5 Contoh Teks Deskripsi beserta strukturnya tentang Hewan, Alam, Wisata Pantai, Benda, Sekolah, Hewan Kucing

ContohPro.com - Teks deskripsi merupakan sebuah jenis teks yang menjelaskan objek, tempat, atau peristiwa tertentu menggunakan serangkaian kata yang disusun sedemikian rupa sehingga orang yang membaca teks tersebut seakan-akan menyaksikan atau merasakan secara langsung objek, tempat atau peristiwa yang dijelaskan dalam teks deskripsi itu.
Contoh Teks Deskripsi beserta strukturnya tentang Hewan, Alam, Wisata Pantai, Benda, Sekolah, Hewan Kucing
Contoh Teks Deskripsi 

Seperti yang kita ketahui, jenis teks dalam bahasa Indonesia itu sangat beragam jenisnya, maka dari itu agar dapat membedakan antara jenis teks yang satu dengan yang lainnya, setiap teks memiliki ciri khas masing-masing, termasuk teks dekripsi ini. Setidaknya ada 4 ciri utama dari sebuah teks deskripsi, yaitu:

  • Teks deskripsi menggambarkan sesuatu
  • Teks deskripsi mengandung penjelasan terhadap objek, tempat atau peristiwa secara terperinci dan juga penjelasan tersebut melibatkan kesan yang dapat diterima oleh panca indera manusia
  • Ciri-ciri fisik objek misal seperti bentuk, warna, ukuran dan lain sebagainya dalam teks deskripsi akan dijelaskan secara terperinci
  • Teks deskripsi mampu membuat pembaca seolah-olah dapat merasakan langsung apa yang sedang diceritakan atau dibahas dalam teks tersebut


Sementara itu, sama seperti jenis teks lainnya, untuk mempermudah dalam pembuatan teks deskripsi yang teratur dan runtun, Anda juga perlu untuk mengetahui seperti apa struktur dari sebuah teks deskripsi, yaitu seperti berikut ini:
Identifikasi
Pada struktur identifikasi ini, penulis harus mampu memberikan pemaparan yang jelas terhadap suatu objek. Proses identifikasi ini diharapkan dapat memberikan informasi secara umum pada objek yang akan diceritakan dalam teks deskripsi tersebut.

Klasifikasi
Pada struktur klasifikasi ini, penulis harus mampu menyusun bahasan terhadap suatu objek berdasarkan sistem dalam sebuah kelompok serta sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dalam tahapan struktur klasifikasi ini diharapkan penulis lebih mudah untuk mengarahkan objek dalam teks deskripsi sehingga teks tersebut dapat terlihat lebih rinci.

Deskripsi Bagian
Pada struktur deskripsi ini, penulis harus mampu memberikan gambaran-gambaran bagian yang terdapat dalam teks yang ditulisnya
Teks deskripsi ini sendiri juga masih dapat dikembangkan menjadi beberapa jenis, tepatnya 3 jenis teks deskripsi, yang terdiri dari:

Teks Deskripsi Subjektif
Jenis teks deskripsi yang seperti ini merupakan teks yang mendeskripsikan suatu objek berdasarkan sudut pandang atau kesan yang didapatkan oleh penulis terhadap objek tersebut, sehingga teks deskripsi yang seperti ini merupakan teks berdasarkan subjektifitas penulis.

Teks Deskripsi Spatial
Jenis teks deskripsi yang seperti ini merupakan teks yang mengarah pada deskripsi ruang dari suatu objek. Meskipun demikian, jenis teks deskripsi spatial ini tidak hanya fokus pada ruang gerak dan tempat saja, tetapi juga pada ruang waktu dari objek yang akan digambarkan dalam teks tersebut.

Teks Deskripsi Objektif
Sesuai namanya, tentu saja definisi jenis teks deskripsi objektif ini kebalikan dari teks deskripsi subjektif. Pada jenis teks deskripsi objektif, penulis mendeskripsikan suatu objek dalam keadaan yang apa adanya sesuai dengan faktanya tanpa ada penambahan opini yang berasal dari penulis.
Setelah mengetahui serba-serbi mengenai teks deskripsi, kini saatnya Anda perlu untuk mengetahui langkah-langkah terbaik agar dapat semakin memudahkan penulisan sebuah teks yang termasuk ke dalam jenis teks deskripsi:

  1. Langkah pertama adalah dengan menentukan tema atau objek yang akan dibahas dalam teks tersebut
  2. Selanjutnya tentukan tujuan dari teks deskripsi yang akan ditulis
  3. Langkah ketiga adalah mengumpulkan berbagai data terkait objek yang dibahas serta bila perlu melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang akan dibahas
  4. Kemudian, susun berbagai data yang didapat tersebut ke dalam sebuah kerangka karangan
  5. Baru setelah itu, uraikan kerangka karangan menjadi sebuah teks deskripsi

Nah, berikut ini juga akan diberikan beberapa contoh teks deskripsi dengan berbagai tema, yang diharapkan dapat membuat Anda lebih mudah saat akan membuat sebuah teks deskripsi.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

SMA Negeri 4 Surabaya merupakan salah satu sekolah terbaik yang ada di kota Surabaya, Jawa Timur. Oleh sebab itu tak mengherankan jika pada tahun ajaran baru, banyak calon siswa siswi baru yang tertarik untuk mendaftar di SMA ini. Reputasi bagus yang dimiliki oleh SMA Negeri 4 dapat terlihat dari jumlah lulusan berkualitas yang dihasilkan oleh sekolah ini. Apalagi jika dilihat dari indeks input dan output prestasi yang didapatkan oleh SMA Negeri 4, maka kualitas dari sekolah ini semakin terlihat mentereng.

Bukan hanya termasuk sebagai sekolah berprestasi namun SMA ini juga berada di lokasi strategis serta fasilitas yang tersedia di sekolah ini juga tidak perlu diragukan lagi. SMA Negeri 4 ini terletak di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.4, Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, SMA Negeri 4 Surabaya ini letaknya sangat strategis, sehingga akses ke sekolah ini sangatlah mudah.  Walaupun bukan berada di pusat kota namun sekolah ini masih berada di lingkungan yang cukup ramai, sebab lokasinya terbilang dekat dengan kampus, tepatnya Universitas Airlangga dan Rumah Sakit Dr. Soetomo. Meskipun lokasi belajar terkesan rentan dengan kebisingan kendaraan yang berlalu lalang di depan sekolah, namun hal tersebut tidak terlalu mempengaruhi suasana belajar mengajar di sekolah tersebut.

Selain ruangan kelas untuk proses belajar mengajar, tentunya SMA Negeri 4 Surabaya ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang. Fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah ini meliputi, aula, perpustakaan, kantin, ruang ibadah (mushola), ruang multimedia, laboratorium (fisika, kimia, biologi, komputer, bahasa), koperasi siswa, UKS, taman, lapangan basket dan tentunya Wi-Fi hotspot. Sementara itu, sama seperti sekolah pada umumnya, SMA Negeri 4 Surabaya ini juga menawarkan beragam jenis ekstrakurikuler yang dapat dipilih oleh siswa, beberapa jenis ekstrakurikuler sekolah ini diantaranya seperti cheerleader, paskibra, pencak silat, basket, paduan suara, palang merah remaja (PMR) dan lain sebagainya. Tersedianya berbagai pilihan ekstrakurikuler tersebut diharapkan dapat membuat siswa tidak hanya berprestasi di bidang akademis saja namun juga pada beragam bidang non akademis.

Contoh Deskripsi Tentang Hewan Kucing

Snowy adalah nama kucingku, meskipun namanya mengandung unsur budaya barat, tapi sebenarnya snowy adalah seekor kucing kampung yang tak sengaja aku temukan di dekat selokan saat aku pulang sekolah. Snowy memiliki bulu putih tanpa ada kombinasi warna apapun, oleh sebab itu aku memberi nama Snowy yang jika diartikan adalah “salju”. Saat aku temukan, Snowy dalam keadaan kedinginan, seluruh bulunya basah, sebab ketika itu memang daerah sekitar rumahku sedang diguyur hujan cukup deras. Tentu saja, ketika melihat ada seekor kucing liar yang tampak kelaparan dan kedinginan akun menjadi tidak tega jika membiarkannya tetap berada di jalanan seperti itu. Maka dari itu, pada akhirnya aku memutuskan untuk membawa Snowy pulang ke rumahku.

Setelah beberapa hari Snowy tinggal di rumahku dan aku coba untuk merawatnya sebaik mungkin, kini Snowy berubah menjadi seekor kucing yang tangkas dan periang. Tubuhnya pun tidak sekurus waktu pertama kali aku menemukannya di dekat selokan, Snowy sekarang semakin terlihat lucu dan sehat. Snowy sangat senang jika diajak bermain dan jalan-jalan, bahkan setiap hari Snowy memiliki kebiasaan untuk keluar rumah di pagi hari kemudian kucing lucu berbulu putih bersih itu akan kembali ke rumah saat matahari mulai terbenam. Meskipun demikian, Snowu seakan tahu, jam pulang sekolahku, sebab setiap aku pulang sekolah, Snowy sudah menungguku di depan pintu rumah, dia meminta makan dan setelah itu pergi lagi keluar rumah untuk bermain.

Snowy memang adalah seekor kucing yang sangat menggemaskan. Tingkah lucunya itu selalu berhasil membuatku merasa terhibur setiap harinya. Aku benar-benar tidak menyesal saat memutuskan untuk mengambil dan merawatnya, bahkan kini Snowy adalah kucing kesayanganku. Jika aku sedang bersedih, Snowy seakan tahu, sehingga dia berusaha untuk bertingkah lucu dan kemudian kesedihanku pun akhirnya hilang dan berganti dengan kegembiraan saat menyaksikan tingkah Snowy yang lucu dan menggemaskan. Aku berjanji akan selalu merawat Snowy dengan baik, sehingga dia akan selalu menjadi temanku yang paling setia.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda

Jelang tahun baru, teman-teman di kantor sepakat untuk mengadakan pesta kecil-kecilan dan salah satu acara pendukungnya adalah tukar kado. Kami sepakat untuk masing-masing mempersiapkan hadiah yang senilai uang Rp. 300.000 saja. Selain itu, kami juga sepakat bahwa setiap barang akan dibungku dengan kertas kado, sehingga hadiah tersebut tidak nampak dari luar.

Beberapa hari kemudian, pesta tahun baru itu pun dimulai dan acara tukar kado juga terlaksana sesuai dengan rencana. Aku mendapatkan sebuah hadiah yang dibungkus dengan kertas kado warna merah jambu dengan pita cantik sebagai pengikatnya. Melihat kado tersebut, sepertinya aku dapat menebak, bahwa yang mempersiapkan kado ini adalah salah satu rekan kerja wanitaku. Selanjutnya, setelah semuanya mendapatkan kado, masing-masing dari kami pun akhirnya membuka kertas kado pembungkus hadiah yang dibagikan secara acak itu. Tentu saja, perasaan senang sekaligus penasaran menyelimuti kami semua yang ada di acara itu.

Saat aku membuka kertas kado pembungkus hadiah yang aku dapatkan, aku baru mengetahui, bahwa hadiahku adalah sebuah buku catatan tulis berukuran sedang. Buku catatan itu bersampul kulit berwarna cokelat dengan corak batik yang selain terlihat bagus juga terlihat sangat elegan. Dalam hati aku berkata bahwa sepertinya orang yang memberikan hadiah ini merupakan seseorang yang memang memiliki selera yang tinggi terhadap suatu benda.

Sembari memperhatikan benda yang ada di tanganku itu dengan seksama, aku juga tak lupa memperhatikan reaksi rekan-rekan kerjaku saat mengetahui hadiah apa yang mereka terima. Tampaknya mereka sedang asyik menikmati beragam hadiah yang mereka dapatkan secara acak itu. Beberapa diantara mereka ada yang terlihat sangat senang sebab sepertiku mereka mendapatkan sebuah barang yang memang mereka sukai, namun ada juga beberapa rekan kerjaku yang tampaknya tidak terlalu bersemangat dengan hadiah yang mereka dapatkan. Aku secara pribadi sebenarnya sangat menikmati acara pesta tahun baru ini, meskipun tidak berkonsep dan dibuat secara sederhana, apalagi aku baru saja mendapatkan hadiah yang memang aku sukai dan butuhkan yaitu buku catatan dengan sampul corak batik berwarna cokelat ini.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Rumah

Hari Minggu kemarin, aku sengaja datang berkunjung ke rumah teman lamaku yang sudah lama tidak bertemu. Berbekal kartu nama yang dilengkapi dengan alamat serta nomor telepon, aku pun bergegas menuju ke tempat tinggalnya. Sesampainya aku di rumah temanku itu, seketika itu juga aku langsung tertegun melihat rumahnya yang walau tidak terlalu besar namun terlihat indah dan nyaman. Rumah temanku itu tipe 45, pagar rumahnya terbuat dari kayu jati dan di sela-sela pagarnya itu menjalar tanaman hias yang menambah keindahan dari rumah itu.

Saat memasuki pekarangan rumahnya, aku kembali terpesona, sebab melihat harmonisasi antara taman kecil dan kolam ikan hias yang dilengkapi dengan air mancur sehingga terus mengeluarkan suara gemericik air. Bukan hanya itu saja, tapi tersedia pula 2 bangku kayu berdesain unik serta meja bundar dengan desain minimalis. Setelah puas memperhatikan suasana pekarangan rumah, kemudian mataku berpindah memperhatikan desain rumah yang terbilang mungil namun tetap tampak elegan dan memanjakan mata ini. Dindingnya diberi sentuhan warna biru laut yang dikombinasikan dengan warna cokelat tua untuk pintu utamanya. Sementara itu, jendela rumahnya pun terlihat cantik dengan teralis besi yang berdesain melingkar-lingkar membentuk deretan bunga.

Saat aku masih menikmati keindahan pekarangan dan teras rumah temanku itu, tak terasa bahwa temanku sudah beberapa kali mempersilahkanku untuk masuk ke dalam rumahnya. Saat memasuki ruang tamu rumah temanku itu, tentunya aku kembali tertegun, kali ini disebabkan karena desain interior ruangan tersebut yang sangat memukau. Masih berkonsep minimalis, ruang tamu rumah temanku itu dilengkapi dengan bangku kayu jati yang dipenuhi dengan ukiran khas Jawa. Bangku berwarna cokelat tua itu juga dilengkapi dengan selipan busa sehingga nyaman untuk dijadikan sebagai tempat duduk. Sama seperti bagian luarnya, dinding ruang tamu rumah temanku ini juga berwarna biru laut dan dihiasi berbagai foto-foto keluarga. Bersama teman lamaku itu akhirnya aku banyak berbincang mengenai kesibukan kami masing-masing, ditemani dengan pisang goreng hangat dan secangkir teh manis membuatku tak menyadari bahwa hari sudah sore dan aku pun harus segera pulang.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Wisata Pantai

Sulawesi Tenggara, khususnya Pulau Buton tepatnya di kota Bau-Bau ternyata menyimpan keindahan alam yang luar biasa yaitu pantai yang dikenal dengan sebutan Pantai Nirwana. Objek wisata bahari yang satu ini terletak di bibir pantai bagian barat kota Bau-Bau, tepatnya berada di kelurahan Sula, kecamatan Betoambari, Bau-Bau. Selain menyajikan panorama alam yang indah, tempat wisata ini juga dapat dimanfaatkan untuk tempat olah raga menyelam serta terapi penyembuhan beberapa jenis penyakit.

Kebanyakan wisatawan asing yang datang ke pantai Nirwana ini akan menyempatkan waktu untuk menyelam sekaligus melakukan pemotretan bawah laut. Hal tersebut disebabkan karena menurut mereka pemandangan bawah laut di pantai ini sangatlah indah sebab terdapat beragam terumbu karang. Sementara itu, untuk masyarakat sekitar atau wisatawan domestik kebanyakan dari mereka selain menikmati cantiknya panorama alam yang disajikan oleh pantai ini juga memanfaatkannya untuk kegiatan terapi pengobatan asma dan berbagai gangguan saluran pernafasan. Cara terapinya dengan berendam dalam kesegaran air laut pantai Nirwana ini, masyarakat yang melakukan terapi di tempat ini mengatakan bahwa mereka sudah merasakan sendiri khasiatnya.

Bukan hanya itu saja, selain pemandangan pantai serta indahnya terumbu karang bawah laut di tempat ini, ada juga potensi wisata lainnya, yaitu sebuah goa yang dilengkapi dengan pemandian air payau yang panjangnya sekitar 50 meter. Goa yang dekat dengan lokasi pantai Nirwana itu diberi nama Goa Moko oleh warga sekitar. Pada zaman dulu, konon kabarnya, mata air yang ada di goa ini dijadikan sebagai sumber mata air untuk kebutuhan sehari-hari warga sekitar, sebab mata air yang ada goa tersebut tidak pernah kering. Jika ingin mendatangi goa Moko ini, Anda hanya perlu berjalan menyusuri pantai ke arah Selatan, jika ditempuh dengan berjalan kaki, maka hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit. Keindahan wisata pantai sekaligus goa unik yang memiliki sumber air yang tak pernah kering ini dapat dijadikan sebagai tempat wisata alternatif yang layak untuk dikunjungi.

Fransisca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel