99 Contoh Pidato Hari Pahlawan, Guru, Kartini, Pendidikan Nasional, Hari Ibu dll Lengkap

Tips Menyusun Teks Pidato Yang Menarik 
Pidato merupakan sebuah kegiatan menyampaikan gagasan yang dilakukan oleh seseorang di depan umum. Oleh sebab itu, hampir di setiap acara yang mana banyak orang berkumpul, pasti ada salah satu bagian acara yang berisi pidato biasanya dikenal dengan istilah pidato sambutan. Namun, pernahkah Anda tertarik mendengarkan orang yang sedang berpidato? Kebanyakan orang lebih mudah merasa bosan jika mendengarkan pidato, oleh sebab itu pada saat berpidato Anda harus memastikan bahan pidato Anda itu menarik dan tidak membosankan. Hal tersebut perlu dilakukan agar orang-orang yang mendengarkan pidato Anda dapat mengambil manfaat dari apa yang Anda sampaikan, jika tidak maka pidato yang Anda sampaikan tersebut hanya akan membuat mereka menjadi jenuh.  Lalu Bagaimana cara agar dapat membuat teks pidato yang menarik? Berikut ini ada beberapa tips dalam menyusun teks pidato lengkap dengan contohnya, kali ini contoh pidato yang kami ambil adalah contoh pidato hari pendidikan nasional.
Contoh Pidato Hari Pahlawan, Guru, Kartini, Pendidikan Nasional dan Hari Ibu

Tips Menyusun Teks Pidato Yang Menarik Dan Tidak Membosankan



  • Susun materi menggunakan teknik 2W + 1H

Maksud dari 2W + 1 H adalah menyusun sebuah teks pidato yang mengandung pembahasan mengenai “Why”, “What” dan “How”. Cara kerja dalam menyusun teks pidato yang menggunakan teknik ini terbilang cukup sederhana, langkah pertama adalah menggali ide utama seputar “Mengapa” pembahasan tersebut perlu dibahas dalam teks pidato yang akan Anda sampaikan, serta “Apa” saja pembahasan yang perlu dimasukkan dalam teks pidato tersebut, bukan hanya itu saja Anda juga perlu memasukkan aspek “Bagaimana” pidato tersebut bermanfaat untuk orang-orang yang mendengarkannya. Setelah itu coba kembangkan ide tersebut dengan menambahkan penjelasan yang terkait dengan idek pokok pembahasan yang telah Anda tentukan

Ada 2 cara dalam mengembangkan ide, yaitu yang pertama adalah menjelaskan masing-masing ide utama yang akan Anda kembangkan tersebut, sedangkan cara yang kedua adalah menambahkan data, fakta dan kutipan agar penjelasan yang Anda sampaikan melalui pidato tersebut terdengar kuat dan relevan.

  • Menyampaikan pidato dengan meyakinkan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda menyampaikan teks pidato yang telah Anda susun tersebut, diantaranya seperti berikut ini:

1. Pembukaan pidato
Bagian pembuka pidato sebaiknya tidak terlalu lama, Anda hanya perlu mengatakan hal penting yang akan Anda katakan khususnya mengenai agenda apa yang akan Anda sampaikan

2. Sampaikan pidato tepat waktu
Hindari pembacaan teks pidato yang terlalu panjang sehingga memakan banyak waktu. Oleh sebab itu, sebisa mungkin susun teks pidato yang singkat namun padat dan jelas serta tepat pada sasaran inti dari materi yang akan dibahas

3. Sampaikan pidato dengan gesture yang meyakinkan
Agar dapat berbicara secara meyakinkan maka Anda harus tahu mengenai cara bicara yang baik, meliputi variasi serta kejernihan suara. Bukan hanya itu saja, tentunya Anda harus memastikan bahwa setiap pesan yang akan Anda sampaikan tersebut memang kuat.

4. Tutup pidato dengan kesimpulan yang bermakna
Pada saat menyusun teks pidato, pastikan bahwa Anda menutupnya dengan sebuah kesimpulan yang memiliki makna yang cukup dalam sehingga dapat menjadi inspirasi setiap orang yang mendengar pidato tersebut.

Nah, setelah mengetahui beberapa tips dasar dalam menyusun teks pidato yang menarik, maka kini saatnya mencoba untuk mempraktekkan seperti apa contoh sebuah teks pidato yang menarik dan tidak membosankan itu. Kali ini, kami akan memberikan contoh pidato yang berkaitan dengan peringatan hari pendidikan nasional. Jika Anda saat ini juga sedang mencari contoh pidato inspiratif khususnya contoh pidato hari pendidikan nasional, maka Anda berada di tempat yang tepat.

1. Kumpulan Contoh Pidato Hari Pahlawan Yang Mengobarkan Semangat

Contoh Pidato Hari Pahlawan
Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahlawan Indonesia, seperti kita ketahui bersama bahwa negara ini dapat berdiri salah satunya disebabkan karena jasa-jasa dari pahlawan yang bahkan rela gugur di medan perang demi kemerdekaan Republik Indonesia. Maka dari itu, sebagai generasi muda yang tentunya akan meneruskan perjuangan bangsa di era modern seperti saat ini, kita semua harus selalu mampu mengobarkan semangat patriotisme dalam hati. Biasanya setiap hari pahlawan ada beberapa acara khusus untuk memperingati hari tersebut terutama dilakukan di sekolah-sekolah, mulai dari upacara hingga beberapa lomba seperti lomba baca puisi tentang pahlawan dan juga pidato bertema kepahlawanan. Nah, jika saat ini Anda sedang kebingungan mencari inspirasi contoh pidato hari pahlawan, maka berikut ini ada beberapa contoh pidato yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Contoh Pidato Hari Pahlawan Yang Mengajak Generasi Muda Untuk Meneladani Sikap Pahlawan


Assalammualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Yang saya hormati Kepala Sekolah beserta wakil

Yang saya hormati Bapak/Ibu dewan guru beserta staff dan karyawan sekolah

Dan teman-teman sekalian yang saya sayangi

Pertama-tama sebaiknya kita terlebih dahulu memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat dan karunia-Nya yang dilimpahkan kepada kita semua yang ada disini, membuat kita masih bisa diberi kesempatan dalam kondisi sehat walafiat untuk berkumpul di hari yang cerah ini dalam sebuah acara untuk memperingati hari pahlawan.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Seperti kita ketahui bersama bahwa hari pahlawan sejatinya diambil dari sebuah hari dimana terjadinya sebuah peristiwa bersejarah yaitu pertempuran rakyat Indonesia yang berlangsung di Surabaya tepat pada tanggal 10 November 1945. Pertempuran tersebut mengakibatkan jatuhnya banyak korban jiwa demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia, oleh sebab itu dipilihlah tanggal tersebut sebagai simbol perjuangan rakyat khususnya pahlawan-pahlawan Indonesia yang berjuang mempertaruhkan jiwa, raga dan hartanya di medan perang demi merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Oleh sebab itu, sebagai generasi penerus bangsa kita sebaiknya harus selalu berusaha meneladani sosok pahlawan. Ada beberapa hal penting yang sangat perlu diteladani dari sosok pahlawan yaitu diantaranya seperti semangat demi tercapainya cita-cita dan rela berkorban untuk sesama. Berbicara mengenai semangat juang, semangat dari para pahlawan itu memang harus diteladani, sebab bayangkan saja tanpa semangat juang yang sangat tinggi itu, tentunya Indonesia akan sangat sulit untuk merdeka bahkan mungkin saja kemerdekaan bangsa ini tidak tercapai dan hingga sekarang kita masih hidup dibawah penindasan penjajah yang bukan hanya menguasai pemerintahan namun juga mengeruk kekayaan alam Indonesia.

Selain semangat juang yang selalu berkobar, sebagai generasi penerus bangsa kita juga harus meneladani sifat rela berkorban untuk sesama. Memang tampaknya sudah saatnya bagi generasi muda penerus bangsa ini untuk kembali mengenal nilai-nilai kepahlawanan, sehingga diharapkan kita akan dapat menerapkan kembali beberapa sikap pahlawan yang saat ini mulai luntur, salah satunya seperti sikap patriotisme.

Sebelum saya menutup pidato ini, saya berharap mulai dari sekarang kita semua dapat mengubah pola pikir ke arah yang lebih baik sehingga kita semua dapat berjalan selaras untuk meneruskan perjuangan pahlawan dan dapat membuat bangsa ini bersatu. Selain itu, sebagai generasi muda kita harus selalu mendoakan arwah pahlawan agar dapat diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa, Amin. Demikian pidato yang saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya dan jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan mohon dimaafkan.

Wassalamuallaikum Wr. Wb

Contoh Pidato Hari Pahlawan Yang Mengajak Generasi Muda Untuk Mengenang Dan Menghargai Jasa Pahlawan


Assalamualaikum, Wr. Wb

Salam sejahtera bagi kita semua yang berkumpul di tempat ini

Yang saya hormati Kepala Sekolah beserta wakil

Yang saya hormati Bapak/Ibu dewan guru beserta staff dan karyawan sekolah

Serta semua teman-teman dari kelas X hingga XII yang saya sayangi

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi rahmat dan karunia-Nya sehingga kita semua saat ini masih diberi kesempatan untuk menghadiri acara peringatan hari Pahlawan di hari yang cerah ini dan dalam kondisi sehat walafiat.
Disebabkan saat ini kita sedang memperingati hari pahlawan maka sebelum saya menyampaikan pidato mengenai kepahlawanan, marilah kita semua sejenak menundukkan kepala untuk mengenang jasa-jasa dari para pahlawan yang sudah rela berkorban segalanya, jiwa, raga dan tahta demi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Mengheningkan cipta dimulai.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Kita yang hidup di zaman pasca kemerdekaan yang saat ini merasa hidup damai dan tenteram di negara ini tentunya sangat perlu untuk selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan yang sungguh tiada tara jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Hari ini, tepat pada tanggal 10 November 1945, pendahulu kita sedang mencurahkan tenaga dan pikiran untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hari ini, para pahlawan sedang berjuang dengan gigih di medan perang, tenaga, darah, keringat dan tetesan air mata mereka rela keluarkan untuk kembali dapat mengibarkan bendera merah putih sebagai lambang kemerdekaan negara Indonesia. Hari ini pula, ribuan nyawa harus gugur untuk bisa menggantikan masa depan kita sebagai penerus bangsa.

Ketika menyadari bahwa tepat pada hari ini, terjadi sebuah pertempuran dahsyat untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia, apakah kita juga tersadar terhadap apa saja yang telah kita lakukan untuk negara ini?

Nah, oleh sebab itu, jangan pernah melupakan sejarah, kenanglah pertempuran besar yang terjadi di Surabaya itu, pertempuran yang harus dilakukan untuk mempertahankan kebebasan bangsa yang sudah sangat lama direnggut oleh penjajah, kenanglah kegigihan para pahlawan yang rela mengorbankan segalanya demi kemerdekaan Indonesia. Kenanglah keberanian para pahlawan yang walaupun hanya menggunakan perlengkapan perang terbatas dan seadaanya masih sanggup menentang puluhan ribu tentara penjajah bersenjata lengkap, kenanglah ribuan pahlawan yang harus gugur demi terjaganya kemerdekaan dan kebebasan bangsa ini dari belenggu penjajah.

Jasa-jasa pahlawan itu tak akan pernah tergantikan, oleh sebab itu sebagai generasi muda, selain mengenang dan menghargai jasa-jasa mereka, sebaiknya kita juga selalu berusaha meneruskan perjuangan mereka di era modern, tentunya bukan dengan cara memanggul senjata namun dengan berusaha untuk selalu berjuang menyatukan bangsa di tengah segala perbedaan yang dimiliki oleh bangsa ini.

Demikian pidato yang saya sampaikan ini, terima kasih atas perhatiannya, jika sekiranya ada kata-kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

Wasalamualaikum, Wr. Wb.

Contoh Pidato Hari Pahlawan Yang Singkat Dan Mudah Dihafal


Assalamu’alaikum Wr.Wb

Yang terhormat Kepala Sekolah beserta wakil

Yang terhormat Bapak/Ibu dewan guru

Dan teman-teman semua yang saya sayangi

Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkah dan rahmat-Nya kita masih diberi kesempatan dalam kondisi sehat walafiat, berkumpul bersama di tempat ini untuk memperingati hari pahlawan

Teman-teman semua dan hadirin sekalian yang berbahagia,

Seperti yang kita ketahui bersama, pada tanggal 10 November 1945, terjadi sebuah pertempuran dahsyat, rakyat Surabaya melawan tentara Belanda. Pertempuran yang terjadi beberapa bulan setelah Indonesia resmi merdeka itu disebabkan karena Belanda kembali mengibarkan bendera mereka di tanah Indonesia dengan tujuan untuk kembali berkuasa di Indonesia. Melihat tindakan Belanda yang tidak menghargai kemerdekaan Indonesia itu, tentu saja, rakyat Indonesia khususnya yang ada di Surabaya menjadi marah sehingga Bung Tomo bersama dengan rakyat berusaha sekuat tenaga untuk menurunkan dan merobek bendera Belanda yang dikibarkan di depan hotel Yamato tersebut.

Pada tanggal 10 November 1945 itulah tercipta sejarah baru untuk Indonesia, yang mana tentara Belanda dengan perlengkapan senjata menyerang rakyat Indonesia yang ingin menurunkan bendera Belanda. Sementara itu, rakyat Indonesia hanya bermodalkan keyakinan dan semangat juang yang tinggi, hanya mampu mempersenjatai diri mereka dengan bambu runcing untuk melawan tentara Belanda. Kemenangan rakyat Indonesia atas tentara Belanda itulah yang kemudian dijadikan sebagai hari Pahlawan, sebagai simbol perjuangan tanpa batas yang pada akhirnya menghasilkan kemenangan.

Teman-teman semua dan hadirin sekalian yang berbahagia,

Oleh sebab itu, sebaiknya kita perlu untuk meneladani semangat juang yang dimiliki oleh para pahlawan untuk kemerdekaan dan kebebasan bangsa Indonesia dari belenggu tangan penjajah. Namun, tentu saja semangat juang yang dimiliki oleh para pahlawan tersebut harus diteladani dan diterapkan dengan cara yang berbeda di era modern seperti saat ini. Lalu bagaimana cara terbaik untuk meneladani dan menerapkan semangat juang yang dimiliki oleh para pahlawan kita? Cara terbaik tentunya bukan dengan berperang melainkan dengan semangat mengisi kemerdekaan khususnya dalam hal menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa.

Apalagi saat ini mulai terasa perpecahan yang disebabkan perbedaan, padahal perbedaan yang dimiliki oleh bangsa ini merupakan sebuah keberagaman yang sangat unik dan perlu untuk dilestarikan. Bukan hanya itu saja, sebagai generasi penerus bangsa yang hidup di zaman modern dengan berbagai kecanggihan teknologi, kita perlu memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya sebab dengan adanya berbagai teknologi tersebut segala urusan dapat dilakukan dengan lebih mudah, bahkan hanya dalam hitungan detik termasuk mendapatkan beragam informasi dari berbagai penjuru dunia. Meskipun demikian, kita juga harus tetap kritis dalam memilih dan memilah informasi, mana yang baik dan mana yang buruk.

Akhir kata, marilah kita semua bukan hanya sekedar memperingati hari pahlawan secara simbolis semata, namun kita juga perlu melakukan introspeksi diri mengenai apakah kita sudah menerapkan dan meneladani sikap-sikap yang dimiliki oleh pahlawan atau belum. Hendaknya peringatan hari pahlawan ini dapat semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Kiranya cukup sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf jika ada kekurangan atau sekiranya ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Itulah beberapa contoh pidato hari pahlawan, semoga contoh teks pidato di atas bisa menjadi sumber referensi bagi Anda dalam membuat pidato tentang pahlawan kemerdekaan. Jika ada suatu kesalahan baik berupa penulisan ataupun isi dari beberapa contoh pidato tersebut, mohon kiranya pembaca bisa memberikan kritik dan saran yang membangun.

2. Kumpulan Contoh Pidato Hari Guru Ini Singkat Namun Penuh Makna 

Tahukah Anda bahwa setiap tanggal 25 November, kita memperingati hari guru nasional? Ya, salah satu cara untuk menghargai jasa dan pengabdian guru yang sudah tulus membagikan ilmunya kepada kita adalah dengan memperingati hari guru. Pada hari tersebut hendaknya kita berterima kasih kepada guru dan alangkah lebih baik lagi, jika ada acara khusus di sekolah untuk guru, sehingga pahlawan tanpa tanda jasa tersebut merasa bahwa pengabdiannya selama ini ada yang menghargai. Jika di sekolahmu ada acara khusus memperingati hari guru, tidak ada salahnya jika kalian ikut menyumbangkan hasil karya seperti puisi atau pidato. Berikut ini ada beberapa contoh pidato hari guru yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi, contoh pidato yang bisa disimak dibawah ini singkat, mudah dihafal namun kaya makna.

Contoh Pidato Hari Guru Yang Mengungkapkan Rasa Terima Kasih Siswa Kepada Guru


Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua yang berkumpul di tempat ini

Yang terhormat Kepala Sekolah beserta wakil

Yang terhormat Bapak/Ibu Dewan Guru beserta staff dan karyawan sekolah

Dan semua teman-teman yang saya sayangi

Pertama-tama marilah kita ucapkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sebab atas rahmat dan karunia-Nya kita semua masih diberi kesempatan untuk berkumpul bersama di hari yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat untuk memperingati hari guru nasional yang tepat jatuh pada tanggal 25 November ini.

Hadirin sekalian, sesuai dengan tema dari acara ini, maka pidato yang akan saya sampaikan tentu saja berkaitan dengan guru, sosok pahlawan tanpa tanda jasa yang memiliki peran sangat vital dalam kehidupan masyarakat. Ya, guru sebuah profesi yang sarat makna dan penuh jasa serta layak untuk disebut sebagai pelita bangsa. Guru yang dengan kehadirannya dapat membantu murid-muridnya untuk mengenal dan memaknai arti dunia dengan segala isinya sehingga murid-muridnya tersebut dapat memahami apa saja yang harus mereka perbuat ketika hidup bermasyarakat.

Sosok seorang guru dengan segala keterbatasannya namun tetap mampu memberikan jasa yang tidak ternilai harganya, bahkan jika kita menukar dunia dengan segala isinya, jasa yang mereka berikan tidak akan bisa disejajarkan dengan apa yang kita telah berikan itu. Guru memang layak disebut sebagai pelita bangsa, sebab profesi tersebut bertugas untuk selalu menerangi dan menuntun anak didiknya hingga berhasil mencapai cita-cita yang diimpikan. Sebuah profesi yang mulia yang sayangnya masih sering dipandang sebelah mata. Meskipun demikian, guru tetap berusaha sebaik mungkin untuk tetap menjalankan tugasnya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hadirin sekalian yang saya hormati, sosok guru setiap hari tidak kenal lelah untuk memberikan penjelasan berbagai ilmu kepada para anak didiknya, sosok guru merupakan sebuah profesi yang sangat berharga sebab bukan hanya bertugas mengajarkan ilmu namun juga untuk mendidik agar para anak didiknya memiliki karakter dan moral yang kuat. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita semua berterima kasih kepada guru atas segala hal yang telah mereka berikan, contohkan dan arahkan. Terima kasih atas dedikasi para guru yang berusaha sekuat tenaga untuk terus memberikan yang terbaik untuk generasi penerus bangsa Indonesia.

Demikian pidato yang saya sampaikan ini, semoga dengan pidato ini kita semakin sadar untuk selalu menghargai guru-guru kita. Sekali lagi saya ucapkan selamat hari guru. Terima kasih atas perhatiannya dan jika ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca juga contoh pidato di Contohpro.com lainnya.

Contoh Pidato Hari Guru Tentang Bagaimana Seharusnya Sikap Siswa Terhadap Guru


Assalamualaikum Wr. Wb

Salam sejahtera kepada kita semua yang berkumpul di tempat ini

Yang terhormat Kepala Sekolah beserta Wakil Kepala Sekolah

Yang terhormat Bapak/Ibu dewan guru beserta staff dan karyawan sekolah

Serta teman-teman sekalian yang saya sayangi

Puja dan puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat kembali berkumpul di hari yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat untuk menghadiri acara memperingati hari guru nasional yang jatuh tepat pada hari ini, 25 November.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Hingga sekarang tentu saja semboyan guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa masih relevan, sebab guru merupakan sebuah profesi mulia yang bertugas untuk mendidik generasi muda penerus bangsa. Seperti kita ketahui bersama, mulai dari dokter, pejabat bahkan hingga presiden, semua merupakan produk atau hasil didikan guru, tanpa guru yang telah mendidik mereka sejak usia kanak-kanak tentunya jika tidak ada guru maka sekarang mereka bukanlah siapa-siapa.

Profesi yang bergelar pahlawan tanpa tanda jasa itu hingga sekarang tak henti-hentinya berjuang mengantarkan generasi muda penerus bangsa Indonesia untuk dapat menggapai cita-citanya. Berkat jasa seorang guru, wawasan dan pengetahuan kita semakin terbuka, berkat guru jugalah kita dapat membaca, menulis serta berhitung. Maka dari sudah jelas bahwa kita tidak mungkin dapat menggapai kesuksesan tanpa peran seorang guru.

Profesi guru memang sangat mulia, bayangkan saja, meskipun kelak anak didik mereka akan melupakan mereka serta pemerintah kurang memperhatikan kesejahteraan mereka, namun guru tetap berusaha untuk melaksanakan kewajibannya sebagai pengajar sekaligus pendidik yang pada akhirnya akan dapat membentuk calon pemimpin bangsa yang berkarakter. Hebatnya lagi, bahkan masih ada guru yang hingga usia senja masih mengabdikan diri dan tak lelah mengajar serta mendidik anak-anak generasi penerus bangsa.

Oleh sebab itu, sudah sepantasnya kita memberikan penghargaan dan rasa hormat setinggi-tingginya serta rasa terima kasih yang sangat mendalam terhadap para guru kita yang sudah bersusah payah membagikan ilmu, memberikan nasihat serta motivasi dan juga membimbing kita sehingga pada akhirnya terbentuk kepribadian kita sebagai manusia berpendidikan dan juga bermoral.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Jika nantinya, para siswa/siswi yang menghadiri acara peringatan hari guru nasional ini kelak menjadi orang sukses, ingatlah selalu untuk tidak melupakan jasa-jasa yang sudah diberikan oleh guru kita. Marilah kita semua mencoba untuk membuktikan bahwa segala yang telah dilakukan oleh mereka itu bukanlah sebuah pekerjaan yang sia-sia. Bagaimana cara untuk membuktikannya? Tentu saja dengan sungguh-sungguh berusaha mencapai mimpi yang selama ini kita harapkan, sebab pada dasarnya seorang guru sejati akan bahagia bukan karena materi yang didapatkannya namun disebabkan karena mereka dapat melihat bahwa anak didiknya bisa sukses dan bermanfaat untuk sesama dan negara.

Sebelum saya akhiri pidato singkat ini, sekali lagi saya ingin menyampaikan bahwa guru merupakan sosok yang sangat berjasa dalam hidup generasi penerus bangsa, oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita semua mengucapkan rasa terima kasih kita yang sebesar-besarnya untuk para guru yang telah mengabdikan diri mereka demi kecerdasan para penerus bangsa. Kepada Bapak/Ibu guru, saya sadar bahwa kami semua yang ada disini tidak akan bisa membalas jasa-jasa yang telah engkau berikan. Hanya doa yang dapat kami berikan, dengan harapan semoga bapak/ibu guru sekalian selalu diberikan kesehatan dan kesabaran oleh Tuhan Yang Maha Esa agar tetap dapat menjalankan tugas mulia mengajar dan mendidik generasi penerus bangsa.

Cukup sekian pidato yang saya sampaikan, semoga di hari guru nasional ini, profesi guru semakin Berjaya. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan serta perhatiannya terhadap pidato yang saya sampaikan ini, jika ada kesalahan kata-kata, saya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum wr. wb.

Contoh Pidato Hari Guru Tentang Kesan Dan Pesan Sesama Guru


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Kepada yang terhormat Kepala Sekolah beserta Wakil Kepala Sekolah

Kepada yang terhormat Bapak/Ibu dewan guru beserta staff dan karyawan sekolah

Serta siswa-siswi yang saya cintai dan juga para tamu undangan yang telah menyempatkan hadir di acara peringatan hari guru nasional ini

Sebelum saya mulai pidato ini, ada baiknya pertama-tama kita terlebih dahulu memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan segala rahmat dan karunia-Nya kepada kita, sehingga kita masih diberi kesempatan dalam kondisi sehat walafiat untuk menghadiri acara peringatan hari guru nasional

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Seperti kita ketahui bersama, bahwa hampir setiap tahun di Indonesia ini kurikulum dan sistem pendidikan seringkali berganti, sehingga jika dibandingkan dengan negara lain, bahkan jika dibandingkan dengan beberapa negara tetangga, sistem pendidikan di Indonesia ini terbilang masih jauh dari apa yang kita semua harapkan. Meskipun demikian, tenaga pengajar di Indonesia ini sangat banyak jumlahnya dan mereka semua tidak kenal lelah untuk mengajar dan mendidik anak-anak generasi penerus bangsa yang semoga kelak nantinya dapat menjadi manusia yang bermanfaat untuk bangsa dan negara.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Pada hari guru nasional ini, izinkan saya untuk menyampaikan kesan dan pesan selama saya menjalani profesi sebagai seorang guru. Pertama-tama, saya ingin menyampaikan bahwa sebagai tenaga pengajar atau guru marilah kita secara bersama-sama menjaga tali persaudaraan kita dengan sesama tenaga pengajar lainnya begitupun dengan para anak didik kita. Hal tersebut perlu dilakukan, sebab selama ini seperti yang kita ketahui bersama bahwa masih cukup banyak guru yang kurang memahami mengenai kondisi siswa yang sesuai dengan cara pengajaran serta ilmu yang diberikan guru. Oleh sebab itu sebaiknya kita juga berusaha untuk memahami keadaan siswa, agar segala pengajaran dan ilmu yang kita berikan dapat terserap baik oleh para anak didik kita.

Sebelum saya akhiri pidato ini, saya mewakili segenap guru di sekolah ini sekali lagi ingin mengucapkan selamat hari guru nasional, semoga ilmu dan amal yang selama ini telah kita berikan kepada anak didik kita diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Demikian pidato singkat dari saya, terima kasih atas perhatiannya dan jika ada kata-kata yang sekiranya kurang berkenan, saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Itulah beberapa contoh pidato hari guru yang dapat saya berikan, semoga beberapa contoh pidato tersebut dapat dijadikan sebagai inspirasi terbaik, ketika Anda menyusun teks pidato yang akan disampaikan pada peringatan hari guru nasional.

3. Kumpulan Contoh Pidato Hari Kartini Yang Menginspirasi


Contoh Pidato Hari Kartini
Setiap tanggal 21 April, kita selalu memperingati hari Kartini. R.A Kartini merupakan sosok seorang pahlawan yang memperjuangkan emansipasi perempuan lewat tulisan-tulisan suratnya yang kemudian dibukukan dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Pemilihan tanggal 21 April itu sendiri diambil dari tanggal kelahiran Kartini. Nah, biasanya setiap hari Kartini, di sekolah-sekolah akan diadakan acara untuk memperingati hari Kartini, mulai dari siswa/siswi menggunakan pakaian adat, khusus siswi biasanya diwajibkan untuk memakai kebaya hingga diadakan perlombaan termasuk lomba pidato. Jika saat ini, ada diantara kalian yang sedang kebingungan untuk mencari referensi contoh pidato hari kartini, maka tak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa contoh pidato yang bisa disimak.

Contoh Pidato Hari Kartini Yang Singkat Dan Mudah Dihafal


Assalamualaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Pertama-tama marilah kita semua mengucapkan syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena tiada hentinya memberikan kebahagiaan dan kesehatan sehingga kita semua di hari yang cerah ini masih diberi kesempatan untuk berkumpul bersama dalam acara memperingati hari Kartini.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa tepat pada tanggal 21 April ini, salah satu pahlawan Indonesia yang sangat memperhatikan kesetaraan perempuan yaitu R.A Kartini lahir di dunia. Siapa yang disini tidak mengenal sosok pahlawan tersebut?  Tentu nama Kartini sudah tidak asing lagi ditelinga kita, sebab dari masa kanak-kanak kita semua sudah dikenalkan tentang sosok beliau, bahkan ada lagu yang menceritakan sepak terjang beliau. Sejak kecil pula, kita sudah dikenalkan untuk memperingati hari Kartini yang identik dengan anak-anak perempuan serempak mengenakan kebaya khas R.A Kartini.

Dari sejarahnya kita pun mengetahui, walaupun beliau meninggal dalam usia yang tergolong masih sangat muda, namun beliau dapat disebut sebagai tokoh yang memelopoti kebangkitan perempuan di Indonesia. Sejak surat-suratnya yang kemudian dibukukan dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang” dikenal oleh masyarakat, sejak saat itulah terjadi keseimbangan atau kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan, sehingga perempuan dapat membuktikan bahwa mereka tidak dilahirkan hanya untuk berdiam diri dalam rumah yang hanya memiliki kewajiban untuk melayani suami serta merawat anak-anaknya dan terpaksa berdiam diri mengenyam pendidikan rendah saja, melainkan sebaliknya, bahwa perempuan juga memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan setinggi mungkin serta berkarya tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan. 

Oleh sebab itu, perjuangan dari R.A Kartini itu hendaknya kita teladani dan berusaha untuk kita teruskan, sebab walaupun saat ini di Indonesia sudah semakin banyak perempuan-perempuan hebat, namun masih banyak juga perempuan-perempuan Indonesia yang diremehkan dan dipandang sebelah mata. Permasalahan seperti itu harus kita coba untuk selesaikan bersama-sama sehingga mereka yang diremehkan itu pun akhirnya dapat memiliki penghidupan yang layak seperti yang sudah dirasakan oleh perempuan-perempuan lainnya di wilayah lain. Maka dari itu, agar cita-cita Kartini dapat segera terwujud, ada baiknya kita bersama-sama semakin giat ikut berpartisipasi dalam gelora pembangunan. 

Saya kira cukup sekian pidato dari saya, semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari peringatan hari Kartini ini, terima kasih atas perhatiannya, dan jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan, mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Contoh Pidato Hari Kartini Di Lingkungan Sekolah


Assalamualaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Yang saya hormati Kepala Sekolah beserta wakil

Yang saya hormati Bapak/Ibu Dewan Guru beserta staff dan karyawan sekolah

Serta semua teman-teman yang saya sayangi

Pertama-tama, sudah sepantasnya rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa, pencipta semesta alam, perlu kita haturkan baik secara lisan ataupun dengan perbuatan. Atas rahmat dan karunia yang senantiasa dilimpahkan-Nya itulah kita semua masih diberi kesempatan untuk berkumpul di tempat ini dan di hari yang cerah ini guna menghadiri peringatan hari Kartini dalam keadaan sehat walafiat.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Hari ini kita semua berkumpul disini untuk memperingati hari Kartini, yang jatuh setiap tanggal 21 April. Tanggal tersebut adalah tanggal kelahiran dari pahlawan emansipasi wanita, Raden Ajeng Kartini pada tahun 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Semasa hidupnya, R.A Kartini sebenarnya hidup berkecukupan karena beliau lahir dalam keluarga bangsawan, namun, saat beliau mulai beranjak dewasa, Kartini merasa ada banyak kejanggalan yang sangat tidak sesuai dengan hati nuraninya. 
Menurut Kartini, pada saat itu, beliau melihat sebuah kondisi yang melanggar peri kemanusiaan khususnya untuk wanita yang kondisi hidupnya terbilang sangat memprihatinkan. Puncaknya adalah ketika beliau memberontak atas norma yang berlaku pada zaman itu, yaitu seorang anak perempuan hanya boleh mengenyam bangku pendidikan hingga sekolah dasar saja, karena banyak orang di zaman itu merasa tidak ada gunanya untuk seorang anak perempuan bersekolah tinggi, sebab pada akhirnya mereka hanya akan berdiam di rumah untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga saja.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Semua ketidakadilan yang harus dialami oleh para wanita yang ada di zamannya tersebut membuat Kartini sangat sedih. Kemudian, untuk mengobati segala kegelisahan yang dirasakannya itu, beliau menulis surat kepada sahabatnya yang ada di Belanda. Dalam surat-suratnya itu, Kartini menceritakan kondisi perempuan di Indonesia, lengkap dengan keinginannya agar perempuan Indonesia juga memiliki hak dan kewajiban yang setara dengan laki-laki bukan hanya sekedar sebagai pelayan suami dan perawat anak-anak saja.

Selain menulis surat yang kemudian surat-surat tersebut akhirnya dikumpulkan menjadi sebuah buku yang menginspirasi dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”, R.A Kartini juga berjuang secara nyata untuk mengangkat derajat kaum perempuan, banyak cara yang dilakukan Kartini guna mewujudkan cita-citanya tersebut yaitu dengan mendirikan sekolah keterampilan seperti sekolah menjahit dan menyulam untuk perempuan. Oleh sebab itu, sebagai generasi penerus bangsa, sebaiknya kita juga selalu meneladani dan meneruskan perjuangan R.A Kartini, sehingga emansipasi wanita di Indonesia selalu terjaga bahkan semakin meningkat, khususnya untuk perempuan-perempuan yang tinggal di kawasan terpencil atau perempuan-perempuan yang hidup dibawah garis kemiskinan.

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih, dan sekiranya ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf. 

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Contoh Pidato Hari Kartini Di Lingkungan PKK


Selain di sekolah, biasanya di lingkungan PKK juga seringkali diadakan acara khusus memperingati hari Kartini, dan jika Anda termasuk orang yang saat ini sedang mencari contoh pidato hari kartini yang cocok dibacakan di hadapan ibu-ibu PKK, maka berikut ini ada contoh teks pidato yang dapat dijadikan sebagai referensi

Assalamualaikum Wr.Wb

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Yang terhormat Ibu Kepala PKK beserta wakil

Serta seluruh hadirin sekalian yang saya hormati

Sebelum saya memulai pidato ini, marilah kita semua menghaturkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayah-Nya saat ini kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama di tempat ini di hari yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat guna memperingati hari Kartini.

Ibu-ibu para hadirin sekalian yang berbahagia,

Tepat pada hari ini, lahirlah sosok seorang pahlawan yang sangat berjasa besar terhadap perempuan Indonesia, ya, beliau adalah Raden Ajeng Kartini. Seperti kita ketahui bersama, ratusan tahun yang lalu, di Indonesia, kaum perempuan memiliki derajat yang lebih rendah bila dibandingkan dengan kaum laki-laki, saat itu, perempuan hanya dipandang sebagai pelayan suami dan perawat anak-anak, oleh sebab itu kaum perempuan tidak dibolehkan untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi dari sekolah dasar, sebab mayoritas masyarakat di zaman itu menganggap bahwa perempuan hanya akan berakhir di dapur dan bertugas sebagai pengurus rumah tangga.

Melihat ketidakadilan menimpa kaum perempuan itulah, R.A Kartini merasa sedih dan iba, sehingga beliau pun pada akhirnya tergugah hatinya untuk membantu mengangkat derajat kaumnya tersebut. Hal pertama kali yang dilakukannya untuk berusaha membantu kaum perempuan yang tertindas adalah dengan mencurahkan segala kegelisahannya itu dalam surat-surat yang dikirimkannya kepada sahabatnya di Belanda. Surat-surat tersebut pada akhirnya dikumpulkan dan kemudian dibukukan dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang” sebuah buku yang isinya sangat menginspirasi untuk emansipasi atau kesetaraan gender di negeri ini. Tentunya, usaha R.A Kartini untuk mengangkat derajat kaum perempuan tidak berhenti disitu saja, sebab beliau juga mendirikan sebuah sekolah keterampilan untuk perempuan, di sekolah tersebut, kaum perempuan bukan hanya diajarkan membaca, menulis dan berhitung saja, melainkan juga dibekali dengan berbagai keterampilan seperti menjahit dan menyulam. Atas perjuangannya dalam mengangkat derajat kaum perempuan sehingga setara dengan kaum laki-laki itulah, kini kita bisa melihat banyak perempuan hebat dengan profesi masing-masing, misalnya saja seperti polwan, diplomat, menteri bahkan presiden. 

Ibu-ibu para hadirin sekalian yang berbahagia,

Segala sikap yang dimiliki oleh R.A Kartini itu memang sudah sepatutnya diteladani, sebab banyak pelajaran yang dapat diambil dari sikap beliau, termasuk salah satunya adalah sikap sederhana. Meskipun beliau terlahir dari keluarga bangsawan namun beliau tetap hidup sederhana dan dekat dengan rakyat jelata, yang mana kaum perempuan dari rakyat jelata itulah yang dibantu untuk diangkat derajatnya sehingga mereka tidak dipandang sebelah mata lagi. Selain itu, beliau juga memiliki sikap yang teguh pada pendiriannya namun masih selalu hormat terhadap orang tuanya, hal tersebut beliau tunjukkan saat orang tuanya menyuruhnya untuk berhenti sekolah, Kartini menurutinya namun beliau tetap berusaha belajar sendiri dan selalu bertukar pikiran dengan teman-temannya yang ada di Belanda, melalui surat.

Ibu-ibu para hadirin sekalian yang berbahagia,

Meneladani sosok R.A Kartini, juga perlu diterapkan dalam dunia nyata, sehingga perjuangan beliau pun bisa kita teruskan di zaman yang modern ini. Hal tersebut perlu dilakukan sebab saat ini walaupun sudah banyak perempuan hebat namun di wilayah lain, khususnya di kawasan terpencil, masih cukup banyak pula perempuan yang membutuhkan bantuan untuk memperjuangkan hak-hak mereka. Baiklah, saya kira cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga kita semua tergerak hatinya untuk selalu meneladani sikap Kartini dan berusaha meneruskan perjuangan beliau. Terima kasih atas perhatiannya, jika sekiranya ada kata-kata yang kurang berkenan, mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya.

Itulah beberapa contoh pidato hari Kartini yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi, semoga contoh-contoh pidato tersebut bermanfaat bagi Anda khusunya bagi Anda yang memang sedang mencari contoh teks pidato yang berkaitan dengan tema hari Kartini.

4. Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional Versi Singkat Namun Kaya Makna

Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Yang terhormat Kepala Sekolah beserta Wakil

Yang terhormat Bapak/Ibu dewan guru serta staff dan karyawan sekolah 

Serta tidak ketinggalan teman-temanku yang saya sayangi

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena rahmat dan karunia-Nya yang senantiasa diberikan kepada kita sehingga hingga saat ini kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul bersama di hari yang cerah ini dalam acara peringatan hari pendidikan nasional

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Tepat pada tanggal 2 Mei, kita semua tentunya sudah mengetahui bahwa pada hari tersebut merupakan sebuah hari untuk memperingati hari pendidikan nasional. Pada hari ini pula, kita sebagai warna negara Indonesia tentunya juga mengharapkan pendidikan yang semakin baik dan maju. 
Sebagai generasi muda penerus bangsa, pernahkah kita menyadari bahwa sebenarnya kita lebih mudah dan nyaman untuk belajar menimba ilmu, tidak seperti pendahulu kita yang susah payah mencari ilmu. Bayangkan saja, saat ini di zaman yang modern kita sangat dipermudah dengan beragam fasilitas pendidikan, oleh sebab itu sebaiknya kita harus semakin rajin belajar karena segala informasi yang dibutuhkan untuk menuntut ilmu di zaman modern ini relatif mudah untuk didapatkan. Hal seperti itu pulalah yang membuat proses belajar mengajar seharusnya bukan hanya menjadi lebih mudah namun juga lebih menyenangkan.

Bayangkan saja, jika setiap guru dan siswa yang sudah mulai memahami cara kerja dari teknologi, khususnya teknologi informasi dan kemudian pengetahuan tersebut dimanfaatkan dengan baik, maka proses belajar mengajar akan menjadi lebih mudah ditambah lagi dapat pula meningkatkan kreativitas sehingga terciptalah generasi penerus bangsa yang bukan hanya cerdas namun juga kreatif dan tentunya memiliki wawasan luas.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Marilah saat ini di hari pendidikan nasional kita semua coba untuk merenungkan sejenak dilanjutkan dengan mengheningkan cipta selama beberapa detik yang ditujukan untuk para pejuang serta guru-guru yang sudah mendahului kita. Melalui acara peringatan hari pendidikan nasional ini seharusnya kita menyadari betapa berhargany ilmu yang telah diajarkan oleh para guru kita, sehingga kita yang pada awalnya tidak mengerti menjadi mengerti dan bahkan sangat memahaminya. Oleh sebab itu, sebagai generasi muda penerus bangsa, marilah kita semua menjadikan hari pendidikan nasional ini sebagai awal baru bukan hanya itu diri kita sendiri, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan namun juga untuk sesama agar tidak terjadi lagi beragam kebodohan dan ketidaktahuan.

Cukup sekian pidato singkat seputar dunia pendidikan yang berkaitan dengan acara peringatan hari pendidikan nasional ini, semoga yang saya sampaikan tadi dapat bermanfaat. Terima kasih atas perhatiannya dan jika sekiranya ada kesalahan kata yang kurang berkenan, maka saya mohon maaf.

Wassalamulaikum Wr. Wb

Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional Singkat Yang Sederhana Dan Mudah Dihafal


Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Yang terhormat Kepala Sekolah beserta Wakil

Yang terhormat Bapak/Ibu dewan guru serta staff dan karyawan sekolah 

Serta tidak ketinggalan teman-temanku yang saya sayangi

Pertama-tama puja dan puji syukur atas karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa memang layak untuk kita haturkan kehadirat-Nya. Berkat rahmat dan hidayah-Nya, saat ini kita masih kembali diberi kesempatan untuk menghadiri acara peringatan hari pendidikan nasional dalam keadaan yang sehat walafiat dan tanpa suatu halangan apapun. 

Hadirin yang saya hormati

Tepat pada hari ini, yaitu pada tanggal 2 Mei, kita semua secara bersama-sama dan bergotong royong memperingati sebuah hari yang sangat berarti, khususnya bagi kita generasi muda penerus bangsa. Ya, saat ini, pada tanggal ini, kita sedang memperingati hari pendidikan nasional atau yang lebih dikenal dengan singkatannya, yaitu Hardiknas. Lalu, sebenarnya tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan hari pendidikan nasional itu? Sebagai generasi muda, sebaiknya kita jangan mudah terbuai zaman modern hingga melupakan sejarah. Pada dasarnya, tanggal untuk hari pendidikan nasional ini merupakan sebuah tanggal kelahiran dari salah satu tokoh pendidikan yang ada di Indonesia, yaitu Ki Hajar Dewantara. 

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Tentu saja sebagai generasi muda penerus bangsa yang baik maka kita telah mengenal siapa itu yang dimaksud dengan nama Ki Hajar Dewantara. Sosok Ki Hajar Dewantara, pada dasarnya merupakan tokoh yang memiliki banyak peran dan jasa dalam pendidikan Indonesia, sehingga layak jika beliau disebut sebagai bapak pendidikan, dan tanggal kelahirannya digunakan sebagai hari pendidikan nasional. Jasa terbesar yang diberikan oleh Ki Hajar Dewantara adalah berdirinya taman siswa.

Hadirin sekalian yang berbahagia

Lalu, seperti apa hakikatnya makna dari hari pendidikan nasional itu, khususnya bagi kita yang masih duduk di bangku sekolah? Tentu saja makna dari hari pendidikan nasional itu sangat besar, sebab dengan adanya peringatan hari pendidikan nasional, maka kita secara tidak langsung akan mendapatkan energi tambahan untuk menjadi lebih semangat dalam menimba ilmu. Selanjutnya makna yang kedua adalah dengan adanya peringatan hari pendidikan nasional ini, setidaknya generasi muda penerus bangsa akan merasa lebih mudah untuk mengingat sejarah pendidikan yang ada di Indonesia. Tentu saja, pada akhirnya kita pun akan teringat dengan sosok seorang bapak pendidikan Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara.

Saya rasa cukup sekian pidato yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya peringatan hari pendidikan nasional ini kita semakin diteguhkan untuk secara bersama-sama dan bergotong royong meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia, sehingga pada akhirnya kualitas pendidikan yang ada di negeri ini pun akan bisa bersaing dengan negara-negara lain, setidaknya kita berharap dapat bersaing ketat dengan beberapa negara tetangga. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, dan jika sekiranya ada kata-kata saya yang kurang berkenan, maka dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf.

Wassalamulaikum Wr. Wb

Itulah beberapa tips menyusun teks pidato yang menarik, dilengkapi dengan beberapa contoh pidato hari pendidikan nasional yang bisa dijadikan sebagai referensi jika Anda saat ini sedang kebingungan mencari contoh pidato yang singkat, relatif mudah dihafal namun kaya makna dan berkaitan dengan tema pendidikan. Semoga dengan adanya dua contoh pidato tentang pendidikan nasional tersebut Anda semakin dimudahkan dalam menyusun sebuah teks pidato yang bertema pendidikan.

Fransisca
Baca juga contoh pidato di Contohpro.com lainnya.

Lanjuta Bagian Ke 2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel