1001 Contoh Pidato Tentang Pergaulan Bebas Ini Singkat Dan Mudah Dipahami Remaja

Contoh Pidato Tentang Pergaulan Bebas - Selain tema yang berkaitan dengan pendidikan, tema pergaulan bebas juga terbilang cukup populer untuk dijadikan sebagai subjek pidato khususnya jika sasaran dari pidato tersebut berasal dari kalangan muda usia remaja. Hal tersebut disebabkan karena di zaman yang semakin modern ini, pergaulan bebas di kalangan remaja memang semakin parah. Nah, agar Anda lebih mudah dalam mempelajari metodologi pembuatan teks pidato bertema pergaulan bebas, maka berikut ini ada kumpulan contoh pidato tentang pergaulan bebas yang dapat dijadikan sebagai referensi.
Contoh Pidato Tentang Pergaulan Bebas
Contoh Pidato Tentang Pergaulan Bebas 

Contoh Pidato Tentang Pergaulan Bebas Yang Terkait Dengan Faktor-Faktor Penyebabnya


Assalamu’alaikum Wr.Wb

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Pertama-tama marilah kita semua sejenak memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang hingga saat ini masih melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat dan tanpa ada halangan satupun.

Para hadirin sekalian yang berbahagia,

Kali ini saya akan membahas mengenai sebuah tema yang menarik dan sangat relevan di zaman yang semakin modern seperti saat ini yaitu mengenai pergaulan bebas. Kali ini, saya akan lebih fokus membahas mengenai faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pergaulan bebas di kalangan anak muda usia remaja.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Usia remaja memang merupakan usia yang rawan dan jika tidak hati-hati maka mereka bisa dengan mudahnya terjerumus ke dalam jurang pergaulan bebas yang akan membuat hidup mereka menjadi penuh masalah. Mengapa usia remaja, termasuk rawan terhadap pergaulan bebas? Salah satu alasan utamanya adalah mereka berada dalam masa dimana sedang mencari jati diri, sehingga biasanya lebih mudah terpengaruh. Jika pengaruh yang mereka terima merupakan pengaruh positif, tentu tidak masalah, namun sebaliknya jika pengaruh yang mereka terima adalah pengaruh negatif, maka tentu akan menimbulkan masalah.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Setidaknya ada 3 faktor utama yang dapat membuat remaja lebih mudah terpengaruh pergaulan bebas, yaitu kurang mendapat kasih sayang dan perhatian dari orang tua, kurang memahami pengetahuan tentang keagamaan, dan pengaruh lingkungan yang tidak baik. Oleh sebab itu, sebagai orang tua hendaknya lebih memperhatikan anak, jangan terlalu fokus kepada pekerjaan atau bisnis sehingga malah mengabaikan tingkah laku anak.

Saya kira cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang berkumpul di tempat ini. Jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan, mohon dimaafkan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Contoh Pidato Tentang Pergaulan Bebas Yang Terkait Dengan Akibat Pergaulan Tidak Sehat


Assalamu’alaikum Wr.Wb

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Pertama-tama, sudah selayaknya kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena pada hari yang cerah ini, kita senantiasa masih diberi perlindungan oleh-Nya sehingga masih dapat berkumpul di tempat ini tanpa kurang suatu apapun dan dalam keadaan sehat walafiat.

Para hadirin sekalian yang saya hormati,

Disini dalam kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan pidato dengan tema pergaulan bebas khususnya yang terkait dengan akibat pergaulan bebas tersebut. Bergaul dengan teman memang bukan merupakan hal yang negatif, sebab dengan bergaul maka kita dapat mengenal lingkungan di sekitar kita. Namun, pergaulan yang akan dibahas kali ini merupakan pergaulan bebas yang bahkan melanggar norma-norma yang ada dalam masyarakat. Pria dan wanita bergaul bagai tidak ada batasannya, bergaul terlalu intim walau belum resmi menjadi suami istri. Oleh sebab itu, pergaulan bebas seperti itu akan menimbulkan beragam dampak atau akibat buruk, diantaranya seperti hamil di luar nikah, terjangkit penyakit kelamin, penyimpangan perilaku hingga terjangkit HIV/AIDS.

Salah satu penyebab utama hal-hal seperti itu dapat terjadi dikarenakan remaja cendeung memiliki emosi yang labil dan cenderung tertarik untuk mencoba-coba. Maka dari itu, sebaiknya mulai dari sekarang kita bertekad untuk menjauhi pergaulan bebas yang sifatnya negatif, selain itu kita juga harus memiliki kendali atas diri kita sendiri.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberi manfaat khususnya agar kita semua semakin termotivasi untuk menjauhi segala hal yang berkaitan dengan pergaulan bebas. Terima kasih atas perhatiannya, bila ada kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Contoh Pidato Tentang Pergaulan Bebas Terkait Dengan Konsekuensi Yang Harus Ditanggung Pelaku Pergaulan Bebas


Assalamualaikum Wr.Wb

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Pada kesempatan kali ini, pertama-tama marilah kita terlebih dahulu memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmat-Nya kita semua masih diberi kesempatan untuk berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Para hadirin sekalian yang berbahagia,

Pergaulan bebas di zaman yang modern seperti saat ini bagai sebuah wabah sporadis yang sulit untuk dikendalikan. Tentunya hal seperti itu akan sangat berdampak buruk untuk generasi penerus bangsa Indonesia. Dampak buruk tersebut terkait dengan beragam konsekuensi yang harus ditanggung dan dirasakan oleh para pelaku pergaulan bebas itu sendiri.

Konsekuensi pertama yang perlu dipahami sebelum melakukan pergaulan bebas adalah pihak perempuan merupakan pihak yang paling dirugikan. Seperti diketahui, pergaulan bebas biasanya lebih mengarah ke seks bebas. Masyarakat Indonesia sendiri termasuk masyarakat yang sangat menjunjung budaya ketimuran, oleh sebab itu, bagi perempuan, sebaiknya berpikir panjang sebelum nekat melakukan pergaulan bebas, setidaknya kalian harus berpikir apakah pasanganmu nanti masih dapat menerimamu apa adanya?

Memang untuk melakukan pergaulan bebas khususnya seks bebas, pihak pria juga melakukan hal yang sama seperti yang pihak perempuan lakukan, namun setelah melakukannya, maka pria akan memandang mereka dengan sebelah mata. Hal seperti itu memang tidak adil, namun itulah fakta yang terjadi di lapangan dan mau tidak mau harus diterima. Oleh sebab itu, sebagai perempuan hendaknya lebih pandai dalam menjaga diri, jangan mudah terbujuk rayu oleh kata-kata manis yang diucapkan pria.

Sementara itu, konsekuensi pergaulan bebas yang kedua adalah cenderung mudah terjangkit penyakit khususnya penyakit kelamin hingga yang terburuk adalah HIV/AIDS. Sebelum melakukan pergaulan bebas, coba pikirkanlah bahwa apakah pasanganmu itu jujur mengenai jumlah pasangan ataupun kebiasaanya dalam mengkonsumsi obat-obatan terlarang? Mungkin saja memang pasanganmu itu jujur, namun belum tentu pasangannya selain Anda juga jujur. Oleh sebab itu, pergaulan bebas sejatinya membuat nilai kepercayaan dan kejujuran menjadi tercabik-cabik.

Maka dari itu, hindarilah perilaku pergaulan bebas, jika Anda saat ini sudah terjebak dalam pergaulan bebas, mulai dari sekarang berusahalah untuk keluar dari lingkaran setan tersebut. Memang bukan perkara yang mudah untuk memperbaiki sesuatu yang sudah rusak, namun tentunya lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, bukan?  Selain itu, jika Anda merasa kesulitan dan membutuhkan bantuan, segeralah mencari pertolongan profesional di bidangnya. Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, sehingga Anda akan merasa diberi kekuatan lebih untuk menangkal beragam hal-hal buruk termasuk pergaulan bebas.

Demikian pidato yang saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua agar semakin termotivasi untuk menghindarkan diri dari pergaulan bebas. Terima kasih atas perhatiannya dan jika ada kata-kata yang kurang berkenan, mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Itulah 3 contoh pidato tentang pergaulan bebas yang dijelaskan secara detail namun dengan bahasa singkat dan mudah dipahami oleh kalangan muda khususnya usia remaja. Semoga contoh pidato tersebut dapat menjadi bahan referensi yang lebih memudahkan Anda menyusun teks pidato bertema pergaulan bebas.

Bagian ke dua
Fransisca
contohpro.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel