38 Perbedaan Arti Mimpi Menikah Menurut Primbon, Islam Dan Ilmu Psikologi

Arti Mimpi Menikah Menurut Primbon, Islam Dan Ilmu Psikologi
Arti Mimpi Menikah - Salah satu fenomena unik yang sering dialami manusia selama hidupnya adalah mimpi. Setiap orang pasti mengalami mimpi yang berbeda-beda, di antara sekian banyak macam mimpi yang bisa terjadi ketika manusia tidur, ada sebagian orang yang kemudian merasa penasaran dengan arti di balik mimpi yang baru saja dialaminya, contohnya saja seperti arti mimpi menikah. Seperti yang kita tahu, mimpi pada dasarnya merupakan pengalaman alam bawah sadar saat tidur yang biasanya melibatkan beberapa indera secara sekaligus, seperti pengelihatan dan pendengaran serta pikiran dan perasaan dan lain sebagainya. Gerakan mata yang cepat atau dikenal juga dengan istilah rapid eye movement (REM sleep) menunjukkan bahwa seseorang sedang mengalami mimpi dalam tidurnya.

Tahukah Anda, bahwa setiap kali manusia tidur, maka mereka akan mengalami mimpi? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ahli, diketahui bahwa dalam setiap 8 jam manusia tidur, setidaknya mereka mengalami mimpi selama 100 menit, namun sekitar 95% dari mimpi yang dialami manusia itu tidak bisa diingat ketika mereka terbangun, umumnya, manusia hanya bisa mengingat 5% dari mimpi mereka, yaitu mimpi yang terjadi beberapa saat sebelum manusia bangun dari tidurnya.

Penyebab Manusia Bermimpi

Sebelum membahas mengenai arti dibalik mimpi, ada baiknya, Anda terlebih dahulu mengetahui tentang penyebab manusia dapat mengalami mimpi. Pada dasarnya, ketika seorang manusia tidur, maka sudah pasti segala panca indera yang dimiliknya tidak bekerja, namun tentunya bagian otak manusia tetap bekerja. Seperti kita ketahui bersama, bahwa otak merupakan pusat dari segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia, oleh sebab itu, otak selalu akan mendapat pesan dari panca indera serta mengatur berbagai kegiatan yang dilakukan manusia ketika mereka tidak tidur. Nah, saat manusia tertidur, otak masih bekerja dan bahkan lebih aktif ketika manusia mengalami mimpi, maka dari itu otak bisa menciptakan berbagai gambaran dalam bentuk imajinasi.

Menurut Lauri Loewenberg, seorang ahli yang juga penulis buku Dream On It: Unlock Your Dreams, Change Your Life, “Mimpi merupakan suatu proses berpikir dan pada dasarnya adalah kelanjutan dari pikiran kita sepanjang hari, jadi semua yang manusia pikirkan saat mereka tidak tertidur itu akan terus berlanjut bahkan saat mereka tidur. Ketika seseorang tertidur, otak yang mengontrol pikiran linear serta logika memang untuk sementara tidak aktif, namun bukan berarti otak sama sekali tidak bekerja saat manusia tidur, sebab area otak yang mengontrol emosi akan lebih aktif. Jadi, pada intinya, segala hal yang dipikirkan dan dirasakan manusia sepanjang hari akan terus diproses oleh otak namun di area yang berbeda sehingga manusia akan tetap dapat melihat gambar, simbol, emosi dan juga metafora lewat mimpi.

Selain otak yang terus bekerja saat manusia tertidur, ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan terjadinya mimpi. Faktor-faktor tersebut dibedakan menjadi faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal

Sesuai namanya, tentu saja faktor internal ini akan berkaitan dengan diri manusia itu sendiri, baik secara fisik ataupun mental.

1. Kesehatan jasmani dan keseimbangan setiap elemen dalam tubuh.
Biasanya ketika seseorang sedang sakit, misalnya saja seperti demam tinggi, maka manusia tersebut akan cenderung lebih sering mengalami mimpi yang aneh-aneh. Hal tersebut disebabkan karena pikiran ingin menggambarkan apa yang sesungguhnya terjadi dalam tubuh manusia yang sedang sakit itu. Seseorang yang sedang sakit akan cenderung lemah kesadarannya, oleh sebab itu pikiran memanfaatkan media visual lainnya untuk memperjelasnya.

Ketika seseorang sedang sakit maka elemen-elemen dalam sistem tubuhnya pun akan cenderung menjadi kacau sehingga muncullah berbagai bentuk yang tidak beraturan dalam mimpi. Perlu diketahui ada 4 elemen dalam tubuh manusia, yaitu angin, padat, air, dan api. Jika seseorang dominan unsur angin, maka mimpi yang akan muncul biasanya adalah ragam mimpi yang tidak berkaitan sehingga membuat seseorang merasa gelisah, sementara itu jika seseorang dominan unsur padat, maka ragam mimpi yang muncul akan membuat seseorang merasa takut misalnya dalam bentuk lorong-lorong. Sedangkan jika seseorang itu dominan elemen air, maka ragam mimpi yang muncul akan bertema percintaan atau berkomunikasi dengan orang-orang dan juga berbagai tempat, namun jika seseorang itu dominan unsur api, maka ragam mimpi yang muncul akan terlihat seperti melayang, perkelahian, dan berbagai aksi heroik. Jadi, jika seseorang sedang sakit, elemen dalam tubuh akan menjadi tidak seimbang dan hal tersebut akan menimbulkan disharmonisasi mimpi tergantung dengan elemen dalam tubuh yang paling dominan atau penggabungan dari berbagai elemen tersebut.

2. Perubahan dari aktivitas organ tubuh
Faktor internal ini bisa lebih mudah dijelaskan dengan menggunakan contoh, misalnya seperti jika sebelum tidur Anda terlalu banyak minum dan lupa untuk terlebih dahulu buang air kecil, maka saat tengah malam, kandung kemih penuh dan hal tersebut tentunya akan membuat Anda ingin buang air kecil, saat itu juga pada saat Anda masih sedang terlelap tidur maka biasanya Anda akan mimpi yang berhubungan dengan keinginan untuk buang air kecil. Atau, misalnya saja ketika Anda sepanjang hari itu kelelahan maka bukan tidak mungkin, Anda akan bermimpi seakan sedang memikul benda berat, dan lain sebagainya.

3. Ingatan
Ketika ada sebuah kejadian yang sangat mengesankan dalam hidup Anda, maka peristiwa tersebut akan terekam dan kemungkinan besar bisa muncul sebagai mimpi. Terdapat berbagai ingatan yang bisa muncul dalam mimpi, mulai dari peristiwa yang dialami belum lama ini atau bahkan berbagai ingatan dari masa lampau (jika Anda termasuk orang yang meyakini reinkarnasi itu ada)

4. Emosi
Berbagai jenis emosi juga bisa muncul ke dalam mimpi, misalnya saja, emosi dalam bentuk harapan, kebahagiaan, ketakutan, dan juga kesedihan. Penggambaran dalam mimpi pun bisa berlawanan atau juga sejalan dengan emosi terkuat yang sedang mempengaruhi orang tersebut.

Faktor Eksternal

Sementara itu, umumnya ada 2 faktor eksternal yang memiliki peran terhadap munculnya mimpi

1. Aktifitas di sekitar orang yang tidur
Tanpa disadari, ketika seseorang sedang terlelap tidur, pikiran merekam berbagai aktifitas dan kemudian membuat berbagai ukuran sebelum orang tersebut tidur, sehingga jika terjadi aktifitas di sekitar orang tidur itu akan terbawa ke alam bawah sadar dan kemudian menjadi mimpi, misalnya seperti saat pintu kamar diketuk orang, maka orang yang sedang tidur itu mendadak mimpi ada orang yang memanggil namanya.

2. Tanda hadirnya makhluk halus
Faktor ini seringkali menjadi perdebatan, sebab banyak orang yang tidak bisa membedakannya dengan halusinasi yang dipicu oleh rasa takut akan kondisi dan situasi di tempat tertentu.

Proses Terjadinya Mimpi

Setiap orang pasti pernah merasakan mimpi saat tidur, namun tahukah Anda bagaimana sebenarnya proses terjadinya mimpi itu? Pertanyaan mengenai proses terjadinya mimpi terlihat sederhana namun sebenarnya sangat sulit untuk dijawab, apalagi bagi mereka yang biasanya hanya menganggap mimpi sebagai bunga tidur, sehingga tidak perlu terlalu dipikirkan baik itu makna dibalik mimpi atau bahkan bagaimana seseorang yang tidur dapat mengalami dan merasakan bermimpi.

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya sepertiga dari hidup manusia itu dihabiskan untuk tidur? Ya, tidur memang sangat diharuskan dilakukan oleh manusia, sebab dengan tidur, tubuh Anda pun akan dapat beristirahat, namun saat tubuh beristirahat itupun otak manusia tidak beristirahat sepenuhnya sebab organ tubuh yang satu itu akan tetap mengolah informasi yang diserap manusia. Saat tidur itu pula maka manusia akan mengalami mimpi yang berdasarkan sejumlah penelitian diketahui bahwa mimpi adalah sebuah refleksi dari keinginan alam bawah sadar manusia yang tidak terwujud saat manusia itu sedang terjaga. Manusia dapat mengalami mimpi pada setiap fase tidurnya, dan untuk memunculkan mimpi tidak perlu harus melibatkan rangsangan tertentu, misalnya saja seperti rangsangan visual, karena mimpi disebabkan oleh proses biologis yang terjadi pada bagian internal tubuh.

Jika dijelaskan secara ilmiah, sejumlah penelitian sudah melakukan pengamatan sehingga para ahli yang melakukan beragam pengamatan tersebut mampu menarik kesimpulan, seputar proses terjadinya mimpi. Untuk lebih jelasnya akan dibahas pada ulasan singkat di bawah ini :
Mimpi dapat terjadi dari sebuah proses yang terjadi dalam otak manusia. Perlu diketahui bahwa sel otak besar pada manusia yang letaknya ada di belakang otak secara periodic akan pecah dalam selang waktu kurang lebih sekitar 90 menit. Pecahnya sel otak besar itu kemudian akan mengirim stimuli atau rangsangan yang sifatknya random pada bagian korteks (batang otak). Peristiwa tersebut akan berakibat pada bagian memori sensorik, kontrol syaraf serta kesadaran pada otak akan terangsang secara acak yang mana dampak dari adanya rangsangan tersebut akan terjadi pada puncak bagian korteks otak.

Mengacu pada proses terjadinya mimpi yang telah diteliti oleh sejumlah para ahli, ada pula 3 jenis teori yang berkaitan dengan mimpi, yaitu:

  • Phenomenological-clinical (top down)

Teori ini menyimpulkan bahwa ketika terjadi rangsangan neurologi yang berasal dari otak dan pada akhirnya memicu terjadinya proses mimpi maka isi dari mimpi tersebut bisa saja berasal dari kebutuhan keinginan atau bisa juga asalnya dari keinginan, kebutuhan atau juga harapan dari pikiran bawah sadar serta kehidupan sehari-hari orang yang bermimpi itu.

  • Neurology (bottom up)

Teori ini menyimpulkan bahwa mimpi sama sekali tidak memiliki makna khusus yang harus dipikirkan oleh manusia yang bermimpi

  • Context analysis

Teori yang berada diantara kedua teori tersebut (phenomenological clinical dan neurology
Pada tahun 1953, seorang peneliti bernama Nathaniel Kleitman berhasil menemukan teori penting tentang fase rapid eye movement (REM) dalam tidur. Alasan mengapa fase tersebut dinamakan REM karena berdasarkan penelitian yang dilakukan Kleitman dengan melibatkan sukarelawan sebagai subjek penelitian, ditemukan bahwa saat manusia atau hewan tidur maka mereka akan memasuki fase REM yang ditandai dengan pergerakan bola mata saat mata terpejam terlihat cepat secara beraturan. Sukarelawan yang ikut dalam penelitian itu tertidur dengan dipakaikan beragam peralatan, diantaranya seperti pengukur gelombang otak (Electro Encephalo Gram), pengukur pergerakan otot (Electro Myo Gram) dan pengukur gerakan bola mata (Electro Oculu Gram).

Dalam penelitian yang melibatkan sejumlah sukarelawan tersebut, ada 90% subjek penelitian yang ketika bangun saat mengalami fase REM dalam tidurnya melaporkan bahwa mereka mengalami mimpi. Selain itu, ada sekitar 60% subjek penelitian yang ketika bangun sebelum mengalami fase REM dalam tidurnya mengaku bahwa mereka juga mengalami aktifitas yang mirip mimpi.  Berdasarkan sebuah riset laboratorium mengenai mimpi, subjek yang bangun dari tidurnya setelah mengalami fase rapid eye movement (REM) diteliti aktifitas mentalnya selama tidur dan diketahui hasilnya bahwa manusia yang mengalami fase REM juga mengalami mimpi setiap malam.

Ketika mengalami mimpi dalam fase REM, manusia juga mengalami peningkatan detak jantung, helaan nafas, tekanan darah, konsumsi oksigen serta pengeluaran getah lambung. Tidur paradoks itulah istilah yang juga dikenal sebagai fase REM dalam tidur manusia, sebab karakteristiknya berada diantara light sleep atau tidak fase awal dengan deep sleep atau tidur fase lanjut. Jika berdasarkan peralatan pengukuran yang digunakan pada saat penelitian, fase REM merupakan fase tidur awal (tingkat I) pada saat diukur menggunakan alat EEG, sedangkan fase REM merupakan fase tidur lanjut (tingkat IV) pada saat diukur menggunakan alat EMG, hal tersebut disebabkan karena sebagian besar secara bersamaan otot tubuh manusia ketika memasuki fase tidur lanjut seakan-akan dilumpuhkan, agar dapat mencegah tubuh secara fisik mengikuti gerak tubuh dalam mimpi, contohnya seperti berjalan sambil tidur.

Makna Dibalik Mimpi

Berdasarkan penelitian, manusia bermimpi rata-rata selama 90 menit hingga 2 jam, namun hampir tidak ada manusia yang bisa mengingat apa yang diimpikannya dalam durasi sepanjang itu, biasanya mereka hanya ingat mimpi yang terjadi sesaat sebelum mereka bangun. Meskipun gambaran mimpi yang diingat manusia dalam durasi yang sangat pendek dan tidak terlalu jelas, namun tetap saja ada sebagian orang yang merasa resah bahkan gelisah dengan gambaran peristiwa yang terjadi dalam mimpinya, oleh sebab itu, mereka akan berusaha untuk mengetahui makna dibalik mimpi yang baru saja dialaminya itu.

Banyaknya orang yang tertarik untuk mengetahui dan mencoba memahami makna dibalik mimpi itulah yang membuat pembahasan seputar arti mimpi menjadi menarik, bahkan kini semakin banyak pembahasan mengenai mimpi yang diambil dari berbagai sudut pandang, mulai dari sudut pandang keyakinan tradisi seperti primbon Jawa, sudut pandang agama, hingga sudut pandang ilmiah yang berasal dari ilmu psikologi.

Pada dasarnya, tidak ada satupun manusia yang bisa secara tepat mengartikan makna dibalik mimpi, sebab selain mimpi setiap manusia itu berbeda juga disebabkan karena ada beberapa bagian dalam mimpi yang luput dari ingatan dan perhatian manusia. Setidaknya ada 2 karakteristik yang dapat membuat mimpi menjadi semakin sulit untuk diteliti, sehingga makna dibalik mimpi itu pun semakin tidak jelas.

1. Kondensasi Mimpi
Terjadinya kondensasi mimpi, yaitu suatu keadaan yang mana terjadi penumpukan gambaran atau ingatan yang tersimpan dalam alam bawah sadar manusia. Hal tersebut akan membuat pengalaman masa lalu dan masa kini seseorang akan menjadi tumpang tindik dan saling bercampur. Hal seperti itulah, yang terkadang membuat seseorang merasa mimpi yang baru saja dialaminya itu terasa tidak masuk akal.

2 Peralihan
Karakteristik kedua yang membuat mimpi sulit dicari maknanya disebabkan karena adanya peralihan, dalam hal ini mimpi yang terdapat banyak simbol dan tidak sesuai dengan esensi utamanya.

Contohnya seperti, saat seseorang bermimpi dirinya dikejar oleh singa, mungkin esensi utama dari mimpi yang orang itu alami bukan mengenai singat melainkan esensinya adalah sesuatu yang remeh dan sepele. Hal-hal seperti itulah yang membuat sulit untuk mengartikan makna dibalik mimpi.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dengan kata lain, setiap mimpi yang dialami oleh manusia itu memiliki gambaran yang berbeda-beda, hal seperti itu juga termasuk mimpi saya dan mimpi Anda pun berbeda. Meskipun demikian, setidaknya ada esensi utama yang serupa satu dengan yang lainnya, oleh sebab itu, cukup banyak literatur mulai dari primbon Jawa hingga ilmu psikologi yang setidaknya bisa dijadikan sebagai gambaran dari makna dibalik mimpi yang Anda alami.

Ada beberapa jenis mimpi yang seringkali membuat rasa penasaran banyak orang, diantaranya seperti mimpi bertemu dengan hewan buas, mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal, mimpi mendapatkan rejeki seperti emas atau batu permata serta tak ketinggalan mimpi yang berkaitan dengan masa depan, misalnya saja seperti mimpi menikah. Bagi para pria dan wanita yang masih sendiri dan belum memiliki pasangan tentunya mereka akan menjadi sangat penasaran dengan arti mimpi menikah yang baru saja mereka alami itu. Mimpi menikah bukan berarti sepenuhnya Anda akan segera mendapatkan jodoh, sebab cukup banyak pula jenis mimpi menikah yang dapat dijelaskan satu per satu artinya.

Selain itu, sama seperti mimpi lainnya, makna dibalik mimpi menikah itu juga dapat dijelaskan secara berbeda setidaknya berdasarkan 3 aspek berbeda, yaitu menurut primbon Jawa, Islam dan ilmu psikologi.

Arti Mimpi Menikah Menurut Primbon Jawa

Apa Anda pernah bermimpi sedang menjalani prosesi pernikahan? Jika Anda bermimpi menikah, bukan berarti Anda yang belum memiliki pasangan, sebentar lagi akan menemukan jodoh dan kemudian menikah, atau bagi Anda yang sudah beristri, maka akan menikah lagi untuk kedua kalinya. Mimpi menikah tidak bisa diartikan sedangkal itu, apalagi ada berbagai mitos termasuk yang tertera dalam primbon Jawa, yang mengkaitkan mimpi menikah itu malah merupakan pertanda buruk. Nah, jika Anda kini sedang kebingungan dengan mimpi menikah yang baru Anda alami dan kini Anda sedang mencari apa makna dibalik mimpi tersebut, maka untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan berikut ini yang akan menjelaskan ragam arti mimpi menikah berdasarkan primbon Jawa:


  • Mimpi sebentar lagi akan menikah namun tidak terlihat jelas siapa calonnya

Mimpi yang menggambarkan bahwa Anda akan segera menikah namun tidak secara jelas, intinya dalam mimpi Anda, yang diketahui hanyalah Anda akan segera menikah namun tidak jelas seperti apa pernikahannya bahkan calon pasangan Anda pun tidak terlihat jelas. Dalam primbon Jawa, mimpi seperti itu termasuk perlu diwaspadai sebab artinya Anda akan mengalami masalah kesehatan, bisa saja terjangkit penyakit musiman contohnya seperti flu, batuk atau malah jenis penyakit yang lebih berat.


  • Mimpi menikah dengan orang yang tidak dikenal

Mimpi menikah dengan orang tidak dikenal walau secara fisik Anda menyukai orang tersebut, menurut primbon Jawa, mimpi seperti itu berarti Anda akan mengalami kecelakaan kecil yang bisa memberikan bekas luka di tubuh Anda.


  • Mimpi menikah dengan mantan kekasih

Jika Anda bermimpi menikah dengan mantan kekasih, maka menurut primbon Jawa, hal seperti itu berarti dalam waktu dekat akan ada kabar buruk yang menghampiri Anda.


  • Mimpi menikah dengan kekasih

Jika Anda saat ini sedang berpacaran dan tiba-tiba Anda mengalami mimpi menikah dengan kekasih yang saat ini sedang Anda sayangi, tentu saja mimpi seperti itu sangatlah indah. Namun, tahukah Anda, berdasarkan primbon Jawa, mimpi menikah dengan kekasih itu memiliki arti kebalikannya, sebab artinya dalam waktu dekat Anda malah akan merasa sakit hati dan dikecewakan oleh kekasih Anda itu.


  • Mimpi menikah dengan seseorang yang memang Anda inginkan

Pernahkah Anda merasa sangat suka atau terobsesi dengan sosok orang tertentu, meskipun Anda sendiri bisa dibilang tidak terlalu kenal dengan orang tersebut? Jika Anda tertarik dengan seseorang dan orang itu sampai terbawa ke dalam mimpi apalagi sampai Anda bersanding di pelaminan dengannya, maka menurut primbon Jawa itu artinya Anda akan mengalami sakit musiman dalam waktu dekat ini.


  • Mimpi menikah dengan seseorang yang tiba-tiba orang tersebut berubah menjadi anggota keluarga

Jika Anda mimpi menikah dengan seseorang namun orang tersebut ternyata berubah menjadi anggota keluarga, misalnya seperti adik atau kakak Anda tentu saja mimpi seperti itu akan terasa sangat menyebalkan. Mimpi seperti itu dalam primbon Jawa memiliki arti bahwa Anda sebaiknya harus segera berhemat sebab akan mengalami kebutuhan secara mendadak.


  • Mimpi menikah dengan teman

Dalam dunia nyata mungkin Anda sama sekali tidak terbersit dalam pikiran untuk menikah dengan teman sendiri, jangankan berpikir untuk menikah, ada rasa tertentu dengan teman tersebut pun tidak ada. Lalu, kenapa bisa tiba-tiba mimpi menikah dengan teman? Jika hal seperti itu yang Anda alami, maka menurut primbon Jawa, itu artinya Anda akan kedatangan tamu dari jauh atau teman yang sudah lama tidak pernah bertemu.


  • Mimpi menikah dengan suami/istri sendiri

Mimpi menikah dengan suami/istri sendiri tentu saja akan membuat Anda heran. Mimpi seperti itu menurut primbon Jawa berarti Anda akan mendapatkan kejutan yang menyenangkan khususnya dalam hal keuangan, contohnya seperti mendapat bonus, atau mendapat kenaikan pangkat atau jabatan.


  • Mimpi menikah secara berulang kali setiap malamnya namun dengan calon yang berbeda

Mimpi menikah yang terus berulang selama beberapa malam dan dengan calon yang berbeda-beda itu menurut primbon Jawa berarti Anda akan megalami permasalahan keuangan, khususnya penurunan finansial secara bertahap.


  • Mimpi menikah dengan orang yang sangat perhatian kepada Anda

Jika saat ini Anda belum memiliki kekasih, dan memang sedang dekat dengan orang yang sangat perhatian dengan Anda namun hubungan Anda dengan orang tersebut belum ada status yang jelas. Nah, jika Anda kemudian mimpi dengan dia, maka menurut primbon Jawa, itu artinya dia memang kagum terhadap Anda


  • Mimpi menikah tanpa ada pasangan di pelaminan

Jika Anda mimpi menikah tanpa pasangan, maka menurut primbon Jawa artinya Anda akan mengalami kondisi yang terpuruk misalnya seperti bangkrut, kesepian, galau dalam jangka waktu yang cukup lama.


  • Mimpi menikah dengan pasangan yang berbeda agama

Mimpi menikah dengan pasangan yang berbeda agama, menurut primbon Jawa berarti Anda akan melakukan hal yang menurut Anda wajar namun sebenarnya apa yang Anda lakukan itu membuat orang merasa sakit hati.


  • Mimpi baru saja menikah, namun tidak terlihat peristiwa pernikahannya

Dalam mimpi Anda, yang diketahui hanya bahwa Anda sudah menikah namun prosesi atau pesta pernikahannya tidak diperlihatkan. Mimpi seperti itu menurut primbon Jawa berarti Anda akan mendapatkan kesialan yang tidak Anda sangka sebelumnya.


  • Mimpi menikah dengan suami atau istri orang lain

Menurut primbon jawa, jika Anda bermimpi menikah dengan suami atau istri orang lain, itu artinya Anda merasa bahwa kondisi pernikahan Anda tidak lebih baik dari pernikahan orang lain, sehingga tanpa sadar Anda sedang membandingkan kondisi pernikahan Anda yang sedang dalam kondisi kurang harmonis itu dengan kondisi pernikahan orang lain.


  • Mimpi menikah dan dalam jangka waktu yang cukup dekat Anda langsung hamil

Jika Anda mimpi menikah dan kemudian waktu terasa begitu cepat dan kemudian Anda terlihat hamil dalam mimpi itu,maka menurut primbon Jawa berarti berkat usaha keras yang Anda lakukan, Anda akan mengalami peningkatan yang cukup pesat setelah sebelumnya jatuh


  • Mimpi menikah tapi batal

Mimpi menikah tapi batal atau mimpi yang membingungkan antara Anda sudah menikah atau belum itu menurut primbon Jawa berarti Anda akan mendapat keberuntungan dari teman, misalnya saja, mendapatkan hadiah dari teman atau mendapat pekerjaan baru dari kenalan.


  • Mimpi gagal menikah

Jika dalam dunia nyata sebenarnya Anda sudah merencanakan pernikahan dengan cukup matang bersama kekasih Anda, namun tiba-tiba Anda mimpi gagal menikah dengan kekasih Anda itu, maka menurut primbon Jawa, mimpi itu berarti bahwa ada orang lain yang membuat hidupmu terasa menyenangkan, namun Anda tidak menyadarinya.


  • Mimpi istri menikah dengan orang lain

Jika Anda bermimpi istri Anda menikah dengan pria lain, itu tandanya ada yang salah dengan diri Anda. Ada baiknya Anda lebih memperhatikan istri Anda.


  • Mimpi menikah dengan suami orang

Mimpi menikah dengan seorang pria yang Anda sendiri mengetahui bahwa dia sudah beristri. Menurut primbon Jawa, mimpi seperti itu berarti Anda akan mendapatkan kejutan yang membahagiakan dari orang tertentu namun disisi lain akan ada orang yang berpikir negatif tentang diri Anda.


  • Mimpi dilamar untuk dinikahi oleh orang yang tidak dikenal

Menurut primbon Jawa, jika Anda mimpi dilamar oleh orang dikenal namun Anda menolak atau tidak memberi jawaban apapun, maka itu artinya Anda akan baik-baik saja, namun jika Anda menerima pinangan tersebut, maka berarti Anda dalam waktu dekat akan sakit.


  • Mimpi melihat teman menikah

Jika Anda melihat teman menikah, maka menurut primbon Jawa, orang yang Anda lihat sedang menikah dalam mimpi tersebut akan mengalami peristiwa buruk, misalnya seperti kecelakaan atau sakit.


  • Mimpi saudara menikah

Jika Anda menyaksikan pernikahan salah satu anggota keluarga, misalnya adik Anda, maka menurut primbon Jawa itu artinya adik Anda itu akan mengalami peristiwa yang tidak baik, dan akan berdampak pada anggota keluarga lainnya.


  • Mimpi menyaksikan orang tua menikah lagi

Jika Anda melihat atau menjadi saksi dari pernikahan orang tua Anda, maka menurut primbon Jawa, mimpi tersebut berarti pertanda sial akan menimpa keluarga Anda dan bisa mengganggu kedamaian dalam keluarga Anda.


  • Mimpi memiliki keingingan menikah yang sangat besar

Jika Anda bermimpi sangat ingin menikah padahal hal tersebut sangat bertentangan dengan diri Anda di dunia nyata yang belum terlalu ingin menikah, maka menurut primbon Jawa, mimpi seperti itu berarti aka nada teman yang datang dan kemudian dapat mengubah hidup Anda entah ke arah yang lebih baik atau lebih buruk.

Arti Mimpi Menikah Menurut Islam

Setelah mengetahui arti mimpi menikah menurut primbon Jawa, kali ini yang akan dibahas adalah arti mimpi menikah menurut Islam, yang mana dalam agama Islam meyakini bahwa mimpi mengandung pesan tertentu yang seharusnya memang perlu untuk dipahami agar pesan tersebut bisa tersampaikan secara jelas. Lalu, seperti apa arti mimpi menikah menurut Islam, berikut ini ulasan singkatnya.


  • Arti mimpi menikah dengan kekasih

Dalam kehidupan nyata tentunya Anda akan sangat bahagia jika pada akhirnya hubungan percintaan yang Anda jalin bersama kekasih berlabuh ke pelaminan. Namun, jika pernikahan tersebut hanya mimpi, kebanyakan orang mempercayai bahwa mimpi seperti itu bukan pertanda yang baik, melainkan sebaliknya sehingga Anda perlu waspada sebab bisa saja Anda malah akan dikecewakan oleh kekasih Anda itu. Namun, tentunya menurut agama Islam, mimpi seperti itu terselip sebuah pesan penting yaitu jika pada akhirnya Anda harus menelan rasa kecewa apalagi yang disebabkan oleh kekasih sendiri, maka sebaiknya Anda bersabar dan berlapang dada.


  • Arti mimpi menikah lagi dengan orang lain

Secara umum, kebanyakan orang mengartikan mimpi menikah dengan kemungkinan orang yang bermimpi hal tersebut akan mengalami sakit dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, tentunya menurut Islam, makna dibalik mimpi tersebut sebaiknya tidak difokuskan pada dampak negatifnya saja, melainkan ada baiknya melalui mimpi seperti itu Anda lebih termotivasi lagi untuk menjaga kesehatan dan terus bersabar, sebab seperti yang diketahui sejalan dengan salah satu ayat yang terkandung dalam Al Qur’an yaitu surat Asy-Syura ayat 30 yang menyatakan bahwa akan ada hikmah dibalik setiap penyakit atau musibah yang dialami oleh manusia.


  • Arti mimpi suami/istri menikah lagi

Mimpi seperti ini tentunya terasa bagai sambaran petir yang mengerikan. Setiap manusia yang sudah terikat dalam suatu pernikahan tentu tidak ada yang rela jika pasangan mereka berselingkuh. Namun, jika Anda bermimpi suami/istri menikah lagi, sebaiknya Anda tidak perlu terlalu khawatir, sebab mimpi seperti itu dipercaya sebagai pertanda baik, yaitu mendapatkan rezeki yang berlimpah. Dalam surat Al-Imran ayat 27 dijelaskan bahwa seseorang harus selalu berpikiran positif dan serahkan semua permasalahan kepada Allah serta perlu diingat bahwa segala rezeki yang Anda dapatkan itu bersumber pada Allah.


  • Arti mimpi menikah dengan mantan kekasih

Mimpi menikah dengan manta kekasih terkadang membuat banyak orang menjadi galau, apalagi jika orang tersebut sebenarnya masih menyimpan rasa cinta kepada mantan kekasihnya itu. Namun, makna dibalik mimpi tersebut dipercaya tidak ada kaitannya dengan orang yang pernah ada di masa lalu Anda tersebut, sebab arti dari mimpi menikah dengan mantan kekasih itu adalah Anda akan mendapat kabar buruk dari orang yang menjadi tamu Anda. Hanya saja menurut Islam, sebaiknya Anda tidak boleh terlalu mudah berprasangka buruk, sebaiknya berusahalah untuk terus berprasangka baik seperti yang tertulis dalam Al Qur’an, surat Al-Hujarat ayar 22 yang menyatakan bahwa Anda harus selalu hunsnudon (berprasangka baik) dan selalu berdoa keburukan yang harus Anda alami tersebut dapat mengajarkan sesuatu


  • Arti mimpi menyaksikan orang lain menikah

Mimpi menyaksikan orang lain menikah dipercaya merupakan sebuah pertanda buruk, mulai dari sakit, mendapatkan kesialan hingga pertanda yang paling buruk adalah meninggal. Agar tetap kuat menghadapai segala kemungkinan buruk seperti itu maka ada baiknya Anda semakin mendekatkan diri kepada Allah, sebab semua permasalahan termasuk musibah dan penyakit itu semuanya telah diatur oleh Allah. Cara tersebut tentu sejalan dengan apa yang tertulis dalam Al Qur’an, Surat Al-Baqarah ayat 222 yang menyatakan bahwa Allah menyukai orang yang memutuskan untuk melakukan pertobatan dan semakin mendekatkan diri kepada Allah.


  • Arti mimpi teman menikah

Arti mimpi teman menikah ini seringkali dipercaya sebagai pertanda baik dan menyenangkan sebab Anda akan mendapatkan pujian dari suatu hal yang Anda lakukan. Namun, menurut Islam, tentunya dalam suatu kondisi yang menyenangkan tetap ada yang perlu dipelajari khususnya ketika Anda sedang menghadapi berbagai pujian seperti itu, seperti yang tertulis dalam Al Qur’an surat Asy-Syura ayat 215 yang mengajarkan untuk selalu rendah hati.


  • Arti mimpi menikah dengan orang yang berbeda agama

Jika saat ini Anda sedang memiliki hubungan khusus dengan orang yang berbeda agama dan kemudian terbawa mimpi dengan gambaran Anda menikah dengan orang tersebut, maka sebaiknya Anda perlu untuk lebih berhati-hati, sebab mimpi seperti itu dipercaya memiliki arti bahwa Anda bisa saja menyakiti hati seseorang. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya perlu untuk menjaga perilaku agar tidak menyakiti hati seseorang secara sengaja ataupun tidak disengaja. Hanya saja, jika Anda sudah terlanjur menyakiti hati orang lain, sebaiknya segera minta maaf, seperti yang tertulis dalam Al Qur’an, surat Al-A’raf ayat 199 yang menyatakan bahwa meminta maaf merupakan perbuatan yang mulia terlepas dari perbuatan baik seperti itu tidak mudah untuk dilakukan.


  • Arti mimpi menikah dan tidak lama kemudian langsung hamil

Mimpi seperti ini seringkali dipercaya sebagai sebuah pesan yang memotivasi diri, sebab mimpi ini bermakna bahwa Anda akan mengalami kerugian namun tidak lama kemudian Anda dapat kembali bangkit untuk mencapai kesuksesan. Tentunya, pesan memotivasi diri yang berasal dari mimpi ini juga sejalan dengan agama Islam seperti yang tertulis dalam Al Qur’an, surat Al-Insyirah ayar 1-8 yaitu Anda harus selalu berusaha keras agar cita-cita Anda bisa segera tercapai.


  • Arti mimpi gagal menikah

Mimpi gagal menikah terlihat seperti sebuah peristiwa yang menyakitkan, namun kebanyakan orang malah mempercayai bahwa mimpi seperti itu akan membuat Anda bahagia sebab ada kabar baik yang berasal dari lingkungan sekitar Anda. Tentu saja, makna dibalik mimpi tersebut sejalan apa yang tertulis dalam Al Qur’an khususnya surat Ar-Ra ayat 25 dan Al-Luqman ayat 12 yang mengajak Anda untuk selalu bersyukur serta menjaga tali silaturahmi dengan berbagai orang yang ada di lingkungan sekitar Anda.

Arti Mimpi Menikah Menurut Ilmu Psikologi

Beragam pemahaman mengenai arti mimpi memang terkesan membingungkan, termasuk tentang arti mimpi menikah yang juga bisa dijelaskan artinya menurut ilmu psikologi. Anda penasaran ingin tahu arti mimpi menikah berdasarkan ilmu psikologi? Simak saja ulasan singkat berikut ini.


  • Mimpi menikah dengan mantan kekasih

Seperti kita ketahui, seorang mantan kekasih adalah sosok yang pernah ada dalam hari atau bahkan jika seseorang itu termasuk orang yang sulit untuk jatuh cinta, maka bisa saja mantan kekasih adalah sosok yang akan selalu ada di hati. Nah, jika Anda tiba-tiba bermimpi menikah dengan mantan kekasih, apakah itu artinya, Anda masih memiliki kesempatan untuk bersama dengannya atau setidaknya mantan kekasih itu masih sangat tertanam di pikiran dan hati Anda? Jika Anda penasaran arti mimpi tersebut dilihat dari sudut pandang ilmu psikologi, maka jawaban dari pertanyaan itu adalah sebaliknya, sebab menurut psikolog, jika seseorang mimpi menikah dengan mantan kekasihnya, maka hal seperti itu adalah pertanda bahwa Anda sebenarnya sudah bisa berdamai dengan mantan, sehingga mimpi seperti itu juga sering dijadikan sebagai simbol Anda siap untuk berpindah hati (move on) dan kembali membuka lembaran hidup yang baru bersama orang lain.


  • Mimpi menikah dengan kekasih

Dilihat dari sudut pandang ilmu psikologi, saat Anda bermimpi menikah dengan kekasih, itu tandanya memang pernikahan merupakan keinginan terbesar Anda pada saat itu. Mimpi seperti itu juga dipercaya sebagai pertanda bahwa Anda dan kekasih memang sudah banyak menemukan kecocokan serta emosi diantara kedua belah pihak juga sudah semakin terikat. Jadi, jika diantara Anda dan kekasih memang sudah sama-sama siap maka tidak ada salahnya untuk lebih serius membicarakan topik pernikahan.


  • Mimpi menikah dengan orang yang tidak dikenal

Mimpi menikah namun dengan orang yang sama sekali tidak Anda kenal jika dilihat dari sudut pandang ilmu psikologi berarti Anda sedang memasuki fase baru dalam kehidupan Anda. Jika sebelumnya, terjadi banyak permasalahan yang datang secara beruntun hingga Anda merasa tidak tahu cara terbaik untuk menghadapinya, maka melalui mimpi seperti itu diyakini bahwa titik terang untuk menghadapai permasalahan Anda itu sudah ada di depan mata. Satu per satu permasalahan yang Anda hadapi itu akan terselesaikan dan kemudian Anda siap untuk berubah menjadi sosok manusia yang lebih baik.


  • Mimpi menikah dengan sahabat perempuan

Mimpi seperti ini memang terkesan sangat aneh, sebab tentunya dalam kehidupan nyata, rata-rata setiap wanita tentu ingin bersanding di pelaminan dengan kekasih bukan dengan sahabat apalagi sahabat perempuan. Namun, dilihat dari sudut pandang ilmu psikologi, sebenarnya mimpi yang seperti itu menggambarkan bahwa Anda ingin melindungi sahabat perempuan Anda itu apalagi jika ia memang sedang mengalami permasalahan yang rumit. Maka dari itu, simbol untuk melindunginya, dengan cara menikahinya seperti yang digambarkan dalam mimpi tersebut.


  • Mimpi datang ke pesta pernikahan

Mimpi menghadiri sebuah pesta pernikahan jika dikaitkan dan dilihat dari sudut pandang ilmu psikologi memiliki arti bahwa Anda sedang memiliki sebuah komitmen yang terekam dalam otak. Seperti yang diketahui bersama bahwa pernikahan itu sendiri adalah sebuah simbol dari komitmen yang sangat kuat, sebab pernikahan bagai suatu wadah yang membuat pria dan wanita akan bersatu dalam sebuah bahtera rumah tangga dan diharapkan akan bertahan hingga seumur hidup, sehingga pada dasarnya, contoh komitmen terkuat adalah sebuah pernikahan yang diharapkan dapat bertahan selamanya hingga nanti Tuhan yang memisahkan. Meskipun demikian, komitmen juga beraneka ragam, tidak hanya terbatas dengan komitmen antar dua manusia yang saling mencintai saja, sebab komitmen juga ada yang berkaitan dengan pekerjaan.

Pada dasarnya, arti mimpi menikah itu jika dilihat dari berbagai sudut pandang mulai dari primbon Jawa, Islam hingga ilmu psikologi yang semuanya sudah dibahas secara detail diatas bukan semata-mata berarti Anda ingin segera menikah di kehidupan nyata, melainkan Anda akan menghadapi beragam keputusan dan pengalaman serta tantangan baru yang harus dilewati dalam hidup. Mimpi menikah seperti ini sendiri sebenarnya sering dialami oleh banyak orang sepanjang waktu. Jadi, khususnya bagi Anda yang masih belum menikah dan saat ini masih belum menemukan pasangan yang menurut Anda tepat menemani sepanjang hidup Anda, sebaiknya tak perlu khawatir berlebihan dan terburu-buru ingin menikah ketika tiba-tiba mengalami mimpi menikah.

Kesimpulan :
Artikel tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan pembaca seputar pemahaman terhadap pengertian mimpi dan berbagai versi arti mimpi menikah dilihat dari sudut pandang primbon Jawa, Islam, serta ilmu psikologi.

Fransisca
ContohPro.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel