Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 9 dan 12 disertai cara membuatnya

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 9 dan 12 Yang Mudah Dihafal - Setiap akhir tahun ajaran, setiap sekolah tentunya akan mengadakan acara perpisahan untuk para siswanya yang kemudian akan melanjutkan tingkat pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Pada sebuah acara perpisahan pasti di bagian awal acara akan ada beberapa pidato sambutan mulai dari pidato sambutan dari kepala sekolah, perwakilan guru dan juga perwakilan siswa yang lulus dari sekolah tersebut. Kali ini, kami akan memberikan beberapa contoh pidato perpisahan kelas 6 sekolah dasar. Tidak hanya contohnya saja, namun untuk memudahkan pembuatan naskah pidato, kami juga akan memberikan tips menyusun kerangka pidato yang nantinya diharapkan bisa membantu pembuatan naskah pidato lebih mudah.
Contoh Pidato Perpisahan
via merdeka.com

Kerangka Naskah Pidato Untuk Perpisahan Sekolah 

Pada dasarnya pidato merupakan sebuah komunikasi satu arah yang berisi gagasan seseorang di hadapan orang banyak dan tidak mendapatkan tanggapan langsung dari pendengarnya. Tujuan pidato itu sendiri, ada 3 hal yang harus dipenuhi, yaitu mempengaruhi orang lain, memberikan informasi yang bermanfaat dan membuat orang lain merasa senang, sehingga orang yang mendengar pidato tersebut akan lebih mudah memahami isi pidato.

Nah, untuk bisa mencapai tujuan sebuah pidato yang baik, maka sebelum menulis sebuah naskah pidato ada baiknya Anda membuat kerangka pidato terlebih dahulu. Sebuah kerangka pidato memiliki 3 bagian utama, yaitu bagian pembuka, bagian isi dan bagian penutup. Berikut ini ada contoh sebuah kerangka pidato yang temanya berkaitan dengan tema perpisahan sekolah.

1. Bagian Pembuka

  • Salam pembuka
  • Sapaan penghormatan kepada para tamu yang hadir di acara tersebut
  • Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Tujuan pidato yang akan disampaikan

2. Bagian Isi

  • Ucapan terima kasih kepada para guru
  • Ucapan permohonan maaf dari para siswa
  • Harapan

3. Bagian Penutup

  • Terima kasih atas perhatian dari hadirin yang mendengarkan pidato
  • Permohonan maaf atas kesalahan kata-kata yang disampaikan dalam pidato
  • Salam penutup

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6
via inankito.org


Berikut ini ada 2 contoh pidato perpisahan kelas 6 yang mudah untuk dihafal, baik dalam bentuk singkat dan bentuk yang cukup panjang.

1 Contoh pidato singkat untuk acara perpisahan kelas 6


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kepada yang kami hormati Kepala Sekolah beserta wakil

Yang kami hormati Wali Kelas 6

Yang kami hormati semua Bapak/Ibu Dewan guru

Yang kami hormati semua Bapak/Ibu wali murid

Segala puji dan syukur mari kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, sebab berkat rahmat dan karunianya, saat ini kita masih bisa diperkenankan untuk berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat

Dalam kesempatan kali ini, saya selaku perwakilan siswa dari kelas 6 ingin menyampaikan beribu ucapan terima kasih kepada seluruh bapak dan ibu guru di sekolah ini. Berkat bimbingan dari Bapak dan Ibu guru sekalian, kami bisa menjadi seperti ini, yaitu dapat membaca, menulis, berhitung dan segala hal yang pada akhirnya nanti dapat membuat kami bisa belajar untuk menjadi seorang manusia yang sesungguhnya dan bermanfaat bagi orang lain serta lingkungan sekitar.

Selama ini, Bapak dan Ibu guru sangat sabar dalam membimbing kami, walaupun kami menyadari bahwa tingkah polah kami juga sering membuat Bapak dan Ibu guru merasa jengkel. Namun, meskipun demikian, tiada kata bosan dari Bapak dan Ibu guru untuk mengajar dan mendidik kami. Jasa-jasa kalian itulah yang tidak akan pernah kami lupakan sepanjang hidup kami, sebab tanpa adanya bimbingan dan didikan dari Bapak dan Ibu guru sekalian, hidup kami tentunya akan kurang berarti.

Teman-temanku semua, hari ini, kita akan berpisah, memang berat rasanya sebab hampir setiap hari kita selalu bersama, semua kenangan yang pernah kita buat itu tentu tidak akan pernah terlupakan. Meskipun setelah ini kita berpisah, namun ada baiknya kita selalu berusaha untuk dapat menjaga rasa persaudaraan ini hingga tua nanti.

Sementara itu, untuk Bapak dan Ibu wali murid sekalian, inilah anakmu yang dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Kami mohon untuk terus membimbing kami dengan sabar sebab tentunya kami masih sangat haus bimbingan dari kedua orang tua kami. Bimbing dan didiklah kami ini agar nantinya bisa menjadi seorang anak yang berbakti, baik kepada orang tua, agama, serta bangsa dan negara.

Demikian, pidato singkat untuk mengisi acara perpisahan sekolah kelas 6 ini, semoga kita semua yang saat ini ada di tempat ini dapat memetik hikmah dari apa yang telah kami sampaikan.

Wssalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

2 Contoh pidato panjang untuk acara perpisahan kelas 6


 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Kepada yang kami hormati Kepala Sekolah beserta wakil

Yang kami hormati wali kelas serta Bapak/Ibu dewan guru

Yang kami hormati, para wali murid serta para tamu undangan yang sudah berkenan menyempatkan waktu untuk hadir dalam acara perpisahan kelas 6 ini

Serta tentunya, tidak lupa pula yang kami sayangi semua teman para siswa yang hadir pada acara ini
Puji syukur layak kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan segenap rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih bisa berkumpul bersama dalam acara “Perpisahan dan pelepasan siswa kelas 6”

Tidak terasa, kami sudah menjalani 6 tahun proses belajar mengajar di sekolah ini, di tempat Bapak/Ibu guru dengan sabar membimbing dan menempa kami agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Tidak terasa, waktu berjalan maju dengan begitu cepat, kami pun harus ikut bergerak maju untuk melangkah dan menempuh jenjang pendidikan selanjutnya yang lebih tinggi.

Kami, selaku perwakilan dari siswa kelas 6 ingin rasanya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu guru yang telah mendidik dan mengajarkan berbagai hal bermanfaat kepada kami. Selama 6 tahun membimbing dan mendidik kami tentu saja banyak hal yang telah membuat Bapak/Ibu guru merasa kesal dan jengkel, apalagi ketika tingkat kemalasan kami mulai muncul serta berbagai hal lainnya yang sudah pasti tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Oleh sebab itu, selaku perwakilan dari para siswa kelas 6, izinkan kami untuk mengucapkan permohonan maaf kepada Bapak/Ibu guru dan seluruh civitas akademik yang ada di sekolah ini.

Kami, selaku perwakilan siswa kelas 6 juga ingin berpesan kepada para adik kelas kami agar selalu rajin belajar sebab waktu tidak bisa diulang kembali, namun kalian jika selalu malas belajar maka konsekuensinya adalah mengulang yang berarti tinggal kelas dan tentunya hal seperti itu akan membuat waktu terbuang sia-sia. Ingatlah, bahwa kedua orang tua kalian membanting tulang hanya untuk membuat kalian bisa mengenyam bangku sekolah, maka dari itu jangan pernah sia-siakan kerja keras orang tua kalian dengan cara malas belajar.

Kepada orang tua kami, tentunya kami pun ingin mengucapkan beribu terima kasih karena selalu memberikan dorongan dan motivasi terbaik, sehingga kami pada akhirnya dapat menyelesaikan pendidikan selama 6 tahun di sekolah ini dengan sangat lancar. Keberhasilan kami menyelesaikan pendidikan selama 6 tahun ini tentunya bisa diartikan sebagai satu langkah maju untuk menggapai cita-cita yang kami impikan.

Ada permulaan ada pula akhirnya, ada perkenalan tentu ada pula saatnya kita untuk berpisah, oleh sebab itu, sebelum kami akhiri pidato ini, mohon maaf jika ada segala ucapan dan kalimat yang kami sampaikan sekiranya kurang berkenan di hati. Kiranya cukup sampai disini saja, kami akhiri dengan Wabillahitaufk walhidayah. Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Demikian penjabaran seputar kerangka naskah pidato dan beberapa contoh pidato perpisahan kelas 6, semoga bisa bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai referensi ketika Anda membutuhkan contoh pidato yang berkaitan dengan tema perpisahan sekolah

Struktur Pidato Dan Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 Yang Mudah Dipahami

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9
via gambarmania.website

Waktu berlalu memang tak terasa begitu cepat, apalagi jika waktu yang telah berlalu itu merupakan masa-masa yang menyenangkan. Itulah salah satu bagian yang akan diceritakan pada contoh pidato perpisahan kelas 9 ini, bayangkan saja ketika masa-masa sekolah, sepertinya baru kemarin rasanya lulus dari sekolah dasar dan kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta bertemu dengan teman-teman baru di sekolah yang baru pula. Namun, kini setelah 3 tahun berlalu, perpisahan pun kembali ada di depan mata sebab saatnya untuk melanjutkan lagi pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu ke sekolah lanjutan tingkat atas (SMA). Meskipun sedih, namun sebuah perpisahan sudah seharusnya meninggalkan kesan dan kenangan yang sangat membekas di hati, oleh sebab itu, sebuah pidato perpisahan sebaiknya memang dibuat dengan hati tidak hanya sekedar jadi, nah untuk membantu Anda menulis naskah pidato perpisahan yang baik dan berkesan, berikut ini ada contoh pidato singkat dengan tema perpisahan sekolah yang singkat, jelas dan mudah dipahami.

Struktur Pidato


Sebelum mempelajari beberapa contoh pidato perpisahan kelas 9, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu seperti apa struktur pidato yang baik itu. Sebuah naskah pidato yang baik sudah pasti harus terdiri dari 3 bagian utama, yaitu pembukaan, isi dan penutup.

Bagian pembuka dalam sebuah pidato bukan hanya berisi salam pembuka saja, sebab pembuka dalam sebuah pidato termasuk pidato juga harus berisi ucapan penghormatan yang diberikan kepada orang yang memiliki jabatan tertinggi yang hadir dalam acara tersebut, misalnya saja jika pidato disampaikan di lingkungan sekolah, maka ucapan penghormatan pertama kali diberikan kepada kepala sekolah. Selain ucapan penghormatan, pada bagian pembuka pidato juga harus berisi ucapan syukur, karena bisa hadir dan berkumpul bersama dengan orang-orang yang ada di acara tersebut.
Setelah itu, baru beralih ke bagian isi pidato. Pada bagian ini, sebaiknya isi pidato jangan terlalu bertele-tele dan langsung tepat ke sasaran topik yang akan dibahas. Bila perlu, buatlah pidato yang isinya singkat, padat namun juga mudah dipahami sehingga bukan hanya Anda akan lebih mudah dalam menyampaikannya namun pendengar pidato Anda pun juga mudah menerima pidato yang Anda sampaikan itu. Kemudian, untuk bagian akhir pidato yaitu bagian penutup berisi kesimpulan dari topik pidato yang telah telah dibahas, tidak lupa ucapan terima kasih kepada pendengar pidato Anda yang telah menyempatkan waktu untuk dengan seksama mendengarkan pidato yang Anda sampaikan itu. 

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9


Assalamualaikum WR.WB

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Yang kami hormati, Bapak/Ibu Kepala Sekolah

Yang kami hormati Bapak/Ibu dewan guru dan para pegawai di sekolah ini

Serta tentunya tak ketinggalan teman-teman dan adik-adik kelas yang kami sayangi dan banggakan
Di hari yang cerah seperti saat ini, sebaiknya tidak lupa untuk kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan rahmat-Nya kita masih bisa diberikan kesempatan untuk berkumpul di acara perpisahan kelas 9 dalam kondisi sehat wal afiat.

Sebagai perwakilan siswa/siswi kelas 9, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata sebagai bentuk penghormatan kami terhadap sekolah ini. Tak terasa waktu berlalu begitu cepat, sudah 3 tahun lamanya ternyata kami siswa/siswi kelas 9 bersekolah disini. Sudah pasti ada berbagai kesan yang kami rasakan bukan hanya bersama teman-teman seangkatan saja, namun juga bersama para guru dan adik-adik kelas. 

Selain kesan yang menyenangkan, tentunya ada juga kesan-kesan yang kurang menyenangkan yang kami rasakan di sekolah ini, bahkan terkadang kami juga melakukan berbagai hal yang tidak berkenan bagi teman, adik kelas serta para guru. Oleh sebab itu, setulus hati ini kami mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. 

Meskipun selama ini, kami sadar telah melakukan berbagai kesalahan yang tidak berkenan di hati, khususnya untuk para guru, namun Bapak/Ibu guru tanpa lelah dan tanpa bosan terus membimbing dan mendidik kami serta mengajarkan berbagai hal yang bermanfaat untuk masa depan kami. Bapak/Ibu guru dengan sabar selalu mengajari kami dari yang awalnya belum bisa kini menjadi bisa. Maka dari itu, kami tak lupa mengucapkan beribu kata terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada Bapak/Ibu guru berbagai bidang pelajaran yang ada di sekolah ini.

Walaupun berat menghadapi perpisahan ini, namun tetap saja perpisahan tak kan bisa terelakkan, sehingga untuk teman-teman seangkatan, kini yang dapat kita lakukan hanyalah saling memaafkan dan saling mendoakan agar kita semua bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita, baik itu melanjutkan ke SMA, SMK ataupun ke MA. Semoga masing-masing dari kita juga pada akhirnya mampu menggapai cita-cita yang selama ini diimpikan.

Sementara itu, untuk adik-adik kelas 7 dan 8 yang sebentar lagi juga akan naik kelas, pesan kami untuk kalian adalah terus tingkatkan semangat dalam menuntut ilmu. Jadilah ujung tombak dari sekolah ini dan banggakan nama sekolahmu ini dengan berbagai prestasi baik di bidang akademik ataupun non akademik. Hindari segala perbuatan yang seharunya tidak dilakukan oleh seorang pelajar sebab selain dapat merugikan kalian juga tentunya bisa membuat nama sekolah menjadi jelek. Adik-adik kelas sekalian, kami menyadari bahwa kami bukan lulusan terbaik yang berasal dari sekolah ini, oleh sebab itu jangan tiru kakak-kakak kelasmu ini, melainkan berusahalah untuk menjadi lulusan yang lebih baik lagi. Tanamkan dalam diri kalian rasa optimis sehingga nantinya kalian bisa berbangga hati pernah bersekolah disini dan menjadi lulusan terbaik dari sekolah ini.

Sedangkan untuk sekolah kami tercinta ini, kami harap sekolah ini tetap menjadi sekolah yang mampu menciptakan siswa/siswi penuh prestasi dalam berbagai bidang. Semoga sekolah ini akan terus menjadi sekolah idaman setiap siswa yang ingin menuntut ilmu di sekolah ini. Selain itu, kami harap juga, semoga sekolah ini akan mampu untuk terus meningkatkan kualitas dari seluruh fasilitas yang tersedia sehingga nantinya dapat dimanfaatkan oleh siswa/siswi yang menimba ilmu di sekolah ini. 

Hadiri sekalian, kami kira cukup sekian pidato perpisahan yang kami sampaikan, meskipun sebentar lagi kami akan resmi meninggalkan sekolah ini, namun kami akan selalu mengenang semua yang telah kami lalui disini, berbagai pengalaman menyenangkan dan kurang menyenangkan yang telah terjadi di sekolah ini akan selalu terkenang di hati kami. Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf apabila ada kata-kata kami yang salah dan kurang berkenan di hati hadirin sekalian.

Wassalamu alaikum Wr. Wb.

Demikianlah penjelasan tentang struktur pidato yang baik dilengkapi dengan contoh pidato perpisahan kelas 9. Semoga Anda dapat memanfaatkannya sebagai referensi, sehingga Anda dapat lebih mudah dalam menulis naskah pidato dengan tema perpisahan sekolah.

Tips Membuat Teks Pidato Disertai Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12
via gadis.co.id

Salah satu bagian dari acara perpisahan sekolah yang tidak boleh diremehkan adalah pidato perpisahan yang disampaikan oleh perwakilan siswa yang lulus. Bagi kalian yang saat ini sedang kebingungan bagaimana cara membuat teks pidato perpisahan yang baik dan benar serta berkesan, maka berikut ini akan dijelaskan seputar beberapa tips merancang teks pidato lengkap dengan contoh pidato perpisahan kelas 12  Jadi, tak perlu menunggu terlalu lama, simak saja ulasan di bawah ini.

Tips Membuat Teks Pidato

Seperti kita ketahui, pidato merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan cara menyampaikan sambutan ataupun gagasan yang memang dianggap penting oleh orang tersebut untuk disampaikan. Bagi yang sudah mahir dalam berpidato, biasanya tidak membutuhkan naskah lengkap untuk dibaca, melainkan cukup dengan hal-hal yang dirasa penting untuk diingat sedangkan penjabarannya akan dilakukan secara langsung tanpa menggunakan teks, namun jika Anda termasuk masih pemula, maka sebuah naskah pidato yang baik dan benar sangat diperlukan, agar hasil pidato yang disampaikan selain dapat lebih mudah diterima oleh penonton juga akan meninggalkan kesan yang lebih dalam pula bagi penonton. Oleh sebab itu, untuk memudahkan Anda dalam menyusun sebuah teks pidato, berikut ini ada beberapa tips yang perlu untuk diterapkan.  

Menentukan tema pidato

Pada saat menentukan tema pidato, maka satu hal yang penting untuk diingat adalah pidato yang Anda buat itu harus sesuai dengan acara yang diselenggarakan. Jadi, misalnya pidato untuk acara pelepasan peserta didik kelas 12 yang telah lulus, maka pastinya tema pidato yang disampaikan harus berkaitan dengan perpisahan.

Menentukan tujuan pidato

Penentuan tujuan dari naskah pidato yang disampaikan akan sangat berpengaruh terhadap isi dari naskah pidato yang akan Anda buat. Jika, tujuan pidato Anda itu misalnya karena berkaitan dengan perpisahan sekolah sehingga sebagai murid yang ingin berterima kasih kepada Bapak/Ibu guru dan juga memberikan semangat kepada teman-teman yang sedang bersedih karena harus berpisah, maka tujuan dari pidato tersebut harus diperlihatkan secara jelas.

Spesifikkan tema pidato

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pidato harus memiliki sebuah tema besar yang kemudian akan dijelaskan menjadi beberapa gagasan turunan. Oleh sebab itu, untuk mempermudah Anda memahami pidato yang akan disampaikan, ada baiknya setiap gagasan turunan tersebut ditulis menjadi paragraf yang berbeda.

Mulai menyusun teks pidato sesuai dengan struktur pidato yang benar

Setelah mengetahui tema dan tujuan dari teks pidato yang akan ditulis saatnya Anda mengumpulkan bahan dan mulai menyusun teks pidato. Namun perlu diingat, bahwa sebuah teks pidato yang baik harus sesuai dengan struktur pidato yang telah ditentukan, yaitu terdiri dari bagian pembuka (salam pembuka, salam penghormatan, dan ucapan syukur), bagian isi yang mencakup pembahasan dari tema pidato yang akan dibahas serta bagian penutup (simpulan pendek dari isi pidato yang baru saja disampaikan, permintaan maaf, dan salam penutup)

Nah, agar semakin memudahkan Anda untuk menyusun sebuah naskah atau teks pidato, maka berikut ini ada sebuah contoh pidato perpisahan kelas 12 yang singkat namun berkesan dan menyentuh hati setiap orang yang mendengarnya.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12


Assalamualaikum Wr. Wb

Salam sejahtera bagi kita semua

Yang kami hormati Kepala Sekolah beserta wakil

Yang kami hormati Bapak/Ibu dewan guru beserta staf dan karyawan

Yang kami hormati Bapak/Ibu wali murid

Serta teman-teman yang berbahagia

Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sebab berkat karunia dan rahmat-Nya saat ini kita masih bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Saya selaku perwakilan dari teman-teman kelas 12 juga ingin menyampaikan terima kasih kepada panitia acara pelepasan peserta didik kelas 12 ini karena diberikan kesempatan untuk berdiri di sini untuk menyampaikan sepatah dua patah kata perpisahan di depan para hadirin sekalian.
Mengawali pidato ini, pada kesempatan yang berbahagian ini izinkan saya untuk menyampaikan selamat bagi kita semua, siswa/siswi kelas 12 yang telah berhasil menuntaskan tugas yang kita jalani selama 3 tahun, sehingga pada akhirnya kita semua dapat meraih satu kata yang paling dinantikan yaitu “LULUS” tertera dalam ijazah SMA. Meskipun demikian, kelulusan kita semua itu juga sekaligus berarti bahwa selanjutnya kita semua akan berpisah dan harus menempuh jalan masing-masing demi menggapai masa depan yang cerah.

Perpisahan memang terasa menyedihkan, namun perlu diketahui bahwa perpisahan kali ini adalah bentuk dari penundaan pertemuan kembali suatu saat nanti. Jadi, di hari yang penuh dengan keharuan dan air mata, sebaiknya tidak dimaknai dengan perpisahan yang berarti kita semua tidak akan pernah bertemu, melainkan sebaliknya maknailah hari ini dengan rasa bangga dan optimis agar nantinya kita semua bisa bertemu kembali dengan cita-cita yang sudah berhasil kita genggam.

Hadirin sekalian, dalam kesempatan ini, saya selaku perwakilan dari teman-teman kelas 12 juga ingin menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kepada Bapak/Ibu guru serta staff dan karyawan sekolah ini, sebab selama 3 tahun kami bersekolah, kami menyadari bahwa banyak sekali kekhilafan yang kami lakukan. Selain itu kami tentunya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, karena Bapak/Ibu guru telah dengan sabar tak henti membimbing dan mendidik kami, sehingga kami menjadi manusia yang lebih dewasa dan kelak bermanfaat untuk sesama.
Sementara itu, kepada teman-teman kelas 12, selama 3 tahun kita bersekolah disini, tentunya juga banyak kesalahan yang telah kita perbuat, baik sengaja ataupun tidak disengaja, maka dari itu hendaknya kita semua dapat saling memaafkan satu sama lain. Teman-teman sekalian, perlu kita ingat, bahwa hari ini merupakan hari terakhir kita berstatus sebagai seorang pelajar, mulai besok kita akan menempuh jalan hidup masing-masing. Oleh sebab itu, teruslah bersemangat untuk berjuang menggapai cita-cita. Yakinlah pada diri sendiri, bahwa perpisahan hari ini merupakan tonggak awal dari kesuksesan kita sehingga nanti suatu hari kita bertemu kembali dengan keberhasilan kita masing-masing khususnya untuk menggapai cita-cita yang diimpikan.

Sedangkan untuk adik-adik kelas, teruslah belajar dengan rajin dan tinggalkan beragam hal negatif serta jangan lupa untuk selalu taat beribadah. Hanya itu pesan yang ingin kakak-kakak kelas kalian sampaikan, maafkan pula jika selama ini kami sebagai kakak kelas belum bisa menjadi sosok panutan ideal, namun tentunya adik-adik kelas sekalian dapat memilah dan membedakan hal-hal baik yang layak ditiru dan hal-hal buruk yang harus dibuang jauh-jauh. Kami titipkan sekolah yang kita semua cintai ini dan berusahalah untuk selalu membuat harum nama baik sekolah ini dengan berbagai prestasi baik dari segi akademik ataupun non akademik.

Sebelum saya akhiri pidato ini, sekali lagi saya selaku perwakilan teman-teman kelas 12 ingin mengucapkan permohonan maaf dan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru. Sekian pidato yang saya sampaikan, jika ada kata-kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. Terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Itulah beberapa tips dalam menyusun teks pidato yang berkaitan dengan tema perpisahan sekolah lengkap dengan contoh pidato perpisahan kelas 12. Semoga dengan ulasan singkat mengenai pidato yang berkaitan dengan perpisahan sekolah ini akan lebih membawa kesan istimewa saat hari perpisahan sekolah tiba.

Penulis :Fransisca
Kesimpulan :
Artikel tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan pembaca seputar pemahaman terhadap cara membuat pidato untuk acara perpisahan sd smp sma

Contohpro.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel