1001+ Contoh Pidato Tentang Agama Ini Singkat Namun Penuh Ajaran Bermakna

Contoh Pidato Tentang Agama - Sudah menjadi tugas kita bersama sebagai umat beragama, khususnya Islam untuk menebarkan kebaikan. Salah satu contoh sikap menebar kebaikan adalah dengan saling tolong menolong. Menolong orang lain bukan hanya dapat dilihat dari seberapa besar harta yang kita berikan, namun juga dari banyak hal lainnya, seperti jasa, ilmu, dan juga tenaga. Satu hal yang perlu diperhatikan ketika menolong orang lain adalah kita harus ikhlas dalam memberikan pertolongan tersebut. Nah, kali ini, akan dibahas juga mengenai contoh pidato tentang agama yang penuh dengan ajaran bermakna, termasuk ajaran untuk menolong sesama. Jika Anda saat ini sedang mencari contoh pidato yang berkaitan dengan ajaran agama, maka beberapa contoh pidato ini dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi.
Contoh Pidato Tentang Agama
Contoh Pidato Tentang Agama 


Contoh Pidato Tentang Agama Terkait Dengan Perbuatan Tolong Menolong Antar Sesama


Assalamualaikum Wr.Wb

Para hadirin sekalian yang dimuliakan Allah

Pertama-tama marilah kita memanjatkan syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya, maka kita semua masih diberikan kesempatan untuk berkumpul di hari yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat.

Para hadirin sekalian yang berbahagia,

Kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato bertema perbuatan tolong menolong antar sesama demi terwujudnya kebaikan. Saudara-saudara seiman dan seakidah, tahukah Anda bahwa agama Islam mengajarkan kepada seluruh umatnya untuk dapat berlaku adil serta berusaha untuk terus berbuat kebajikan kepada siapa saja. Dengan demikian, agama Islam juga secara tegas melarang kepada umatnya untuk berbuat kejahatan atau zalim kepada orang lain. Oleh sebab itu, umat Islam wajib untuk saling tolong menolong demi terwujudnya kebaikan, serta saling tolong menolong pula untuk menghalau dan melarang segala kemaksiatan yang dapat menghasilkan dosa.

Para hadirin sekalian yang berbahagia.

Perjuangan di jalan Allah harus dilaksanakan, tolong menolong dalam kebaikan itu juga termasuk cara manusia untuk berjuang di jalan Allah. Oleh sebab itu, bagi orang yang membantu terlaksananya perjuangan tersebut akan mendapatkan pahala seperti pahala yang berasal dari perjuangan tersebut. Saya rasa cukup sekian pidato singkat yang saya sampaikan, intinya saling tolong menolong dalam kebaikan itu juga merupakan salah satu wujud nyata dari ketaatan terhadap Allah SWT. Semoga apa yang sampaikan ini bermanfaat, terima kasih atas perhatiannya dan jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Contoh Pidato Tentang Agama Terkait Dengan Tolong Menolong Dalam Bentuk Sedekah


Assalamualaikum Wr. Wb

Para hadirin yang saya hormati, pertama-tama marilah kita semua memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang hingga kini tiada henti memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita semua masih diberikan kesempatan untuk berkumpul di hari yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat. Selain itu, tak lupa pula kita harus mengumandangkan shawalat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah memberikan kita pengajaran untuk selalu peka terhadap sesama dengan cara memberikan pertolongan dalam bentuk sedekah.

Para hadirin sekalian yang berbahagia,

Sebelumnya saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih saya yang telah diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato dalam acara ini, dan kali ini saya ingin menyampaikan sebuah pidato dengan tema tolong menolong dalam bentuk sedekah. Sebenarnya, sedekah sangat bermanfaat, baik untuk pemberi sedekah maupun penerima sedekah.

Bagi pemberi sedekah, perbuatan tersebut dapat menjadi penyebab semakin bertambahnya rezeki. Perlu diketahui dan dipahami, dengan kita menolong orang yang tidak mampu secara finansial dalam bentuk sedekah, maka rezeki kita tidak akan berkurang melainkan sebaliknya, harta yang kita miliki akan terus bertambah. Hal tersebut dikarenakan sedekah merupakan perantara dari tercapainya sebuah hakikat mengenai kebaikan. Bisa dibilang bahwa sedekah itu merupakan bukti nyata dari kebaikan antar sesama. Seseorang yang rajin bersedekah akan selalu didoakan oleh malaikat sebaliknya seseorang yang kikir tidak mau bersedekah akan dilaknat oleh malaikat.

Oleh sebab itu, sebagai makhluk beragama khususnya kita umat Islam, sudah seharusnya kita memanfaatkan peluang mendapatkan berjuta pahala dengan rajin menolong sesama yang membutuhkan termasuk dengan memberikan sedekah kepada orang-orang miskin. Namun, jika misalnya kita juga termasuk orang yang kekurangan dari segi harta, kita juga bisa bersedekah dengan cara yang lain, sebab ada banyak cara untuk bersedekah, bahkan menurut Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bahwa senyum yang ikhlas kepada sesama juga termasuk sedekah

Demikian pidato saya yang terkait dengan perbuatan tolong menolong dalam bentuk sedekah yang diajarkan dalam agama Islam. Semoga, sebagai manusia kita dijauhkan dari sifat kikir dan takut merasa miskin karena sedekah, sebab hal seperti itu malah hanya akan menjadi penghalang datangnya rahmat dari Allah SWT. Terima kasih atas perhatiannya dan jika ada sekiranya kata-kata dari saya yang kurang berkenan maka mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Contoh Pidato Tentang Agama Terkait Dengan Menolong Sesama Dalam Bentuk Zakat


Assalamualaikum Wr. Wb

Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya yang tiada henti dilimpahkan kepada kita, terbukti dengan kita saat ini yang masih diberi kesempatan untuk dapat berkumpul di hari yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat. Shalawat serta salam juga semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah  mengajarkan ajaran Islam, sehingga kita dapat membedakan mana yang baik dan buruk.

Para hadirin sekalian yang berbahagia,

Sebagai umat Islam, salah satu kewajiban yang harus dilakukan adalah membayar zakat fitrah. Hal tersebut perlu dilakukan, sebab zakat merupakan pembersih dosa orang yang sedang berpuasa. Meskipun demikian, ada pengecualian, sebab jika fakir miskin mereka tidak wajib membayar zakat sebab mereka yang akan menerima zakat.

Para hadirin sekalian yang berbahagia,

Perlu diketahui, bahwa zakat fitrah itu sangat penting untuk dilakukan, apalagi bagi kita yang mampu secara finansial, sebab segala ibadah yang kita lakukan selama bulan Ramadhan akan bergantung antara langit dan bumi dan tidak akan sampai kehadirat Allah SWT jika kita tidak menunaikan ibadah memberikan zakat fitrah kepada fakir miskin.

Saya kira, cukup sekian pidato singkat yang saya sampaikan terkait dengan perbuatan menebar kebaikan dan menolong sesama dalam bentuk pemberian zakat fitrah. Semoga kita semua yang hadir di acara ini selalu dilimpahi dengan berkah dan rahmat serta terhindar dari sifat tamak, kikir, gila harta serta semua sifat buruk yang berkaitan dengan duniawi. Atas perhatian para hadirin sekalian saya ucapkan terimakasih dan jika sekiranya ada kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan, maka saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Itulah beberapa contoh pidato tentang agama yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi, jika saat ini Anda sedang mencari bahan membuat teks pidato yang bertema keagamaan khususnya yang berkaitan dengan perbuatan tolong menolong demi terwujudnya kebaikan.

Bagian ke Pertama

Fransisca
Contohpro.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel