15+ Contoh Pidato Persuasif tentang Lingkungan Pendidikan dan Kesehatan dll

Contoh Pidato Persuasif Pendidikan Singkat

Contohpro.com - Jika Anda bekerja di lingkungan yang terkait dengan pendidikan, maka kemampuan untuk mengutarakan gagasan bertema pendidikan dalam bentuk pidato sangat diperlukan, Seperti kita ketahui bersama, pendidikan memang sangat penting untuk manusia, bukan hanya untuk kehidupan yang lebih baik namun dengan adanya pendidikan maka generasi penerus bangsa pun akan memiliki pola pikir yang lebih baik. Oleh sebab itu, untuk memudahkan Anda meningkatkan kemampuan berpidato sesuai dengan tema yang terkait dengan pekerjaan atau profesi Anda di bidang pendidikan, maka berikut ini akan disajikan beberapa contoh pidato persuasif pendidikan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.
Contoh Pidato Persuasif
via ted.com

Contoh Pidato Persuasif Pendidikan Yang Menjelaskan Betapa Pentingnya Menuntut Ilmu


Assalamualaikum Wr. Wb

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Pertama-tama, dalam kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita semua memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala berkah dan nikmat-Nya sehingga kira semua pada hari ini dapat menghadiri acara ini dalam kondisi sehat walafiat.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Seperti yang kita ketahui bersama, Tuhan menginginkan bahwa setiap manusia harus mampu menuntut ilmu setinggi mungkin, sehingga pada akhirnya dapat membagikan ilmu yang bermanfaat untuk lingkungan sekitarnya. Ilmu yang kita miliki bahkan dapat menjadikan martabat yang kita miliki lebih tinggi dihadapan Tuhan. Meskipun demikian, manusia sebagai makhluk sosial tetap harus menghargai sesamanya, sehingga walaupun kita memiliki ilmu yang sangat berlimpah dari jenjang pendidikan tinggi, sebaiknya kita tidak malah menjadi sombong melainkan sebaliknya harus semakin rendah hati.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Sebagai guru, peranan kita terbilang sangat penting bagi kemajuan bangsa ini, sebab ilmu yang dicari oleh generasi penerus bangsa salah satunya tentu berasal dari segala yang kita ajarkan, oleh sebab itu kita harus mampu memberikan suri tauladan yang bukan hanya baik namun juga benar. Sehingga pada akhirnya nanti, generasi penerus bangsa ini dapat bermanfaat, baik itu untuk dirinya sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitarnya serta bangsa dan negaranya.

Saya kira, cukup sekian pembahasan yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. Semoga pidato yang saya sampaikan ada manfaatnya bagi kita semua, dan mohon maaf jika sekiranya ada kesalahan kata yang mungkin tidak berkenan di hati hadirin sekalian yang saya hormati.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Persuasif Pendidikan Mengenai Strategi Terbaik Agar Tenaga Didik Berperan Secara Optimal


Assalamualaikum Wr. Wb,

Salam sejahtera bagi kita semua yang berkumpul di tempat ini

Para hadirin yang berbahagia,

Untuk mengawali pidato ini, sebaiknya terlebih dahulu kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena rahmat dan karunia-Nya hingga detik ini kita masih dilimpahi kesehatan sehingga di hari yang cerah ini kita masih diberi kesempatan untuk menghadiri pertemuan ini, guna membahasa beragam permasalahan yang berkenaan dengan pendidikan.

Bapak/Ibu sekalian yang saya hormati,

Kualitas pendidikan tentu saja sangat terkait dengan kualitas dari sumber tenaga pengajarnya. Peningkatan mutu pendidikan memang sangat diperlukan, namun sayangnya masih banyak pula yang kurang memahami makna sebenarnya dari pernyataan tersebut. Pada dasarnya, untuk meningkatkan mutu pendidikan, bukan hanya semata-mata dilihat dari kemampuan guru untuk mengajar siswa, melainkan bagaimana cara guru tersebut mampu mengelola proses pendidikan yang dilakukan oleh siswanya.

Permasalahan mengenai proses seorang guru dalam mengelola pendidikan siswanya itu harus kita tindak lanjuti secara bersama. Tidak mengherankan jika semakin deras tuntutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dari seorang guru, sebab para orang tua tentunya sangat berharap anak-anak mereka yang disekolahkan itu nantinya akan menjadi anak-anak yang bermanfaat untuk sesamanya serta membanggakan bangsa dan negaranya. Maka dari itu agar peran tenaga didik atau tenaga pengajar semakin optimal, sebaiknya kita sebagai tenaga pengajar tidak hanya terpatok sebagai pihak yang berfungsi secara akademis saja, melainkan juga dapat bertindak sebagai fungsi moral, sehingga generasi penerus bangsa tidak hanya pintar melainkan juga memiliki budi luhur serta layak untuk dibanggakan.

Demikian, pidato yang saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya, dan jika sekiranya ada perkataan saya yang kurang berkenan, saya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Persuasif Pendidikan Mengenai Pentingnya Inovasi Dalam Pendidikan


Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua yang berkumpul di tempat ini
Para hadirin yang saya hormati,

Berkat rahmat dan karunia-Nya, maka sudah selayaknya dalam kesempatan kali ini kita terlebih dahulu memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, sehingga di hari yang cerah ini kita masih diberi kesempatan untuk menghadiri pertemuan ini dalam keadaan sehat walafiat.

Hadirin yang berbahagia,

Kita semua yang berkumpul di tempat ini adalah orang-orang yang profesinya terkait dengan dunia pendidikan, dan tentunya kita menyadari bahwa pendidikan merupakan satu hal yang memang sangat penting agar bisa meningkatkan taraf hidup setiap manusia. Kualitas sumber daya manusia dapat terbentuk dengan adanya peran dari pendidikan, sehingga sumber daya manusia yang dimiliki oleh negara ini mampu bersaing dengan SDM yang dimiliki oleh negara lain, khususnya negara-negara yang terbilang lebih maju. Pada dasarnya, sebagai tenaga pengajar, kita bagaikan ujung tombak praktek pendidikan yang ada di negara ini. Usaha keras memang sangat diperlukan, agar selain mutu pendidikan bisa meningkat, praktek pendidikan pun dapat merata ke seluruh daerah negeri ini.

Lalu, setelah menyadari bahwa mutu pendidikan harus meningkat sekaligus merata, sebagai tenaga pengajar, apa yang harus dilakukan agar dapat menciptakan inovasi baru di bidang pendidikan sehingga dapat sesuai dengan perkembangan zaman? Satu hal yang paling utama terkait inovasi di bidang pendidikan adalah bagaimana seorang tenaga pengajar dapat menerapkan proses belajar mengajar yang tidak monoton sehingga diharapkan suasana hati siswa yang mendapatkan pengajaran itu pun menjadi semangat. Maka dari itu, sangat diperlukan sebuah sistem belajar baru dengan konsep yang menyenangkan. Sehingga dengan cara menyenangkan dan bersahabat itu, diharapkan anak menjadi lebih mudah tertarik untuk belajar dan membaca. Sebagai orang tua, sebaiknya mulai membenahi sistem atau proses belajar mengajar yang ditetapkan oleh sekolah dengan cara mendampingi serta mengajak anak untuk belajar bersama yang mana cara tersebut akan membuat anak merasa seperti masih sedang bermain.

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada para hadirin sekalian, terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf jika ada kesalahan kata yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Itulah beberapa contoh pidato persuasif pendidikan yang diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi ketika harus menulis teks pidato bertema pendidikan. Satu hal yang perlu diingat, pada saat menyampaikan pidato, maka materi yang digunakan harus sesuai dengan tema dan usia pendengar, serta penggunaan kata-kata dalam pidato yang singkat dan mudah dicerna sehingga dapat disampaikan dalam waktu yang relatif tidak terlalu lama, tidak lebih dari 30 menit.

Contoh Pidato Persuasif Lingkungan Yang Sehat Dan Bersih

Contoh Pidato Persuasif Lingkungan Yang Sehat Dan Bersih
via hollywoodreporter.com

Salah satu topik atau tema yang sering diangkat dalam sebuah pidato khususnya ketika upacara di sekolah adalah pidato bertema lingkungan. Namun, karena berulang kali tema tersebut diangkat, biasanya akan membuat orang-orang yang mendengarnya menjadi bosan. Padahal, memang sejatinya kesadaran masyarakat khususnya pelajar terhadap kebersihan lingkungan tergolong masih rendah. Nah, agar tidak terasa membosankan, ada baiknya sebelum membuat teks pidato bertema lingkungan, Anda mencoba mencari contoh pidato persuasif lingkungan, sehingga Anda akan bisa menyampaikan pidato yang menarik dan pesan-pesan yang ingin disampaikan melalui pidato tersebut dapat diterima pendengar dengan maksimal. Berikut ini ada beberapa contoh dengan tema lingkungan yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi.

Contoh Pidato Persuasif Lingkungan Mengenai Cara Terbaik Menjaga Lingkungan Sekolah


Assalamu’alaikum Wr.Wb

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Pertama-tama marilah kita semua memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan karunia-Nya maka saat ini kita masih diberi kesempatan untuk kembali berkumpul di hari yang cerah ini dalam kondisi yang sehat walafiat.

Kali ini, dalam pidato yang akan saya sampaikan ini, saya akan membahas mengenai cara terbaik menjaga lingkungan, khususnya lingkungan sekolah. Seperti kita ketahui bersama, bahwa lingkungan adalah sebuah tempat atau habitat hidup beragam makhluk hidup. Maka dari itu, sudah selayaknya kita semua harus saling bahu membahu untuk menjaga kelestarian lingkungan agar kita semua dapat hiduo dengan rasa yang nyaman. Lalu, bagaimana cara terbaik menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kita? Tentu saja adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan yang dapat dimulai dari hal-hal yang sangat kecil, namun sayangnya seringkali terasa sulit untuk melakukannya, contohnya saja seperti membuang sampah pada tempatnya.

Hal tersebut bisa dilihat dari lingkungan sekolah, khususnya para siswa yang tampaknya masih kurang mampu mempraktekkan membuang sampah pada tempatnya, terbukti bahwa di sekolah kita ini masih terlihat sampah-sampah yang berserakan, mulai dari sampah plastik pembungkus makanan atau minuman hingga sampah kertas dan bahkan sampah sisa-sisa makanan. Padahal seperti kita bisa lihat bersama, di lingkungan sekolah ini sudah terdapat banyak tempat sampah, mulai dari tempat sampah di setiap kelas hingga di beberapa sudut sekolah ini. Sayangnya, kesadaran kita masih sangat kurang untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.

Selain membuang sampah pada tempatnya, ada satu hal lagi yang bisa dilakukan siswa/siswi di sekolah untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah, yaitu dengan cara taat menjalankan piket kelas. Pada saat melaksanakan piket kelas, biasakan untuk tidak hanya sekadar membersihkan kelas saja, melainkan juga membiasakan untuk memilah sampah sesuai dengan kelompoknya, yaitu
Sampah basah yang mudah membusuk, misalnya seperti sisa makanan, sayur dan buah
Sampah kering yang tidak dapat dapat terurai secara alami, misalnya seperti plastik pembungkus makanan atau minuman, kertas, kaleng dan lain sebagainya

Sampah B3 yang merupakan singkatan dari bahan berbahaya dan beracun. Jenis sampah ini merupakan sampah yang dapat membahayakan kehidupan organisme lain, misalnya seperti sampah bekas baterai, cat, pestisida dan lain-lain.

Namun, jika di lingkungan sekolah, biasanya hanya tersedia 2 jenis tempat sampah, yaitu tempat untuk sampah basah dan sampah kering.

Saudara-saudara sekalian, bersamaan dengan pidato ini pada dasarnya saya ingin menyampaikan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman, oleh sebab itu, saya berharap bahwa kita semua merasa peduli dan sadar untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Demikian pidato yang saya sampaikan, mohon maaf jika sekiranya ada kata-kata yang kurang berkenan dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Contoh Pidato Persuasif Lingkungan Mengenai Bahaya Sampah Plastik Bagi Lingkungan Hidup


Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Sebelum saya mulai pidato yang membahas mengenai bahaya sampah plastik bagi lingkungan hidup, sebaiknya marilah kita semua memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, sebab atas limpahan berkah dan rahmat-Nya kita semua dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat.

Hadirin sekalian yang saya banggakan,

Sejak era tahun 1940 an, manusia modern dapat dibilang sudah tidak dapat terpisahkan dari yang namanya plastik. Dapat terlihat hingga saat ini, banyak sekali benda yang terbuat dari plastik, mulai dari kantong belanja, botol minuman, peralatan rumah tangga, hingga barang-barang elektronik dan lain sebagainya. Terlepas dari segala keuntungan yang bisa didapatkan manusia ketika mereka memproduksi dan mempergunakan benda-benda yang mengandung plastik, ternyata plastik juga dapat menimbulkan bencana khususnya untuk lingkungan hidup.

Lalu, mengapa plastik dapat menyebabkan bahaya terhadap lingkungan? Tahukah Anda, bahwa plastik merupakan bahan yang bersifat non biodegradable, yang berarti bahwa plastik tidak dapat diuraikan oleh organisme pengurai yang ada di alam. Plastik tidak dapat diuraikan atau tidak dapat membusuk, plastik hanya akan dapat berubah menjadi potongan kecil di alam namun itupun juga harus membutuhkan waktu dan proses yang sangat lama, bahkan waktu yang dibutuhkan mencapai 1000 tahun dan hal seperti itu juga masih tergantung dari jenis dan londisi plastik tersebut. Jadi intinya, meskipun plastik sudah berubah menjadi partikel yang sangat kecil bagai debu, namun tetap saja masih dapat menimbulkan polusi terhadap lingkungan, bukan hanya di darat melainkan juga di laut serta udara.

Banyak orang berpendapat, meskipun plastik tidak dapat terurai dan hilang secara sempurna, namun plastik masih dapat didaur ulang. Namun, tahukah Anda bahwa daur ulang plastik sebenarnya bukan merupakan sebuah solusi terbaik untuk mengurangi pencemaran lingkungan, sebab sejatinya plastik tidak dapat didaur ulang karena kualitasnya akan semakin menurun, maka dari itu produsen lebih memilih untuk membuat plastik baru daripada mendaur ulang plastik.

Selain didaur ulang, ada juga yang berpendapat bahwa limbah plastik sebaiknya dibakar, padahal jika dibakar, maka limbah plastik itu akan menimbulkan asap beracun yang tentunya akan sangat berbahaya untuk kesehatan makhluk hidup, apalagi jika proses pembakarannya tidak sempurna, maka limbah plastic akan berubah menjadi dioksin di udara. Senyawa dioksin ini jika dihirup oleh makhluk hidup termasuk manusia dapat menimbulkan beragam penyakit, mulai dari gangguan sistem syaraf, memicu depresi, pembengkakan hati, hepatitis hingga kanker.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah plastik? Cara paling sederhana yang mampu membantu mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh plastik adalah dengan mengurangi penggunaan kantong plastik. Selain itu, meskipun bukan solusi terbaik, namun industri rumah tangga dapat mencoba untuk melakukan pembinaan untuk mendaur ulang limbah atau sampah plastik menjadi beragam jenis kerajinan tangan yang menarik dan bermanfaat.

Selain berusaha mencari tahu cara terbaik untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh plastik, sebaiknya kita juga perlu mengetahui hal-hal apa saja yang dilarang, agar pencemaran lingkungan yang disebabkan sampah plastik tidak semakin meluas, misalnya seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya yaitu jangan pernah membakar sampah plastik sebab akan mengakibatkan polusi udara serta jangan pula menimbun atau mengubur sampah plastik sebab racun yang ada dalam sampah plastik itu akan meresap ke dalam tanah dan mengakibatkan air tanah akan tercemar.

Akhir kata, melalui pidato ini saya berharap hadirin sekalian dapat membantu menggerakkan kampanye tentang bahaya plastik terhadap lingkungan dan kesehatan makhluk hidup termasuk manusia. Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Itulah beberapa contoh pidato persuasif lingkungan yang bisa dijadikan sebagai inspirasi pada saat ingin menyusun teks pidato bertema ajakan untuk menjaga lingkungan. Satu hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah pastikan dalam teks pidato tersebut terdapat penekanan terhadap tindakan sehingga orang-orang yang mendengarkan pidato Anda menjadi termotivasi untuk mengikuti pesan yang Anda sampaikan.

Contoh Pidato Persuasif Kesehatan Yang Menarik Dan Mudah Dipahami

Contoh Pidato Persuasif Kesehatan Yang Menarik Dan Mudah Dipahami
via businessinsider.com

Kesehatan merupakan salah satu topik yang sering diangkat sebagai tema sebuah pidato. Satu hal yang perlu diingat saat menyusun teks pidato yang berkaitan dengan kesehatan adalah pada saat mencoba mengingatkan kepada pendengar pidato kita, mengenai kebiasaan mana yang sehat dan yang tidak sehat sebaiknya jangan menggunakan pilihan kata yang terlalu kasar dan kesannya menyalahkan kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang-orang yang akan mendengar pidato Anda. Nah, untuk memudahkan Anda dalam memahami penulisan teks pidato bertema kesehatan, maka berikut ini ada beberapa contoh pidato persuasive kesehatan yang menarik dan mudah dipahami.

Contoh Pidato Persuasif Kesehatan Mengenai Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat


Assalamualaikum Wr. Wb

Salam sejahtera bagi kita semua yang berkumpul di tempat ini

Pertama-tama, marilah kita haturkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkah dan rahmat serta karunia-Nya, kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul di tempat ini untuk memperingati hari kesehatan nasional. Oleh sebab itu, kali ini saya akan menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan kesehatan khususnya mengenai cara-cara menerapkan pola hidup sehat.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Seperti yang kita ketahui bersama, kesehatan memang merupakan sesuatu yang sangat mahal, sebab jika kesehatan tubuh kita bermasalah, tentunya kita membutuhkan biaya yang cukup besar untuk proses pengobatan. Oleh sebab itu, ada sebuah istilah terkenal “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Istilah tersebut memang ada benarnya, sebab jika kita menerapkan pola hidup sehat maka kita dapat meminimalisasi dana yang perlu kita keluarkan untuk melakukan pengobatan.
Sebenarnya jika kita memiliki niat untuk menerapkan pola hidup sehat, tidaklah sulit untuk melakukannya. Segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan itu pada dasarnya tergantung dari seberapa besar keinginan kita untuk bisa hidup secara sehat dengan cara memperbaiki beberapa kebiasaan yang kurang baik namun seringkali kita lakukan. Berdasarkan gerakan masyarakat sehat, ada 3 prinsip pola hidup sehat yang perlu dilakukan, yaitu beraktifitas fisik secara rutin, mengkonsumsi buah dan sayur dan melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. 

Tiga prinsip pola hidup sehat itu sangatlah penting untuk diterapkan, nah agar lebih jelas, saya akan mencoba menjelaskan secara singkat masing-masing dari tiga prinsip tersebut. Prinsip yang pertama adalah beraktifitas fisik secara rutin, yang dimaksud disini bukan hanya mengenai olahraga saja, namun Anda juga dapat melakukan beragam aktifitas fisik yang mengasyikkan misalnya seperti lebih sering berjalan kaki, berkebun, atau beragam kegiatan fisik lainnya minimal setiap harinya selama 30 menit. Melakukan aktifitas fisik itu pada dasarnya bukan hanya bertujuan untuk membakar kalori namun juga untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Perlu diketahui, dengan kita beraktifitas fisik secara rutin itu lebih menghasilkan dampak positif untuk kesehatan tubuh kita daripada kita melakukan olahraga berat namun tidak rutin. Maka dari itu, mulai dari hari ini sebaiknya biasakan untuk meningkatkan aktifitas fisik demi kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 

Sementara itu, prinsip yang kedua adalah dengan meningkatkan konsumsi buah dan sayur setiap hari. Tahukah Anda, bahwa tubuh sangat membutuhkan serat, dan serat itu hanya dapat ditemukan pada buah dan sayur. Selain serat, buah dan sayur juga kaya akan kandungan beragam jenis nutrisi lainnya, mulai dari mineral hingga vitamin. Serat sendiri memiliki banyak manfaat, mulai dari memperlancar proses pencernaan, mengontrol kolesterol, mengatur kadar gula darah hingga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, oleh sebab itu buah dan sayur juga seringkali disarankan oleh para ahli gizi untuk orang-orang yang ingin melakukan diet sehat. Mengkonsumsi beragam makanan dan minuman yang mengandung serat dalam porsi yang tepat dapat membuat tubuh menyerap nutrisi yang maksimal.

Selain dua prinsip yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada satu prinsip lagi yang tidak boleh diremehkan begitu saja, yaitu melakukan cek kesehatan secara rutin 6 bulan sekali. Mengapa cek kesehatan itu sangat penting untuk dilakukan? Alasannya sangat sederhana yaitu agar kita lebih dini dapat mengetahui apakah di dalam tubuh kita itu ada perkembangan penyakit, khususnya 
perkembangan penyakit yang berbahaya misalnya seperti kanker, sehingga setidaknya kita dapat lebih mudah mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh jika kita lebih dini mengetahui adanya penyakit tersebut dalam tubuh kita. Seperti diketahui jika kita dapat mengatasi penyakit sedini mungkin, maka peluang kita menjadi sembuh dan kembali sehat menjadi lebih besar.

Demikian pidato singkat yang dapat saya sampaikan, semoga pidato saya ini dapat bermanfaat dan semoga kita semua tetap diberikan kesehatan sehingga kita dapat menjalani hidup lebih bahagia. Terima kasih atas perhatiannya dan jika sekiranya ada kata-kata yang kurang berkenan, mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Contoh Pidato Persuasif Kesehatan Mengenai Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental


Assalamualaikum wr, wb.

Salam sejahtera untuk kita semua yang berkumpul di tempat ini

Para hadirin yang saya hormati,

Sebelum saya memulai pidato ini, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga saat ini kita masih diberi kesempatan untuk bisa berkumpul di tempat ini. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan pidato mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental kita. 

Para hadirin yang berbahagia,

Kebanyakan orang masih berpendapat bahwa yang penting untuk dijaga hanyalah kesehatan fisik tubuh kita saja, namun sebenarnya selain fisik, mental kita juga tidak kalah penting untuk selalu dijaga kesehatannya. Oleh sebab itu, sedari kecil kita mengenal mata pelajaran olahraga yang dikenal dengan nama pendidikan kesehatan jasmani dan rohani, bukan hanya pendidikan kesehatan jasmani saja bukan? Selain itu, tentunya akhir-akhir ini kita juga semakin sering mendengar berita mengenai banyak figure publik atau tokoh ternama yang melakukan tindakan bunuh diri yang disebabkan karena mereka mengalami tekanan mental.

Maka dari itu, para hadirin sekalian, sebaiknya kita juga tidak pernah lupa untuk berusaha menjaga kesehatan mental kita. Jika mental kita terjaga kesehatannya, maka kita tidak akan mudah terkena tekanan batin yang mengakibatkan kita sampai ingin melakukan tindakan berbahaya misalnya seperti bunuh diri. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan mental yang efektif? Salah satu caranya adalah terbuka kepada orang-orang terdekat kita, jadi setiap kita mengalami masalah hindari sikap tertutup melainkan sebaliknya, ceritakan permasalahan dan segala keluh kesah kita kepada orang terdekat, yang kita anggap dapat menghargai dan menerima diri kita apa adanya. Selain itu, kita juga perlu lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan cara rajin beribadah dan berdoa. Aktif melakukan kegiatan sosial juga dapat membantu kita menjaga kesehatan mental, sebab kita akan menjadi lebih terbiasa untuk berinteraksi dengan sesama.

Para hadirin yang berbahagia,

Saya kira cukup sekian pidato saya mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental ini, semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat dan dapat dipahami oleh para hadirin sekalian. Terima kasih atas perhatiannya dan saya mohon maaf jika sekiranya ada kata-kata saya yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum wr, wb.

Demikianlah beberapa contoh pidato persuasif kesehatan yang dapat dijadikan sebagai referensi, tentunya Anda sebagai pembaca dapat mengembangkan dan mengkreasikan sendiri sehingga menjadi pidato yang lebih sesuai dengan situasi dan kondisi ketika Anda menyampaikan pidato tersebut.

Fransisca
contohpro.com
Bagian ke dua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel