1001 Contoh Pidato Pendidikan Moral dan disiplin Terbaik Dengan Bahasa Yang Lugas

Contoh Pidato Pendidikan Moral - Sebagai manusia yang dibekali oleh akal pikiran, maka tentu saja salah satu hal yang perlu untuk dikembangkan dalam kehidupan manusia tersebut adalah proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan serta kebiasaan dari sekelompok orang yang telah diturunkan dari generasi ke generasi dan dikenal dengan sebutan pendidikan. Dengan kata lain, tanpa pendidikan maka manusia tidak dapat berkembang.

Contoh Pidato

Contoh Pidato Pendidikan Moral
Contoh Pidato Pendidikan Moral 

Pendidikan itu sendiri juga dibedakan ke dalam beberapa jenis, salah satunya adalah pendidikan moral yang akan membuat manusia tidak hanya kaya wawasan namun juga memiliki budi pekerti. Nah, berikut ini akan disajikan beberapa contoh pidato pendidikan moral terbaik yang mudah dipahami sebab disampaikan dalam bahasa yang lugas.

Contoh Pidato Pendidikan Moral Mengenai Pentingnya Peran Orang Tua Mengajarkan Pendidikan Moral Kepada Anak


Assalamualaikum wr, wb

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini
Pertama-tama, marilah kita menghaturkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karunia-Nya kita masih diberi kesempatan di hari yang cerah ini untuk berkumpul menghadiri acara ini dalam keadaan sehat walafiat.

Para hadirin sekalian yang berbahagia,

Selain pendidikan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan moral juga sangat berperan penting dalam tumbuh kembang manusia. Oleh sebab itu, sudah selayaknya, pendidikan moral mulai diberikan sejak dini, agar proses pendidikan tidak menjadi timpang sehingga generasi penerus bangsa selain pandai juga memiliki moralitas yang baik. Seperti kita ketahui bersama bahwa tujuan utama dari pendidikan bukan hanya untuk menjadikan manusia berwawasan luas namun juga untuk memiliki budi pekerti yang luhur sehingga sumber daya manusia yang dihasilkan pun akan memiliki sifat yang bijaksana.

Para hadirin sekalian yang berbahagia,

Seiring dengan berjalannya waktu dan zaman yang kini semakin modern, maka ada beragam teknologi baru yang muncul, termasuk teknologi informasi berupa internet. Tahukah Anda sekalian, bahwa disamping internet itu memberikan dampak positif sebab manusia dapat menerima informasi dari berbagai belahan dunia dengan lebih cepat, namun disisi lain, internet juga dapat memberikan dampak negatif khususnya dampak negatif terkait dengan moralitas. Mengapa bisa demikian? Salah satu contoh yang paling nyata adalah, selain kaya informasi, internet juga mengandung beragam konten negatif, misalnya saja seperti pornografi. Bayangkan saja, jika anak-anak sudah diberi kebebasan untuk mengakses internet tanpa dibekali dengan pendidikan moral yang cukup, maka tentu saja mereka akan kesulitan untuk membedakan mana yang boleh diikuti dan mana yang tidak.

Oleh sebab itu para hadirin sekalian, sebagai orang tua kita sebaiknya benar-benar turun tangan mengajarkan anak-anak kita mengenai pendidikan moral. Selain orang tua, sekolah juga memiliki tugas yang sama namun tentunya dalam porsi yang tidak sebesar orang tua, sebab orang tua merupakan sosok orang dewasa yang dapat mendampingi anak-anak lebih lama daripada guru-guru yang ada di sekolah. Maka dari itu, orang tua memiliki andil yang besar untuk mengarahkan anak-anaknya dalam memilah informasi yang mereka dapatkan di internet. Selain itu, tentunya orang tua juga perlu untuk menjadi teladan yang baik agar dapat dicontoh oleh anak-anak.

Demikian pidato singkat saya seputar pentingnya peran orang tua untuk mengajarkan pendidikan moral kepada anak-anaknya. Semoga apa yang telah saya sampaikan tadi bermanfaat dan jika ada kata-kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum wr, wb.

Contoh Pidato Pendidikan Moral Mengenai Cara Terbaik Menerapkan Pendidikan Moral Kepada Anak


Assalamualaikum wr, wb

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini,

Sebelum saya memulai pidato yang akan saya sampaikan ini, marilah kita semua mengucapkan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya yang selama ini telah diberikan kepada kita semua. Berkat rahmat dan karunia-Nya itu pula kita semua masih diberi kesempatan untuk berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Adapun materi pidato yang akan saya sampaikan berkaitan dengan semakin melemahnya pendidikan moral yang terjadi pada generasi muda penerus bangsa Indonesia. Seperti kita ketahui bersama, akhir-akhir ini, seringkali kita melihat beragam perlakuan buruk yang dilakukan oleh masyarakat, mulai dari kalangan bawah, menengah bahkan kalangan atas. Beragam perlakuan buruk itu diantaranya seperti pencurian, penipuan, pembunuhan, pemerkosaan, narkotika hingga tindakan korupsi. Tentunya hal-hal buruk seperti itu selain berbahaya juga dapat merugikan negara, khususnya tindak pidana korupsi yang seringkali dilakukan oleh manusia-manusia berpendidikan tinggi namun sayangnya memiliki kesadaran moral yang sangat rendah.

Semakin melemahnya moralitas yang terjadi di masyarakat kita akhir-akhir ini sungguh sangat memprihatinkan. Lalu, sebaiknya apa yang perlu dilakukan untuk dapat meminimalisir segala perlakuan buruk tersebut? Salah satu cara yang perlu dilakukan tentu saja dengan menerapkan pendidikan moral sejak usia dini, sebuah pendidikan yang berdasarkan pengembangan moral sehingga anak didik bukan hanya sekedar memiliki otak yang cerdas namun juga moral yang baik.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Adapun cara paling efektif yang dapat digunakan untuk bisa menerapkan pendidikan moral sejak usia dini adalah dengan menjadikan diri kita sendiri sebagai teladan yang memiliki moral baik dihadapan mereka. Proses pembelajaran moral sebaiknya juga dilakukan dengan cara semenarik mungkin, serta melibatkan anak dalam proses tersebut, sehingga pendidikan moral yang diterapkan tidak terkesan hanya berjalan secara satu arah saja, melainkan dua arah karena juga melibatkan anak didik.

Menerapkan proses pendidikan moral sejak usia dini memang bukan perkara yang mudah dan tentunya waktu yang dibutuhkan pun tidak singkat. Namun, jika kita berhasil menerapkan pendidikan moral yang baik, maka tentunya hasil yang dapat kira rasakan pun akan setimpal. Oleh sebab itu, marilah mulai dari sekarang kita berusaha untuk menerapkan pendidikan moral terhadap anak-anak kita, bukan hanya di lingkungan keluarga dan sekolah saja, melainkan juga di lingkungan sekitar kita sehingga anak-anak pun dapat berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Menerapkan proses pendidikan moral tersebut diharapkan dapat membuat generasi penerus bangsa Indonesia menjadi cerdas pola pikirnya serta baik pula moralitasnya.

Saya kira cukup sekian pidato singkat saya kali ini, dengan segenap kerendahan hari, saya mohon maaf jika sekiranya ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih atas perhatiannya, dan semoga segala yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum wr, wb.

Demikian dua jenis contoh pidato pendidikan moral yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi pada saat akan menyusun teks pidato. Semoga dengan adanya contoh pidato diatas dapat lebih meningkatkan wawasan Anda sekaligus dapat pula memudahkan Anda dalam mengkreasikan kata-kata dalam penyusunan teks pidato khususnya pidato yang terkait dengan tema pendidikan moral.


Kumpulan Contoh Pidato Tentang Disiplin Yang Dapat Memberikan Motivasi

Contoh Pidato Tentang Disiplin
Contoh Pidato Tentang Disiplin
Salah satu kebiasaan yang membuat banyak orang mengalami kegagalan dalam hidup adalah kebiasaan kurang menerapkan kedisiplinan dalam hidupnya. Seseorang dapat berhasil tanpa memiliki bakat ataupun keahlian asalkan ia tekun dan disiplin dalam melakukan pekerjaan yang sudah dipercayakan kepadanya. Nah, oleh sebab itu biasanya pula orang-orang membutuhkan motivasi agar mereka terpacu untuk menerapkan kedisiplinan dalam hidupnya, maka dari itu berikut ini ada beberapa contoh pidato tentang disiplin yang bertujuan memberikan motivasi kepada mereka yang seringkali mengabaikan sikap disiplin sehingga mulai dari sekarang hidupnya dapat berubah menjadi lebih disiplin.

Contoh Pidato Tentang Disiplin Yang Perlu Diterapkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Assalamu’alaikum wr.wb

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena masih memberikan kesempatan kepada kita semua untuk berkumpul di tempat ini. Berkat rahmat dan karunia-Nya pula kita semua dapat berkumpul di hari yang cerah ini dalam keadaan yang sehat walafiat. Dalam kesempatan kali ini, izinkan saya untuk menyampaikan pidato bertema kedisiplinan khususnya mengenai jenis disiplin yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Para hadirin yang berbahagia,

Disiplin merupakan sikap patuh terhadap peraturan yang ada dengan tujuan untuk membuat semua hal yang dilakukan menjadi teratur sehingga dapat sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan beragam jenis disiplin, diantaranya seperti disiplin di rumah, disiplin di sekolah, hingga disiplin di jalan raya.

Membiasakan diri untuk hidup disiplin mulai dari kegiatan sehari-hari di rumah merupakan salah satu cara kita dapat menegakkan disiplin dimana saja. Misalnya disiplin mulai dari bangun tidur, beraktifitas di pagi hari mempersiapkan beragam hal yang diperlukan baik itu untuk sekolah atau bekerja, disiplin mengerjakan pekerjaan rumah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan hingga disiplin dalam beribadah dalam hal ini melaksanakan ibadah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pada dasarnya jika kita membiasakan diri untuk disiplin di rumah mulai dari hal-hal yang kecil akan membuat kita juga terbiasa untuk disiplin dimana pun kita berada.

Sementara itu, disiplin di sekolah difasilitasi oleh sekolah untuk bisa memelihara perilaku siswa agar tidak menyimpang sekaligus mendorong siswa agar dapat berperilaku sesuai dengan peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah serta sesuai pula dengan norma yang berlaku di masyarakat. Seorang siswa yang patuh dan taat terhadap aturan yang berlaku di sekolah berarti telah menjalankan disiplin siswa, sedangkan segala peraturan dan tata tertib yang mengatur perilaku siswa disebut sebagai disiplin sekolah.

Disiplin di sekolah juga bertujuan untuk mencegah terjadinya perilaku negatif yang dilakukan oleh siswa, misalnya saja seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas, geng motor, serta beragam tindakan yang merugikan diri sendiri dan masyarakat umum khususnya yang sudah menjurus ke arah kriminal. Bukan hanya itu saja, namun disiplin di sekolah juga diharapkan dapat mengurangi tindakan siswa yang berkaitan dengan sekolah, misalnya saja seperti mencontek, bolos sekolah, perkelahian antar siswa dan lain sebagainya. Hal-hal seperti itulah yang membuat disiplin di sekolah sangat diperlukan.

Sedangkan di lingkungan masyarakat yang cenderung lebih luas dan majemuk, disiplin juga sangat diperlukan, khususnya ketika kita berada di tempat umum, misalnya seperti jalan raya. Disiplin di jalan raya akan membuat kita semua menjadi lebih taat terhadap peraturan lalu lintas, misalnya seperti tidak memakai helm, kendaraan tidak dilengkapi dengan spion, tidak memakai sabuk pengaman dan bahkan mengendarai kendaraan bermotor secara ugal-ugalan. Perilaku yang melanggar peraturan lalu lintas itu akan bisa merugikan diri sendiri juga masyarakat sekitar, apalagi jika menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Pada dasarnya, jika kita tidak disiplin maka hal tersebut akan bisa menyebabkan kerugian pada diri kita sendiri dan bahkan kerugian untuk orang lain. Oleh sebab itu, tentunya tidak ada ruginya jika kita mulai dari sekarang menegakkan kedisiplinan sehingga hidup kita pun akan lebih teratur dan lebih baik. Selain itu, sejak dini, sebaiknya kita juga perlu menanamkan sikap disiplin, agar pada saat dewasa sudah semakin terbiasa untuk hidup disiplin.

Saya kira cukup sekian pidato saya yang membahas tema tentang disiplin dalam hidup, jika ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf, terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum wr.wb

Contoh Pidato Tentang Disiplin Mengenai Disiplin Waktu


Assalamu’alaikum wr.wb

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini,

Pertama-tama marilah kita menghaturkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sebab atas rahnat dan karunia-Nya saat ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir di acara ini dalam keadaan sehat walafiat.

Para hadirin sekalian yang berbahagia,

Seperti kata pepatah berbahasa Inggris, “Time is Money” atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti “Waktu adalah uang”. Pepatah tersebut ingin menunjukkan bahwa waktu merupakan suatu hal yang sangat berharga, maka sudah selayaknya kita semua mulai membiasakan diri untuk disiplin dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Pada dasarnya, setiap orang harus membiasakan diri untuk disiplin, sebab dengan kedisiplinan maka aktivitas yang dikerjakan akan lebih teratur sehingga hasil dari apa yang kita kerjakan itu akan lebih baik.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Ragam disiplin pun terbilang cukup banyak, mulai disiplin mentaati peraturan sekolah, disiplin dalam hal mengatur keuangan, disiplin mematuhi peraturan lalu lintas dan masih banyak yang lainnya. Namun, pada intinya, kita harus selalu berusaha untuk disiplin dalam segala hal yang kita kerjakan, dengan tujuan agar kita dapat mendapatkan hasil yang maksimal serta kita tidak akan menyesal di kemudian hari.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Salah satu kunci utama untuk dapat meraih kesuksesan dalam hidup adalah dengan mengerjakan segala sesuatunya secara disiplin. Sikap disiplin juga harus dimulai sejak dini serta dari hal-hal yang kita anggap sepele, misalnya saja seperti datang ke sekolah atau ke tempat kerja tepat pada waktunya, disiplin menyisihkan uang untuk ditabung, disiplin dalam membagi waktu dan lain sebagainya. Sikap disiplin akan membuat kita bisa mendapatkan hasil maksimal dari semua yang kita kerjakan yang sekaligu dapat membuat hidup kita pun menjadi lebih baik. Jadi, marilah kita mulai dari sekarang berusaha untuk membiasakan diri bersikap disiplin agar nantinya kehidupan yang kita jalani dapat terasa lebih mudah.

Demikian pidato yang saya sampaikan, semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat. Terima kasih atas perhatiannya, jika ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wasalamualaikum Wr. Wb

Itulah beberapa contoh pidato yang bisa dijadikan sebagai referensi jika Anda saat ini sedang kebingungan mencari contoh pidato tentang disiplin yang singkat dan relatif mudah dihafal. Semoga dengan adanya dua contoh pidato tersebut Anda semakin dimudahkan dalam menyusun sebuah teks pidato dengan tema kedisiplinan.

Bagian Pertama
Fransisca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel