Kumpulan Contoh Pidato Tentang Disiplin 2019

Contoh Pidato Tentang Disiplin - Pidato merupakan sebuah pembahasan yang dilakukan di depan umum dan sifatnya formal. Sebuah pidato harus berisi topik tertentu yang memiliki tujuan agar bisa memberi pengaruh kepada orang banyak, misalnya saja seperti topik tentang kedisiplinan. Pidato dapat dilakukan dengan cara membaca naskah ataupun dihafalkan atau jika sudah mahir, seseorang dapat berpidato secara spontan dalam artian tanpa menggunakan naskah atau teks yang sebelumnya sudah dipersiapkan.
Kumpulan Contoh Pidato Tentang Disiplin
Kumpulan Contoh Pidato Tentang Disiplin

Contoh Pidato Tentang Disiplin


Nah, berkaitan dengan topik kedisplinan, berikut ini ada beberapa contoh pidato tentang disiplin yang cocok untuk dijadikan sebagai referensi ketika Anda ditunjuk untuk memberikan pidato yang berkaitan dengan sikap disiplin, baik itu sikap disiplin secara umum, disiplin untuk anak, serta sikap disiplin siswa dalam hal mengatur waktu belajar dan lain sebagainya.

Contoh Pidato Tentang Disiplin Secara Umum

Assalamualaikum Wr.Wb

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Puji syukur layak kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebab atas berkat dan kuasa-Nya saat ini kita masih mampu menghadiri pertemuan di hari yang sangat cerah ini dalam keadaan sehat walafiat.

Tidak perlu berpanjang-panjang kata, saya akan langsung mulai pada inti dari pembahasan, yaitu mengenai kedisiplinan. Setiap orang sudah seharusnya menyadari bahwa mereka sangat perlu untuk memiliki sikap disiplin. Mengapa demikian? Sangat jelas alasannya, yaitu sikap disiplin akan membuat segala aktivitas yang akan dikerjakan menjadi terorganisir dengan cara seperti itu maka kegiatan yang dilakukan pun akan bisa berjalan dengan lancar dan baik.

Berbicara mengenai jenis-jenis disiplin, tentunya sikap disiplin memiliki banyak macamnya, secara umum, sikap disiplin itu ada yang berkaitan dengan mengatur waktu, mengatur keuangan, disiplin dalam hal menentukan target yang ingin dicapai dan masih banyak yang lainnya. Namun, pada dasarnya, sikap disiplin harus selalu diterapkan dan bila perlu ditingkatkan ketika Anda sedang mengerjakan sesuatu. Sikap disiplin dapat membantu Anda mendapatkan hasil yang maksimal sehingga tidak ada rasa menyesal di kemudian hari.

Seperti yang kita ketahui bersama, ada sebuah pepatah terkenal yaitu “waktu adalah uang” jika diartikan maka pepatah tersebut mengandung makna bahwa pada dasarnya waktu merupakan suatu hal yang sangat berharga, sebab waktu tidak akan pernah bisa diulang, oleh sebab itu jangan pernah menyia-nyiakan waktu yang kita miliki dan tanamkan dalam diri kita bahwa sudah seharusnya kita memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, dengan tujuan agar setiap harinya target hidup kita bisa tercapai dengan baik.

Oleh sebab itu, jika disimpulkan maka sikap disiplin merupakan salah satu kunci utama dari sebuah keberhasilan hidup. Jika ingin hidup sukses maka salah satu sikap yang perlu dimiliki oleh masing-masing individu adalah sikap disiplin yang sebaiknya dipupuk dari usia dini. Maka dari itu, sikap disiplin sebaiknya mulai diterapkan ketika mendidik anak-anak kita, misalkan saja disiplin bangun pagi sehingga bisa datang tepat waktu ke sekolah, disiplin dalam mengerjakan pekerjaan rumah, disiplin membagi waktu antara waktu belajar dan bermain dan lain sebagainya. Jika seorang anak sudah terbiasa melakukan segala sesuatu secara disiplin, maka hal baik seperti itu akan bisa terbawa hingga dewasa.

Demikian pidato dari saya, semoga apa yang disampaikan tadi dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Dengan segala kerendahan hati, jika ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr.wb

Contoh Pidato Tentang Disiplin Untuk Anak


Assalamualaikum Wr.Wb

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Sebelum saya mulai membahas mengenai pentingnya sikap disiplin pada anak, pertama-tama ada baiknya jika kita terlebih dahulu memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan karunia-Nya, di hari yang cerah ini kita masih diberikan kesempatan untuk hadir dan berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Sebagai orang tua, kita tentunya ingin menanamkan berbagai sikap terpuji kepada anak-anak kita. Salah satu sikap yang memiliki nilai positif dalam kehidupan adalah disiplin. Pada dasarnya, sikap disiplin adalah sebuah sikap yang bukan hanya akan membuat hidup terasa semakin mudah namun juga sekaligus dapat meningkatkan kualitas mental serta moral. Dalam sebuah keluarga, sudah seharusnya orang tua berusaha untuk mengajarkan dan membimbing anak-anaknya untuk lebih disiplin dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Namun, bimbingan yang dilakukan orang tua kepada anak itu jangan sampai membuat si anak hanya sekedar mematuhi perintah orang tuanya saja, sebab jika seperti itu hasil akhirnya maka sikap disiplin yang dilakukan oleh anak hanya akan berlangsung dalam waktu singkat.

Perlu dipahami, bahwa pada dasarnya tujuan utama menanamkan sikap disiplin pada anak sejak usia dini itu, bukan hanya membuat anak untuk sekedar menuruti segala perintah atau aturan dari orang tua, melainkan agar si anak sebagai seorang individu dapat memiliki sikap disiplin jangka panjang, sehingga sikap disiplin yang sudah dipupuk sejak dini itu nantinya tidak hanya berdasar pada sikap patuh pada aturan atau otoritas saja, namun lebih kepada pengembangan kemampuan untuk sadar mendisiplinkan diri sendiri yang mana hal tersebut merupakan salah satu ciri dari kedewasaan.

Perlu diketahui pula, bahwa hakitat dari kedisiplinan itu adalah kedisiplinan yang berasal dari diri sendiri yang muncul dari kebiasaan yang prosesnya membutuhkan waktu yang cukup panjang, dari usia dini hingga dewasa dan pada akhirnya seorang yang terbiasa disiplin dalam kehidupannya sehari-hari akan bisa memikul tanggung jawab sosial.
Demikian pidato singkat tentang disiplin yang bisa saya sampaikan pada hari ini, semoga sebagai orang tua, kita dapat mengajarkan dan membimbing anak-anak kita untuk selalu disiplin dalam segala hal yang mereka lakukan, sehingga nantinya mereka akan menjadi generasi penerus bangsa yang lebih baik untuk Indonesia. Terima kasih atas perhatiannya, jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan di hati, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr.wb

Contoh Pidato Tentang Disiplin Waktu Belajar


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Yang saya hormati Bapak/ Ibu Kepala Sekolah

Yang saya hormati Bapak/ Ibu Guru serta staff dan karyawan

Serta siswa/siswi yang saya banggakan

Pertama-tama sudah layak dan sepantasnya kita semua yang hadir dan berkumpul di tempat ini untuk selalu memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, sebab berkat rahmat dan kuasa-Nya kita semua masih diizinkan untuk kembali berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat.
Hadirin sekalian yang berbahagia,

Seperti kita ketahui bersama, bahwa zaman semakin berkembang dan hari ke hari semakin modern dengan beragam teknologi yang berkembang sangat pesat. Tentunya hadirnya beragam teknologi itu bukan hanya sangat banyak memberikan dampak positif yang bermanfaat untuk manusia khususnya kini semakin cepat informasi dapat tersebar ke seluruh penjuru dunia, namun juga tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi juga dapat memberikan dampak negatif.

Salah satu dampak negatif terbesar dari pesatnya perkembangan teknologi adalah kelalaian manusia terhadap waktu. Manusia semakin lalai terhadap waktu disebabkan oleh perkembangan teknologi bisa dibuktikan dari lingkungan sekitar kita, misalnya saja dari semakin banyaknya anak-anak usia pelajar yang sepanjang hari lebih memilih untuk bermain dengan smartphonenya atau beragam gadget yang dimiliknya. Tentu saja, kegemaran mereka dalam bermain game terbilang cukup mengkhawatirkan, sebab sebagai seorang pelajar, bermain gadget tak kenal waktu seperti itu akan membuat mereka melupakan kewajiban utamanya yaitu belajar.

Meskipun demikian, bukan berarti anak-anak usia pelajar itu sama sekali tidak boleh bermain gadget, sebab setidaknya dengan bermain gadget mereka dapat sejenak menghilangkan stress dan kepenatan pikiran, hanya saja, sebaiknya mereka harus pandai dalam mengatur waktu. Sebagai seorang pelajar, diperlukan keseimbangan antara belajar dan bermain, dan sebaiknya juga dibuat skala prioritas kegiatan sehari-hari, sehingga kegemaran atau hobby tidak sampai harus mengorbankan kewajiban utama dalam hal ini belajar baik di sekolah ataupun di rumah.

Perlu diketahui dan tentunya harus pula disadari, bahwa masa depan masing-masing individu itu berasal dari diri sendiri, dalam hal ini berarti, sebagai seorang pelajar, mungkin dengan bermain gadget hingga lupa waktu dan melupakan kewajiban utama mereka itu akan membuat hati mereka menjadi senang, namun pikirkanlah bagaimana masa depan yang akan terjadi, jika waktu yang mereka miliki saat ini hanya dihabiskan untuk bermain dan bersenang-senang saja. Jika hal seperti itu yang dilakukan, cita-cita yang diimpikan pun tidak akan tercapai, sebab hasil yang menggembirakan itu membutuhkan usaha besar, dan salah satu usaha untuk dapat mewujudkan cita-cita agar tercapai adalah dengan belajar.

Maka dari itu, sebagai seorang pelajar, sudah seharusnya memiliki sikap disiplin, khususnya disiplin waktu belajar. Jangan pernah kita berpikir bahwa disiplin dalam menghargai waktu itu sifatnya hanya untur membatasi seseorang untuk bersenang-senang. Melainkan, mulai dari sekarang cobalah berpikir, bahwa sejatinya sikap disiplin yang diterapkan sejak usia dini itu akan membuat hidup tertata lebih baik, sebab segala hal yang dilakukan sudah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja, pada saat waktu istirahat, maka waktu tersebut bisa digunakan untuk bermain, mengistirahatkan pikiran dan fisik, waktu untuk beribadah digunakan untuk beribadah dan waktu untuk belajar harus digunakan untuk belajar tanpa gangguan kegiatan lain.

Pada dasarnya, sikap disiplin tidak dapat muncul secara instan, harus ada proses dan proses tersebut berawal dari kebiasaan. Kebiasaan untuk bersikap disiplin juga tentunya tidak bisa dilakukan tanpa ada paksaan pada awalnya. Oleh sebab itu, cobalah untuk memaksa diri sendiri agar dapat menerapkan sikap disiplin, jika perlu buat jadwal kegiatan sehari-hari, mulai dari waktu bangun tidur, waktu untuk beristirahat atau bermain sepulang sekolah, waktu belajar di rumah sekitar 2 hingga 3 jam hingga waktu tidur yang tidak terlalu malam, sehingga esok paginya ketika bangun tidur badan menjadi terasa lebih segar karena waktu tidur malam yang cukup panjang.

Jika dimulai sejak usia dini, atau setidaknya sejak usia pelajar, sudah terbiasa menerapkan sikap disiplin, maka hingga dewasa nanti, sikap tersebut akan tetap terbawa dan semoga sikap tersebut akan bisa membawa kita menjadi orang-orang sukses yang mampu mewujudkan segala hal yang diimpikannya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, terima kasih atas perhatiannya, jika ada kata-kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Demikian, beberapa contoh pidato tentang disiplin, semoga kumpulan contoh pidato diatas bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang saat ini sedang mencari bahan pidato yang tepat untuk tema yang berkaitan dengan kedisiplinan.

Fransisca
contohpro.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel