Mendes kembali merilis albumnya yang ketiga. Sama seperti 2 album sebelumnya, album bertajuk “Shawn Mendes The Album” itu berhasil pula menduduki posisi puncak Billboard 200, sedangkan lagu utamanya yang berjudul “In My Blood” juga cukup sukses di pasaran. Berkat album itu Mendes juga berhasil mendapatkan 2 nominasi Grammy Award, kategori Song of The Year untuk lagu “In My Blood” dan kategori Best Pop Vocal Album untuk “Shawn Mendes The Album”.

Untuk mempromosikan album terbarunya itu, sepanjang tahun 2018, ia berkeliling untuk tampil di berbagai festival musik yang ada di Amerika Utara, Eropa, Amerika Selatan dan juga Asia. Selain itu, di tahun yang sama, Mendes juga menjadi bintang utama dalam video dokumenter buatan Casey Neistat, dalam film pendek itu, diceritakan kegiatan Mendes beberapa hari sebelum perilisan album ketiganya. Kegemilangan karier di usia yang masih sangat muda biasanya akan membuat karakter seseorang berubah menjadi angkuh dan lupa daratan, namun hal seperti itu tampaknya tak berlaku untuk Shawn Mendes, yang hingga kini masih terlihat sangat rendah hati.

Sifatnya yang rendah hati itu ditunjukkannya melalui sikap yang selalu terlihat menyenangkan saat bertemu dengan penggemarnya, bahkan setiap kali ia bertemu dengan penggemar, ia sangat sabar meladeni keinginan penggemarnya untuk berfoto bersama. Selain kerendahan hatinya, sikap Mendes lainnya yang layak untuk diteladani adalah sikap pekerja kerasnya. Sejak kariernya menanjak di awal 2015 hingga sekarang ia tampaknya belum tertarik untuk beristirahat, apalagi mulai tahun depan, Mendes sudah merencanakan untuk menggelar rangkaian konser keliling dunia yang diberi nama “Shawn Mendes The Tour”, dalam rangkaian konser tersebut, Mendes juga akan menggelar konser di kampung halamannya, Toronto, Kanada, hebatnya lagi, konser di Kanada itu akan digelar di sebuah stadion yang berkapasitas hingga 55.000 penonton.

Fransisca
Contohpro.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel